Brilio.net - Hari gini untuk urusan perbankan harus ke pergi bank? Boleh jadi itu yang muncul di benak para milenial. Maklum deh, mereka yang sejatinya hidup dalam dunia digital (digital savvy) nggak mau ribet untuk berbagai urusan, termasuk perbankan.

Dalam pandangan mereka, sekarang semua bisa dilakukan lewat gadget. Artinya hampir semua urusan bisa dilakukan kapan saja, dan di mana saja hanya dengan ujung jari.

Apalagi berdasarkan data yang ada, saat ini pertumbuhan pengguna smartphone mencapai lebih dari 160 juta pengguna. Di mana lebih dari setengah populasi pengguna smartphone berasal dari kalangan kelas menengah dan terbiasa hidup dalam dunia digital.

PermataMobile X © 2019 brilio.net Direktur Retail Banking PermataBank Djumariah Tenteram

Perkembangan ini membuat Indonesia bertransformasi menjadi salah satu negara yang paling terintegrasi secara digital di Asia Tenggara. Masyarakat Indonesia mengalami revolusi digital. Mereka mengubah setiap segi kehidupan sehari-hari, termasuk dalam urusan perbankan. Ini tentu saja menjadi peluang sekaligus tantangan bagi dunia perbankan.

Makanya nggak heran jika kini perbankan berlomba-lomba menciptakan aplikasi yang bisa memudahkan nasabah, khususnya para digital savvy untuk bertransaksi. Cara inilah yang dilakukan PermataBank dengan meluncurkan super aplikasi (super app) PermataMobile X.    

Saat acara The Power of PermataMobile X di InterContinental, Pondok Indah, Jakarta, Jumat (25/1/2019) terungkap mengapa PermataMobile X dikatakan sebagai super app. Dalam acara yang diihadiri jajaran direksi PermataBank serta para selebriti berbakat selaku ambassador  PermataMobile X yang tergabung dalam PermataMobile  X—The X Team itu diklaim bahwa PermataMobile X sebagai aplikasi mobile banking terlengkap saat ini.

PermataMobile X © 2019 brilio.net Chief Information Officer/Direktur Teknologi & Operasi PermataBank Abdy D Salimin

 

Dijelaskan Direktur Retail Banking PermataBank Djumariah Tenteram, PermataMobile X merupakan kapabilitas digital yang strategis serta menjadi ujung tombak kemajuan dan efisiensi PermataBank di garda terdepan ekonomi digital.

Menurutnya, PermataMobile X merupakan satu-satunya super app untuk mobile banking yang menawarkan pengalaman mobile banking yang canggih dan komprehensif.

"Kami percaya aplikasi ini akan menjadi standar baru dalam mobile banking. Peningkatan efisiensi dan kualitas produk serta pelayanan dengan adanya super app ini terlihat dari alokasi sumber daya yang lebih optimal, waktu pemrosesan yang lebih cepat, operasi yang lebih ramping, dan pada akhirnya pengalaman pelanggan yang lebih baik,” katanya.

PermataMobile X © 2019 brilio.net Chelsea Islan, salah satu ambassador PermataMobile X The Savvy Saver

Oh iya, PermataMobile X sebenarnya sudah diluncurkan empat bulan lalu. Nah dikatakan super app karena aplikasi ini menawarkan layanan bank yang komprehensif dan menyeluruh mulai dari pembukaan akun baru, persetujuan pinjaman dan kartu kredit, mengatur keuangan, melakukan pengiriman uang, pembayaran dan top-up, dan membantu nasabah untuk servis-servis lain yang dibutuhkan. 

“Kami terus mendengarkan nasabah mengenai masalah yang ada dan berusaha membangun solusi yang dapat mengatasi masalah tersebut.  Kami akan terus berinvestasi dan mengembangkan kapabilitas kami yang sesuai, mewujudkan brand promise PermataBank yaitu simple, fast and reliable,” kata Chief Information Officer/Direktur Teknologi & Operasi PermataBank Abdy D Salimin. 

Lantas apa saja sih fitur cangggih yang dikatakan bisa memudahkan nasabah bertransaksi? Yang jelas, PermataMobile X memiliki ratusan fitur yang bisa  mewujudkan #IndonesiaTanpaStres, movement yang diusung dalam peluncuran PermataMobile X pada Agustus 2018 lalu.

PermataMobile X © 2019 brilio.net Hamish Daud, salah satu ambassador PermataMobile X

Fitur-fitur andalannya di antaranya mengirimkan uang ke nomor handphone, transfer ke rekening bank seluruh Indonesia dalam waktu 5 detik, memiliki fitur keamanan Face ID dan Finger ID login, dapat melihat saldo tanpa harus login (peeking) dan dapat melihat mutasi rekening sampai dua belas bulan. Dalam waktu dekat PermataMobile X juga akan dilengkapi dengan fitur QR Payment.

Nah dalam acara tersebut hadir juga sejumlah ambassador PermataMobile X seperti Chelsea Islan, Dion Wiyoko, Ernest Prakasa, Hesti Purwadinata dan Hamish Daud. Mereka hadir untuk mendemostrasikan secara langsung kemudahan penggunaan dari setiap fitur yang terdapat di PermataMobile X.

Semangat dan gaya hidup mereka yang penuh makna menjadikan The X Team sebagai representasi bagi kaum milenial di Indonesia dalam menjalani gaya hidup di era digitalisasi yang serba cepat dan praktis.

PermataMobile X © 2019 brilio.net Hesti Purwadinatasalah satu ambassador PermataMobile X

“Gampang banget untuk buka rekening tabungan melalui aplikasi PermataMobile X. Cukup menyediakan e-KTP dan mengisi data diri, tanpa perlu mengunjungi cabang. Proses verifikasi untuk calon nasabah dilakukan melalui Video Call. Harus coba!,” ujar Chelsea Islan, sebagai PermataMobile X The Savvy Saver.

Sementara Ernest Prakasa, sang PermataMobile X Practical Investor menyebutkan kehadiran PermataMobile X tentunya dapat memudahkan setiap orang untuk melakukan transaksi perbankan dalam kehidupan sehari-hari.

“Untuk saya pribadi, kemudahan untuk bertransaksi jual beli reksa dana dan obligasi adalah salah satu fitur favorit. Cocok banget untuk saya yang sudah berkeluarga dan butuh investasi untuk pendidikan anak dan pensiun, dan cocok juga buat generasi millennial masa kini yang ingin mencapai financial freedom lewat investasi tapi ngga mau ribet bolak-balik ke cabang untuk transaksi. Kinerja laba dan rugi dari investasi kita bisa di cek dengan mudah lewat PermataMobile X,” katanya. 

PermataMobile X © 2019 brilio.net Aplikasi yang menunjang gaya hidup para digital savvy

Saat ini, layanan perbankan digital bank yang satu ini disebut-sebut sebagai terdepan dengan layanan digital yang komprehensif. Aplikasi mobilenya merupakan yang terbaik di kelasnya untuk desain, UI/UX dan kelengkapan fiturnya.