Brilio.net - Kamu masih ingat permainan apa yang kamu mainkan 20 tahun silam? Jawabannya, sebagian orang hampir pasti melakukan permainan yang masih jauh dari kecanggihan teknologi alias tradisional. Bukannya teknologi ketika itu belum maju, tapi akses untuk mendapatkannya masih sangat terbatas.

Kecanggihan teknologi hanya berlaku pada periode tertentu karena terus berkembang. Sehingga, secanggih-canggihnya teknologi pada masa itu, tentu sudah sangat jauh tertinggal dibanding sekarang. Salah satunya adalah dalam hal virtual reality (VR) atau realitas maya.

VR menjadi salah satu teknologi canggih pada masa sekarang. Piranti ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan simulasi, permainan, maupun menonton tayangan melalui alat khusus, namun rasanya seolah-olah hadir dan terlibat langsung di lingkungan yang dilihat atau dimainkan.

Teknologi VR ini diterapkan untuk banyak aspek kehidupan, mulai dari dunia militer, pendidikan, hingga permainan atau game. Sekarang ini VR tidak saja memakai perangkat komputer, namun beberapa jenis smartphone juga sudah bisa untuk VR, misalnya Lenovo K4 Note. Jika kamu punya smartphone ini, kamu tinggal melengkapi dengan piranti lain untuk menikmati VR.

iklan_Lenovo K4 Note © 2016 brilio.net

Foto: dok.Lenovo


Meski teknologi ini terbilang baru, tapi sejatinya VR sudah dikembangan sejak puluhan tahun silam. Menurut berbagai sumber yang brilio.net kutip, Senin (18/4), prototype VR dibangun Morton Heilig pada tahun 1962 bernama Senosorama dengan yang menjadi terobosan baru dalam menonton film. Dunia game kemudian juga mengembangkan VR, seperti game konsol Nintendo, Sega, dan PlayStation.

iklan_Lenovo K4 Note © 2016 brilio.net

Foto: dok.Lenovo


Kamu bisa lihat perkembangannya dari gambar berikut:

perkembangan vr Istimewa

perkembangan vr Istimewa

grafis: codepolitan.com/brilio.net


Teknologi VR ini kemudian dikembangkan oleh banyak perusahaan, salah satunya Lenovo yang merilis smartphone berteknologi VR yakni Lenovo K4 Note. Untuk menikmati VR dari smartphone ini kamu bisa memakai AntVR  Virtual Reality yang sudah satu paket dengan Lenovo K4 Note. Kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk memilikinya, cukup Rp 2 jutaan.

iklan_Lenovo K4 Note © 2016 brilio.net

Foto: dok.Lenovo


Dengan smartphone ini kamu banyak merasakan sensasi menonton film bak di bioskop karena layarnya yang cukup lebar, 5,5 inch. Lenovo K4 Note juga memiliki fitur-fitur keren seperti 4G, sensor sidik jari, dan kamera 13 MP.

VR terus berkembang semakin sempurna, baik dari segi tampilan maupun piranti pengoperasian. Misalnya yang paling terasa untuk dunia game adalah sekarang gamer tidak memerlukan konsol untuk nge-game sepuasnya. Para penggemar film juga lebih efisien karena nggak perlu repot-repot ke bioskop lagi. Semuanya cukup dengan memakai smartphone yang mendukung VR. Karena itu diyakini banyak pihak, VR bakal semakin booming.

Penasaran bagaimana serunya virtual reality? Kamu bisa memakai Lenovo K4 Note untuk mendapatkan pengalaman menyenangkan. Untuk lebih jelas kamu bisa klik di sini.