Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Gadget
Laksa Mahardikengrat (brl/gib)

02 September 2019 17:09

Akun CEO Twitter dibajak, ini 5 cara untuk amankan akun Twittermu

Akun CEO-nya ajak bisa dengan mudah dibajak. Apa kabar dengan akunmu?.

Akun CEO Twitter dibajak, ini 5 cara untuk amankan akun Twittermu

View Image



foto: pixabay.com, merdeka.com

Brilio.net - Tak ada yang bisa benar-benar terlindungi dari serangan orang tak bertanggung jawab di internet. CEO Twitter, Jack Dorsey kemarin Jumat (30/8) baru saja kehilangan akunnya karena diretas. Dampaknya juga luar biasa, akunnya, @jack diretas dan mengunggah cuitan bernada rasis dan ofensif. Beruntung, Twitter bergerak cepat dan berhasil memegang kendali akun CEO-nya dalam waktu yang relatif singkat.

Dilansir brilio.net The Verge, kelompok peretas menggunakan aplikasi Cloudhopper untuk mendapatkan akses ke akun CEO Twitter. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan cuitan lewat SMS. Cloudhopper sendiri adalah sebuah layanan yang diakusisi oleh Twitter pada 2010 kemarin.

Ternyata, kejadian kali ini bukan pertama kalinya akun CEO Twitter diretas. Dilansir dari Liputan6, akun orang nomor satu di Twitter ini juga pernah diretas pada 2016. Perusahaan keamanan OurMine meretas akun Jack Dorsey dengan mengirimkan cuitan dengan kalimat 'menjajal keamanan kamu' sembari mengirim sebuah video dan tautan.

Orang nomor satu di Twitter saja pernah diretas dua kali, bagaimana dengan akunmu?

Keamanan akun harus jadi prioritas agar tidak mengalami kejadian tidak menyenangkan seperti Jack Dorsey. Langkah seperti apa sih, yang bisa kamu tempuh untuk mengamankan akun Twittermu? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (2/9), berikut 5 cara agar akun Twittermu tak mudah dibajak.

Loading...

1. Jangan sembarangan mengetik password akun.

GADGET_akuntwitterdiretas © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Serangan phishing terjadi karena kamu tidak teliti saat berselancar di dunia maya. Hati-hati dengan promo atau pesan yang menyatakan bahwa kamu memenangkan hadiah. Biasanya, peretas akan memintamu untuk mengklik sebuah link dan meminta password untuk bisa mengakses hadiah atau promo. Jangan terlena, perhatikan dengan baik-baik dan jangan sembarangan mengetik password akun Twitter di sembarang website.

2. Gunakan password yang kuat.

GADGET_akuntwitterdiretas © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Password yang kuat akan menyulitkan peretas untuk mendapatkan akses ke akun Twitter. Minimal, password harus berisi 10 karakter dengan kombinasi angka dan alfabet. Lebih bagus lagi kalau ada beberapa karakter dengan huruf besar.

3. Pakai Two-Factor Authentication.

GADGET_akuntwitterdiretas © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Ini nih yang penting. Pastikan akunmu menggunakan two-factor authentication agar keamanan terjamin. Fitur ini akan mewajibkanmu untuk mengautentikasi akunmu lewat smartphone. Twitter akan mengirimkan verifikasi ke smartphonemu sebelum kamu bisa masuk ke akunmu. Dengan ini, hanya kamu saja yang bisa mengakses akunmu.

4. Hati-hati ketika menggunakan akun Twitter untuk login ke website lain.

GADGET_akuntwitterdiretas © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Sering kita menggunakan akun Twitter untuk login ke website atau layanan internet. Jangan sembarangan, perhatikan baik-baik website yang hendak kamu tuju. Periksa dengan teliti daftar akses yang diminta oleh website tersebut. Jika website tersebut berbahaya, keamanan akunmu akan terancam.

5. Pakai aplikasi penyimpan password.

GADGET_akuntwitterdiretas © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Menyimpan aneka password yang berbeda untuk setiap akun tentu akan membuat kita repot. Oleh karena itu, gunakan aplikasi penyimpan password di gadgetmu. Aplikasi seperti LassPass dan DashLane bisa membuat password kuat dengan mudah. Kamu hanya perlu mengingat satu master password yang digunakan saat membuka aplikasi ini.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Twitter Jack Dorsey Aksi Pembajakan Hacker Media Sosial Smartphone Gadget Handphone Cloudhopper
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE