Brilio.net - Kemajuan zaman memang menuntut kamu terus melakukan inovasi. Baru-baru ini Gerakan Nusantara Mengaji meluncurkan aplikasi khataman Alquran online pertama di dunia yang bisa diakses melalui telepon pintar.

"Dengan aplikasi ini masyarakat dapat terhubung secara bersama-sama melaksanakan khataman Alquran serentak," kata Koordinator Nasional Mengaji Jazilul Fawaid dalam acara Khataman Akbar Nusantara Mengaji di Masjid Siti Rawani, Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Minggu yang dikutip brilio.net dari Antara, Senin (31/10).

Menurut Jazilul, aplikasi yang dapat diunduh di Google Play Strore itu dibuat agar lebih mendekatkan masyarakat dengan Alquran. Masyarakat pun bisa dengan mudah membaca Alquran kapan dan di mana saja.

Aplikasi Nusantara Mengaji dilengkapi Alquran 30 juz serta fitur memilih juz sehingga setiap pengguna nantinya bisa memilih satu atau beberapa juz yang ingin dibaca.

Dewan Penasihat Nusantara Mengaji Prof KH Akhsin Sakho Muhammad menambahkan, dengan aplikasi ini khataman Alquran bisa dilaksanakan bersama-sama oleh pengguna yang sudah memilih juz Alquran tadi.

"Sistem pun akan mencatat berapa orang yang mengikuti khataman serta berapa kali khataman yang telah dilaksanakan," kata pakar Alquran lulusan Madinah ini.

Aplikasi berbasis android ini juga menyajikan berbagai informasi seputar keislaman, tafsir, dan khazanah keilmuan Islam lainnya.

"Ini media edukatif dan informatif terutama dalam era digital saat ini. Silakan unduh secara gratis, mudah-mudahan melalui aplikasi Nusantara Mengaji ini bisa menjadi nilai ibadah sekaligus media silaturahim kita," imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengapresiasi peluncuran aplikasi khataman Alquran online yang dinilainya bermanfaat sebagai langkah penting sekaligus memberikan bekal bagi anak muda.

"Jumlah mereka besar, dengan aplikasi semacam ini diharapkan mampu mendekatkan mereka pada Alquran dan membuat mereka mencintai Alquran," katanya.