Brilio.net - Tahun ini Apple akan mendorong daur ulang produknya yang sudah tak terpakai. Karena dari daur ulang itu, ternyata bisa menghasilkan keuntungan bagi Apple. Tentunya iPhone dan Mac bekas yang sudah tak terpakai lagi juga jadi tak terbuang sia-sia.

Beberapa waktu lalu Mac merilis laporan Environmental Responsibility terbarunya. Dikutip brilio.net dari inc.com, Senin (18/4), sepanjang 2015, Apple bisa mengumpulkan 61 juta pon atau setara dengan 27.000 ton logam yang terdiri dari aluminium, plastik, nikel, emas, dan material-material lain. Perolehan itu didapatkan dari daur ulang iPhone dan Mac bekas yang dikumpulkan Apple. Dari berbagai logam itu, terkumpul emas sebesar 2.204 pon emas atau setara hampir satu ton emas. Jika diuangkan, total emas itu menghasilkan USD 40 juta atau setara Rp 537 miliar. Wow!

Berikut data logam yang didapatkan Apple sepanjang tahun 2015:

Apple hasilkan 1 ton emas © 2016 brilio.net

Lantas dari mana datangnya satu ton emas itu? Inc.com menuliskan bahwa menurut laporan Fairphone, sebuah kelompok aktivis yang fokus pada distribusi elektronik, setiap smartphone rata-rata menggunakan 30 miligram emas untuk berbagai komponen yang ada di dalamnya. Meskipun kecil, jika dikumpulkan dari jutaan ponsel yang didaur ulang Apple sepanjang tahun, maka akan menghasilkan jumlah yang sangat besar.

Nah, daripada produk iPhonemu hanya dibuang sia-sia, akan lebih baik jika kamu memanfaatkan layanan daur ulang produk Apple. Tentu barangmu akan dihargai oleh Apple, meskipun tak seharga ketika kamu baru membeli. Tertarik?