Brilio.net - Revolusi teknologi digital telah membuat hiburan kini semakin bisa dinikmati oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Salah satunya kegiatan menonton film. Jika dahulu bioskop jadi satu-satunya cara untuk menikmati film terkini, saat ini teknologi streaming online jadi alternatif yang populer.

Melalui layanan streaming online, semua orang kini bisa menikmati berbagai film berkualitas tinggi melalui perangkat digital seperti laptop. Bahkan saat ini semakin banyak laptop yang digunakan untuk menikmati hiburan digital seperti menonton film secara online.

Laptop modern memiliki keunggulan tersendiri untuk digunakan sebagai “bioskop portabel”. Selain rata-rata ukuran dan bentuknya sudah sangat ringkas dan mudah untuk dibawa bepergian, laptop modern juga memiliki ukuran layar yang lebih besar sehingga menonton film bisa semakin menyenangkan.

Sayangnya, tidak semua laptop dibekali dengan layar yang memberikan kenyamanan saat menonton film. Hal tersebut dikarenakan masih banyak laptop yang dirancang hanya untuk bekerja dan laptop tersebut tentu tidak akan bisa menampilkan sajian film dengan optimal. Bagi kamu pecinta film yang ingin atau sedang memilih laptop, berikut lima aspek layar yang wajib diperhatikan jika ingin memaksimalkan pengalaman menonton film seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (30/6).

1. Layar harus punya tingkat reproduksi warna yang tinggi.

Tingkat reproduksi warna atau color gamut pada layar laptop merupakan faktor paling penting yang harus diperhatikan bagi para pecinta film. Color gamut pada layar laptop dapat memperlihatkan seberapa banyak warna yang bisa ditampilkan di layar tersebut. Semakin banyak warna yang bisa ditampilkan, maka film akan terlihat lebih jelas dan immersive. Apalagi, warna sangat berpengaruh dengan mood serta detail di dalam film.

laptop berteknologi layar terbaik buat pecinta film © 2022 brilio.net

foto: Istimewa

Saat ini ada banyak sekali jenis color gamut, seperti sRGB dan DCI-P3 yang banyak digunakan di sebuah laptop. Khusus untuk para pecinta film, laptop dengan layar yang memiliki color gamut 100% DCI-P3 merupakan yang paling direkomendasikan. Selain memiliki tingkat reproduksi warna yang lebih banyak dari sRGB (100% DCI-P3 setara dengan 133% sRGB), DCI-P3 merupakan standar color gamut yang digunakan oleh industri film. Dengan demikian, tampilan film di layar laptop dengan color gamut 100% DCI-P3 akan sesuai dengan yang diinginkan oleh sutradara film-nya.

2. Warna juga harus akurat.

Tidak sekadar mampu menghadirkan warna yang kaya, layar laptop khusus untuk menikmati sajian film serta video juga harus mampu menampilkan warna dengan akurat. Tampilan warna yang tidak akurat bisa merusak berbagai detail visual yang ada di dalam sebuah film. Kamu juga tidak akan bisa menikmati film sesuai dengan yang diinginkan oleh para pembuatnya jika menggunakan laptop dengan layar yang tidak akurat.

Salah satu cara untuk memastikan sebuah laptop menggunakan layar dengan tingkat akurasi warna terbaik adalah memastikan laptop yang dipilih telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. Sertifikasi tersebut memastikan layar laptop telah melalui proses kalibrasi warna di pabrik secara akurat berdasarkan standar PANTONE yang telah banyak digunakan di berbagai industri.

3. Fitur HDR wajib ada.

HDR atau High Dynamic Range merupakan fitur yang memungkinkan film atau video dapat ditampilkan dengan kontras warna yang tinggi. Sehingga penontonnya dapat menikmati kualitas visual mirip seperti di lokasi sebenarnya. Salah satu keunggulan HDR adalah menampilkan warna hitam sempurna dan hal tersebut tidak bisa dihadirkan di layar laptop biasa.

laptop berteknologi layar terbaik buat pecinta film © 2022 brilio.net

foto: Istimewa

Penggunaan panel OLED merupakan salah satu cara untuk menampilkan warna hitam sempurna. Berbeda dengan panel IPS atau TN yang banyak digunakan di laptop pada umumnya, OLED tidak memiliki lapisan backlight. Setiap pixel di layar merupakan lampu LED berukuran sangat kecil yang dapat dinyalakan dan dimatikan sesuai dengan kebutuhan.

Hal tersebutlah yang membuat OLED dapat menampilkan warna hitam yang sempurna dengan kontras warna tinggi sesuai dengan spesifikasi fitur HDR. Jangan lupa juga untuk memastikan layar laptop yang dipilih sudah mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR 500 True Black untuk mendapatkan pengalaman sinematik terbaik.

4. Response time lebih cepat lebih baik.

Salah satu spesifikasi layar yang seringkali diabaikan adalah response time, yaitu seberapa cepat layar dapat menampilkan frame tampilan berikutnya. Response time yang lebih kencang memungkinkan tampilan visual dengan gerak cepat dapat dihadirkan secara lebih tajam dengan detail yang tinggi. Dengan demikian, kamu tidak akan lagi melewatkan berbagai detail dari film action serta tidak lagi kesulitan untuk membaca teks berjalan. Sebaiknya juga memilih laptop dengan layar yang memiliki response time kurang dari 1ms.

5. Pilih juga layar laptop yang bisa menjaga kesehatan.

Menonton film di layar laptop dengan kualitas visual terbaik memang seru, namun hal tersebut bisa berdampak negatif pada kesehatan mata. Layar perangkat komputasi seperti laptop memancarkan radiasi sinar biru yang bisa berdampak negatif pada kesehatan mata.

laptop berteknologi layar terbaik buat pecinta film © 2022 brilio.net

foto: Istimewa

Meski demikian, saat ini telah ada layar yang dapat mengurangi tingkat pancaran radiasi sinar biru sehingga lebih aman untuk kesehatan mata khususnya dalam jangka waktu panjang. Laptop dengan layar tersebut akan membuat kamu terbebas dari khawatir akan kesehatan mata dalam jangka waktu yang panjang.

ASUS OLED punya semuanya.

Jika kamu mencari layar laptop yang memiliki semua kualifikasi tersebut, ASUS OLED adalah jawabannya. Teknologi layar laptop ASUS tersebut memiliki semua aspek yang membuat kamu para pecinta film dapat menikmati kualitas visual terbaik sekaligus aman untuk kesehatan mata.

Laptop yang menggunakan layar ASUS OLED dipastikan memiliki color gamut 100% DCI-P3, tersertifikasi PANTONE Validated Display, serta mendukung fitur HDR dengan sertifikasi VESA DisplayHDR 500 True Black. Tidak hanya itu, layar ASUS OLED juga memiliki response time hanya 0,2ms yang jauh lebih kencang dibandingkan dengan layar laptop pada umumnya, serta dilengkapi fitur EyeCare bersertifikasi TÜV Rheinland.

Semua kualifikasi tersebut hadir dengan satu tujuan, yaitu memanjakan mata kamu. ASUS juga merupakan pemimpin pasar laptop dengan layar OLED dan diakui sebagai produsen laptop OLED nomor satu di Indonesia dan di dunia. ASUS juga merupakan satu-satunya brand laptop yang menghadirkan varian laptop dengan layar OLED terbanyak di Indonesia, serta satu-satunya brand laptop di Indonesia yang memiliki varian laptop berlayar OLED dengan harga di bawah Rp10 juta. Kini semua orang bisa menikmati hiburan digital dengan kualitas visual terbaik melalui laptop dengan teknologi layar ASUS OLED.

Layar ASUS OLED sendiri sudah hadir di banyak laptop ASUS termasuk ZenBook 14 Flip OLED (UP5401). Laptop ini merupakan laptop kelas performa yang tipis dan ringan, serta sudah diperkuat oleh 11th Gen Intel® Core™ i7 Processor dan Intel® Iris® X graphics.

asras asras

foto: ASUS

ASUS OLED merupakan bagian dari ASUS Innovation, yaitu kumpulan inovasi teknologi terkini, terdepan, dan eksklusif untuk produk ASUS. Hadir di seluruh jajaran laptop ASUS, ASUS Innovation memastikan pengalaman penggunaan terbaik dari berbagai sisi mulai dari kenyamanan, peningkatan produktivitas, hingga menjaga kesehatan mata. Untuk informasi lebih lengkap tentang ASUS OLED kamu bisa klik di sini.