Brilio.net - Masa kecil kita tentunya penuh dengan keceriaan. Kita bersenang-senang dengan bermain apa saja yang kita mau bersama kawan sebaya. Salah satu permainan yang hits beberapa dekade terakhir adalah PlayStation. Permainan ini bisa dibilang mempunyai daya tarik yang cukup besar bagi pecinta game. Hingga hari ini, game konsol PlayStation masih mampu bersaing dengan permainan lainnya, termasuk game online.

Jika membicarakan PlayStation (PS), hal yang terbesit di pikiran kita adalah tombol kontroler pada stick PS. Dengan tombol tersebut, kita bisa mengoperasikan game yang kita mainkan sesuai keinginan. Stick PS juga merupakan kunci sebuah permainan bisa berjalan.

sebutan X di tombol PS  Freepik

foto: Freepik

Ada beberapa macam tombol kontroler pada stick PS, mulai dari tombol arah, segitiga, bulat, kotak hingga tombol X. Uniknya, ada dua penyebutan tombol X yang beredar di masyarakat. Ada yang mengatakan X sebagai 'eks' ada juga yang menyebutnya dengan 'silang.' Pihak Sony mengaku merilis bahwa simbol X adalah tombol silang dan bukan eks. Hal tersebut disampaikan pada akun Twitter resminya beberapa waktu yang lalu.

Loading...

"Segitiga, lingkaran, silang, kotak. Jika silang disebut X (padahal bukan), lantas kenapa (tombol lain) dipanggil lingkaran," tulis akun @PlayStationUK menjawab pertanyaan seorang warganet.

Dilansir brilio.net dari liputan6.com, pelafalan yang tepat untuk tombol tersebut adalah 'silang' atau 'cross'. Dengan kata lain, simbol tersebut dimaksudkan sebagai bentuk, bukannya huruf.

Setelah jawaban tersebut, tidak sedikit warganet yang mengaku kaget sebab selama ini salah menyebutnya. Namun, tidak sedikit pula yang mengatakan tetap memilih memanggilnya dengan 'eks'.

"Lalu mengapa game saya terus mengatakan kepada saya untuk "tekan tombol X?" tanya @SonicBoom0.

"Ini X. Saat kamu melihat persimpangan, simbol adalah X," tulis @RichochetSparta.

"Saya mengerti, tetapi X terdengar lebih baik," kata @616spidey_.

Karenanya, PlayStation Inggris pun berseloroh dengan memberi kebebasan pemain untuk memanggil simbol tersebut dengan sebutan apapun, tapi mereka tetap menyebutnya dengan 'silang'.

RECOMMENDED BY EDITOR