Brilio.net - Kebersamaan bersama keluarga menjadi salah satu momen yang kerap menghiasi suasana Ramadan. Apalagi Ramadan kali ini masih sama seperti tahun lalu, diselimuti suasana pandemi Covid-19.

Ditambah lagi pemerintah sudah mengeluarkan larangan mudik. Karena itu momen istimewa bareng orang terdekat mesti diabadikan agar Ramadan dan perayaan Idul Fitri tahun ini tetap dirayakan dengan suka cita.

Di era digital seperti sekarang, momen kebersamaan itu bisa dibagikan kepada sanak keluarga di kampung halaman, sehingga mereka pun bisa merasa dekat meski terpisah jarak.

Salah satu cara mengabadikannya tentu lewat jepretan foto dan tangkapan video dengan memanfaatkan smartphone. Bagikanlah momen sebanyak mungkin dan pastikan smartphone kamu memiliki ruang penyimpanan data yang cukup.

Nah jika kamu menginginkan smartphone yang mampu menampung jepretan foto dan rekaman video dalam jumlah banyak dan besar, pilih perangkat dengan kapasitas ROM 128GB kayak Oppo A54 dan Oppo A74 yang dirilis jelang Ramadan tahun ini. Kedua varian perangkat ini memiliki penyimpanan internal besar 128GB.

4 Cara mengabadikan momen Ramadan © 2021 brilio.net Oppo A54 dan Oppo A74

Berbekal kapasitas memori besar tersebut, perangkat ini bisa menampung 30.000 foto dan rekaman video berdurasi 600 menit. Jadi kamu dapat mengabadikan seluruh momen Ramadan tanpa perlu khawatir memori di smartphone penuh. Kamu bisa mendapatkan perangkat Oppo A54 di gerai OPPO baik secara offline atau online, sementara Oppo A74 hanya tersedia lewat gerai daring di situs e-dagang tertentu.

Berikut empat cara mengekspresikan kebersamaan bersama keluarga di rumah.

1. Interaksi dengan keluarga

4 Cara mengabadikan momen Ramadan © 2021 brilio.net aboutislam.net/©Shutterstock.com

Kamu bisa menciptakan foto yang natural saat berinteraksi bersama keluarga. Ya misalnya saja saat kamu membantu menyiapkan makanan untuk berbuka atau sahur. Kamu dapat menciptakan suasana dan ekspresi keluarga dengan berinteraksi dan melakukan berbagai kegiatan di rumah. 

Misalnya membantu Ibu memask atau berkebun bersama Ayah di halaman rumah saat ngabuburit. Yang penting kamu bisa menciptakan suasana ceria. Jepret deh segala kegiatan kamu secara natural.   

2. Hindari berpose

4 Cara mengabadikan momen Ramadan © 2021 brilio.net world-today-news.com

Umumnya foto bersama keluarga dilakukan dalam keadaan duduk rapi, menghadap ke kamera dan berpose. Namun kali ini kamu dapat mengajak keluarga untuk berekspresi secara natural. Misalnya kamu bisa menunjukkan kedekatan khas Ramadan seperti mengabadikan momen shalat tarawih atau shalat berjamaah. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan bantuan tripod dan set timer.

3. Gunakan properti

5 Kegiatan puasa dengan smartphone © 2021 brilio.net Instagram @oppostore_indonesia

Hidangan favorit khas berbuka puasa atau Idul Fitri bisa kamu gunakan sebagai properti untuk berfoto bersama keluarga. Makanan seperti ketupat, opor ayam, kolak, kue nastar, atau buah kurma akan membuat hasil foto lebih bermakna, sekaligus menegaskan sebuah momen khas Ramadan dan lebaran.

4. Rekam kegiatan sehari-hari

4 Cara mengabadikan momen Ramadan © 2021 brilio.net Oppo Indonesia

Jika keluargamu enggan diajak berfoto, kamu bisa membuat mereka nyaman dengan merekam momen-momen kegiatan selama Ramadan. Kamu dapat merekam aktivitas sibuk Ibu saat sedang memasak hidangan untuk berbuka puasa atau persiapan Ayah ketika akan berangkat ke masjid untuk shalat tarawih. Bisa pula kamu merekam kegiatan adik yang sedang bermain mobile game saat menunggu adzan Maghrib tiba.

Seru kan! Jadi jalani deh ibadah puasa kamu dengan ceria dan berarti meski diselimuti pandemi. Bagikan segala momen kebersamaan kamu bersama keluarga kepada sanak saudara atau unggah di media sosial untuk menginspirasi orang lain tentang semangat Ramadan.