Brilio.net - Setelah diluncurkan pada 5 Oktober lalu, Windows 11 hadir dengan kurangnya salah satu fitur yang paling banyak dipuji yaitu tidak adanya dukungan terhadap akses aplikasi Android. Namun, Rabu (20/10) lalu Microsoft memberi kabar baik lewat laman resminya bahwa pengguna Windows 11 sudah bisa mengakses aplikasi Android secara langsung ke Windows Insiders.

Walaupun belum tersedia secara global, fitur ini baru bisa dinikmati oleh pengguna di Amerika Serikat untuk Windows Insiders di Saluran Beta dan diharapkan bisa diluncurkan secara merata di seluruh dunia. "Hari ini kami telah mengumumkan bahwa pratinjau pertama aplikasi Android di Windows 11 kini tersedia untuk Windows Insiders di Saluran Beta di AS," ungkap Microsoft seperti dilansir oleh brilio.net Senin (25/10).

Untuk bisa memanfaatkan fitur ini, pengguna harus memenuhi persyaratan seperti harus menjadi saluran beta Insider, harus memiliki build number 22000.282 atau lebih tinggi, dan harus mengaktifkan virtualisasi yang bisa diakses lewat Task Manager.

Untuk mengetahui cara menginstal aplikasi Android di Windows 11, perhatikan caranya berikut sebagaimana dihimpun brilio.net dari laman resmi Microsoft dan berbagai sumber lainnya (25/10).

Aplikasi Android akhirnya bisa digunakan di Windows 11 Microsoft


foto: Microsoft

1. Seperti himbauan Microsoft, pergi ke halaman web Windows Subsystem for Android.

2. Klik tombol Get yang berlabel Install/open jika sudah pernah menginstalnya. Menu untuk Windows Subsystem for Android akan terbuka di aplikasi Microsoft Store.

3. Klik tombol Instal di aplikasi Microsoft Store. Menu overlay akan muncul dengan informasi tentang toko aplikasi Amazon.

4. Lanjutkan dengan menekan tombol Next.

5. Setelah itu klik Download. Proses pengunduhan akan berlangsung dari 1-2 menit.

6. Klik Open Amazon Appstore. Sebuah layar akan terbuka dengan prompt login Amazon di atasnya. Tunggu sekitar 1-2 menit untuk membukanya.

7. Klik tombol Sign in atau Create a new Amazon. Jika pengguna memiliki akun Amazon dalam bentuk apa pun, mereka cukup memilih untuk masuk dengan akun tersebut. Pengguna juga akan diminta untuk masuk setelah mengklik tombol. Layar Amazon Appstore akan muncul dengan daftar semua aplikasi Android yang saat ini dapat pengguna instal di Windows 11.

8. Klik tombol Get untuk aplikasi yang ingin diinstal. Pengguna juga bisa mengklik ikon aplikasi untuk membaca lebih lanjut tentangnya sebelum memutuskan apakah akan mengunduhnya.

9. Terakhir, klik Download untuk mengonfirmasi.

Perlu diketahui bahwa sejauh ini baru 50 aplikasi Android yang tersedia dan bisa didownload dari kerjasama Microsoft dan Amazon ini. Jumlah ini masih sangat kecil mengingat Amazon Appstore memiliki 600 ribu aplikasi, sedangkan Google Play Store memiliki 3 juta aplikasi.

Seperti disebut oleh Microsoft pada laman resminya, beberapa aplikasi yang bisa dicoba saat ini antara lain Lords Mobile, June’s Journey, Coin Master, Khan Academy Kids, dan Lego Duplo World.