Brilio.net - Smartfren Regional Jawa Tengah Selatan dan Yogyakarta terus berupaya meningkatkan kualitas demi memanjakan konsumen setia. Terlebih menjelang Ramadan 2021, di tengah pandemi saat ini, berbagai kalangan masih melakukan segala aktivitasnya dari rumah. Secara tidak langsung mendorong pemakaian internet menjadi meningkat.

Operator seluler tersebut telah melakukan pengujian, bahwa Smartfren sudah mampu menjangkau 80% lebih dari sebaran populasi area Jawa Tengah dan DIY.

Gede Dede Wiryana, Smartfren Regional Technical Leader Jawa Tengah menjelaskan, pihaknya siap memperkuat jaringan dengan menambah jumlah BTS (Base Tranceiver Station).

"Pengujian sebaran ini dilakukan setelah melalui rute yang banyak digunakan di Yogyakarta. Komitmen untuk peningkatan kualitas pun terus kami lakukan dengan menambah jumlah BTS," jelas Gede di Kopi Ingkar Janji Kulonprogo, Kamis (25/3).

Smartfren perkuat jaringan Lebaran 2021 © 2021 brilio.net

Loading...

foto: Brilio.net/@Nur Luthfiana

Pembangunan terus berlangsung guna antisipasi kebutuhan bandwidth. Hingga Lebaran 2021, Smartfren juga sudah mempersiapkan antisipasi tambahan hingga 40%.

"Tetapi kalau pun butuh lebih, tiba-tiba ada lonjakan, itu juga sudah tidak bermasalah karena Smartfren sekarang sudah hampir sebagian besar transmisinya adalah fiber optic," lanjut dia.

Seperti diketahui, fiber optic atau serat optik dipercaya memiliki keuntungan sangat fleksibel untuk menambah kapasitas. Saluran transmisi sejenis kabel ini lebih unggul dibanding radio microwave.

Smartfren perkuat jaringan Lebaran 2021 © 2021 brilio.net

foto: Brilio.net/@Nur Luthfiana

Disinggung mengenai frekuensi teknologi generasi kelima atau 5G, Dede Wiryana menuturkan, pihaknya sudah pernah uji coba atau trial pada 2019. Infrastruktur untuk 5G pun sudah mulai disiapkan.

"Siap melayani kalau memang 5G sudah dikeluarkan (izinnya). Secara teknologi tidak khawatir. Sekarang on progres, kami siap untuk penambahan bandwidth kalau 5G sudah dapat izin," tandasnya.

Selain terus berusaha menambah coverage area (wilayah jangkauan), di satu sisi ada juga kebutuhan bandwidth yang kian bertambah. Karenanya, Smartfren juga telah menyiapkan beberapa layanan internet yang bisa dinikmati pelanggannya.

Dengan spesifikasi kuota masing-masing, dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan harga. "Smartfren sudah sejak lama menyiapkan berbagai varian layanan internet yang bisa dinikmati pelanggan. Pelanggan bisa memilih Paket Unlimited atau Paket Nonstop melalui aplikasi mySmartfren. Selain itu, Smartfren juga menyiapkan paket Kuota besar Super 4G Kuota dan Paket Cocktail serta paket yang masa aktifnya ekstra panjang dengan bonus kuota mingguan," tambah Joseph Marthinus Gultom, Regional Head Smartfren.

RECOMMENDED BY EDITOR