Brilio.net - Banyak orang sering merasa kehilangan baterainya terlalu cepat, padahal sudah tidak ada aplikasi apa pun yang dijalankan. Rupanya hal tersebut bisa terjadi karena sudah terdapat virus yang menjangkit ponsel.

Praktisi Teknologi Informasi dari 1Machine, Abbyamir Bin Sapie mengingatkan masyarakat pengguna ponsel harus mewaspadai adanya virus pada ponsel yang membuat baterainya mudah drop.

"Saat ini, kecenderungan masyarakat selalu membawa power bank kemana-mana. Itu yang mesti diwaspadai, karena salah satu penyebab penurunan daya baterai ponsel karena ada virus yang bekerja di ponsel itu," ujar Abbyamir seperti dikutip brilio.net dari Antara, Selasa (17/5).

Menurutnya, virus-virus tersebut tetap saja bekerja meski tidak ada aplikasi di ponsel itu yang dihidupkan. Akibatnya, baterai ponsel menjadi cepat habis.

BACA JUGA: 11 Mitos soal teknologi ini sudah terlanjur kamu percayai, padahal...

Rupanya virus paling banyak terdapat pada ponsel berbasis Android, di mana paling banyak penggunanya di Indonesia. Hal ini karena aplikasi yang sangat banyak tersedia di Play Store dan tak berbayar pula. Selain dari unduhan aplikasi, virus-virus juga bisa masuk melalui iklan-iklan yang ada di aplikasi maupun permainan di ponsel itu.

Abbyamir menuturkan salah satu pencegahan paling dini adalah dengan menggunakan antivirus pada ponsel pintarnya. Tak hanya pada ponsel berbasis Android, tetapi juga ponsel Windows dan iOS.

Memang hingga saat ini masih sedikit masyarakat yang mengerti akan pentingnya memasang antivirus pada ponsel pintar. Padahal ponsel pintar sangat rentan akan serangan virus. Padahal aplikasi di Android sangat banyak, tetapi sedikit yang tersaring serta yang benar-benar bersih dari virus, Jadi memang akan lebih baik jika menggunakan antivirus untuk penangkalnya.

Kalau smartphonemu sendiri apa kabar? Yakin tuh, nggak ada virusnya?