Brilio.net - Bermain game merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Banyak orang yang memainkan game untuk mencari hiburan guna mengisi waktu luang.

Tidak hanya itu, bahkan beberapa orang sudah banyak yang menggunakan game sebagai salah satu cara untuk menghasilkan cuan. Banyak gamers menggunakan live streaming atau membuat konten gameplay guna mendapatkan banyak uang.

Namun, ada juga orang yang melakukan kecurangan saat bermain game, salah satunya adalah menggunakan cheat. Tidak hanya curang, menggunakan cheat juga berisiko tinggi bagi penggunanya.

Selain itu, ketika ada player yang menggunakan cheat, game yang dimainkan pun menjadi tidak seru. Oleh karena itu penggunaan cheat akan sangat merugikan bagi player lain.

Berkaitan dengan penggunaan cheat ketika bermain game, brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (8/3), berikut bahaya menggunakan cheat saat main game.

1. Reputasi game akan rusak.

Ketika sebuah game memiliki banyak pemain cheater di dalamnya, maka reputasi game tersebut akan turun karena ulah para cheater tersebut. Dampak paling serius yang ditimbulkan dari banyaknya cheater pada suatu game adalah game tersebut menjadi tidak laku.

Para pemain menjadi malas untuk memainkan game yang di dalamnya berisi banyak cheater. Selain kemungkinan kalah yang tinggi, sportivitas dalam game tersebut juga akan hilang. oleh karena itu, cheat dalam sebuah game sangat merugikan.

2. Pemblokiran akun.

Tidak hanya merugikan orang lain, dalam beberapa kasus penggunaan cheat juga dapat menyebabkan si pengguna terkena blokir. Pemblokiran sendiri tergantung tingkat pelanggaran yang dilakukan. Semakin berat pelanggarannya, tentu semakin tinggi konsekuensi yang akan didapatkan oleh si pengguna cheat.

Sekarang ini developer game juga sudah mewaspadai banyaknya cheater pada game yang mereka buat. Tindakan tegas juga sudah banyak dilakukan guna mengurangi jumlah cheater yang ada pada game mereka.

3. Rawan terinfeksi virus dan ancaman lain.

Pada dasarnya, cheat merupakan beberapa kumpulan data yang dimodifikasi untuk menjebol suatu sistem agar orang lain dapat mengakses dan mengedit data yang ada pada game tersebut. Tidak heran jika beberapa bahkan banyak perangkat pengguna cheat yang terinfeksi virus. Tentu saja virus yang ada pada perangkat mereka merupakan virus berbahaya dan dapat meretas data yang ada pada perangkat si pengguna cheat.

4. Skill menjadi tidak berkembang.

Salah satu tujuan memainkan game yang disenangi adalah mengembangkan skill dalam memainkan game tersebut. Dengan menggunakan cheat tentu saja skill yang dimiliki si cheater akan mentok dan tidak berkembang.

Mungkin pada awal penggunaan cheat mereka akan terkesan sebab menjadi pemain yang memiliki skill tinggi. Namun seiring berjalannya waktu, para cheater tersebut akan kewalahan menghadapi skill pemain lain yang memang benar-benar profesional dalam memainkan game.