Brilio.net - Software antivirus sering dipakai pengguna komputer ataupun laptop untuk memagari perangkat dari virus-virus yang bisa menyebabkan kerusakan. Tak cuma komputer dan laptop, smartphone pun punya aplikasi antivirus. Kegunaannya pun sama, yakni mencegah virus masuk menggerogoti file di handphone.

Namun dari temuan peneliti keamanan terbaru, sejumlah aplikasi antivirus ternyata menyimpan bahaya tersendiri. Informasi ini pertama kali diketahui dari peneliti keamanan VPN Pro Jan Youngren lewat blog-nya.

Mengutip Mirror, Youngren menuturkan ada 13 aplikasi antivirus yang sebenarnya berbahaya bagi perangkat pengguna. Parahnya lagi, 13 aplikasi tersebut dikenal sangat populer dan diunduh oleh banyak pengguna Android. Menurut Youngren, aplikasi tersebut bermasalah karena terlalu banyak mengakses komponen di perangkat pengguna, tapi sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

"Aplikasi itu membutuhkan izin untuk banyak hal, seperti mengetahui posisi pengguna kapan saja, diberi izin untuk menyalakan kamera, dan bahkan memakai ponsel tanpa sepengetahuan pengguna," tulis Youngren.

antivirus android berbahaya © berbagai sumber

foto ilustrasi: liputan6.com

 

Lebih lanjut Youngren menjelaskan seluruh aplikasi ini sebenarnya sudah diketahui memiliki aktivitas yang mencurigakan, tapi aplikasi tersebut nyatanya masih ada di Google Play.

Dengan temuan ini, para peneliti keamanan memperingatkan pengguna Android untuk mewaspadai aplikasi yang diunduhnya. Selain itu, VPN Pro menyarankan agar pengguna mengunduh aplikasi dari pihak terpercaya dan memastikan izin yang diberikan.

Berikut ini ke-13 aplikasi antivirus Android yang berbahaya. Sebaiknya langsung dihapus kalau ada di smartphone kamu.

1. Virus Cleaner
2. Antivirus Free 2019
3. 360 Security
4. Virus Cleaner 2019
5. Super Phone Cleaner
6. 360 Security Lite
7. Super Cleaner
8. Clean Master
9. Super Security
10. Antivirus Free
11. Antivirus Android
12. Antivirus & Virus Cleaner
13. Antivirus Mobile