Brilio.net - Bicara soal teknologi pada tahun 2021? Kenapa tidak?! Perkembangan teknologi tidak dipungkiri terus bergulir, tak peduli apa pun yang sedang menimpa dunia. Dengan semakin berkembangnya zaman, kamu harus tetap tersambung dengan informasi teknologi agar tidak ketinggalan kabar-kabar terkini.

Saat keadaan mengharuskan kamu untuk tetap berada dalam rumah seperti sekarang, ini adalah kesempatan yang baik untuk meningkatkan pengetahuan terhadap tren teknologi. Tren-tren ini sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari pada masa depan. Sekarang pun, tren ini sudah mulai diterapkan di berbagai sektor kehidupan. Ke depannya, tren teknologi ini bahkan jadi ladang empuk untuk kamu mendapatkan pekerjaan bila menguasai tren teknologi ini.

Untuk membantumu, berikut brilio.net lansir dari laman simplilearn, Senin (20/9), sembilan tren teknologi baru teratas yang harus kamu ketahui. 

1. Kecerdasan Buatan (AI) dan Pembelajaran Mesin.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

9 Tren teknologi 2021 ini wajib kamu ketahui berbagai sumber

foto: Pexels/@Pixabay

Seperti diketahui, kecerdasan buatan sudah menerima banyak desas-desus dalam 10 tahun terakhir. AI terus menjadi salah satu tren teknologi baru karena efeknya yang menonjol pada cara orang hidup, bekerja, dan bermain. Selain itu, AI juga sudah dikenal dengan keunggulannya dalam pengenalan gambar dan ucapan, aplikasi navigasi, asisten pribadi smartphone, aplikasi berbagi perjalanan, dan banyak lagi.

Untuk kamu ketahui, pasar AI akan tumbuh menjadi industri senilai USD 190 miliar (hampir Rp 2.700 triliun) pada tahun 2025 dengan pengeluaran global untuk sistem kognitif. Selanjutnya, pada 2021 sendiri, AI mencapai lebih dari USD 57 miliar (lebih dari Rp 810 triliun).

Di sisi lain, Pembelajaran Mesin (Machine Learning) yang merupakan bagian dari AI juga sedang digunakan di semua jenis industri dan menciptakan permintaan besar untuk para profesional yang terampil. Forrester memperkirakan bahwa AI, Pembelajaran Mesin dan otomatisasi akan menciptakan 9% pekerjaan baru di Amerika Serikat (AS) pada 2025, termasuk pekerjaan profesional pemantauan robot, ilmuwan data, spesialis otomasi dan kurator konten. Ini menjadikan Pembelajaran Mesin salah satu tren teknologi baru yang harus kamu ingat.

Kalau kamu menguasai AI dan Pembelajaran Mesin, kamu akan terbantu bila menekuni pekerjaan seperti ilmuwan Riset AI, insinyur AI, insinyur Pembelajaran Mesin, dan arsitek AI.

2. Otomatisasi Proses Robotik (Robotic Process Automation).

9 Tren teknologi 2021 ini wajib kamu ketahui berbagai sumber

foto: Pexels/@Digital Buggu

Sama halnya dengan AI dan Pembelajaran Mesin, RPA merupakan teknologi lain yang mengotomatisasi pekerjaan. RPA adalah penggunaan perangkat lunak untuk mengotomatisasi proses bisnis seperti menafsirkan aplikasi, memproses transaksi, menangani data dan bahkan membalas email.

RPA mengotomatiskan tugas berulang yang biasa dilakukan orang. Meskipun Forrester Research memperkirakan otomatisasi RPA akan mengancam mata pencaharian 230 juta atau lebih pekerja berpengetahuan atau sekitar 9% dari tenaga kerja global, RPA juga menciptakan lapangan kerja baru sambil mengubah pekerjaan yang ada. McKinsey menemukan bahwa kurang dari 5% pekerjaan dapat sepenuhnya diotomatisasi, tetapi sekitar 60% dapat diotomatisasi sebagian.

Bagi kamu sebagai profesional Teknologi Informasi (TI) yang melihat ke masa depan dan mencoba memahami tren teknologi baru, RPA menawarkan banyak peluang karier termasuk pengembang, manajer proyek, analis bisnis, arsitek solusi, dan konsultan. Dan kabar baiknya, pekerjaan-pekerjaan ini bisa membayarmu dengan jumlah uang yang sangat baik. Pengembang RPA dapat memperoleh lebih dari 534K rupee India atau INR 534 ribu (lebih dari Rp 100 juta) per tahun, menjadikannya tren teknologi selanjutnya yang harus kamu awasi.

3. Edge Computing.

9 Tren teknologi 2021 ini wajib kamu ketahui berbagai sumber

foto: Pexels/@cottonbro

Pada masanya, komputasi awan/cloud merupakan tren teknologi baru yang harus diperhatikan. Berkat itu, komputasi awan telah menjadi arus utama dengan pemain utama seperti AWS (Amazon Web Services), Microsoft Azure, dan Google Cloud Platform yang mendominasi pasar. Adopsi komputasi awan masih terus berkembang, karena semakin banyak bisnis yang bermigrasi ke solusi cloud. Tapi itu bukan lagi tren teknologi yang muncul, Edge Computing lah yang akan menjadi perhatian pada tahun ini.

Karena jumlah organisasi data yang berurusan terus meningkat, mereka telah menyadari kelemahan Cloud Computing dalam beberapa situasi. Edge Computing ini dirancang untuk membantu memecahkan beberapa masalah tersebut sebagai cara untuk melewati latensi yang disebabkan oleh komputasi awan dan mendapatkan data ke pusat untuk diproses. Untuk alasan ini, komputasi tepi (Edge Computing) dapat digunakan untuk memproses data sensitif waktu di lokasi terpencil dengan konektivitas terbatas atau tanpa konektivitas ke lokasi terpusat. Dalam situasi tersebut, komputasi tepi dapat bertindak seperti pusat data mini.

Pada 2022, pasar komputasi tepi global diperkirakan akan mencapai USD 6,72 miliar atau sekitar Rp 95 triliun. Dan tren teknologi baru ini hanya dimaksudkan untuk tumbuh dan tidak kurang, menciptakan berbagai pekerjaan, terutama untuk insinyur perangkat lunak. Dengan menguasai teknologi tren yang satu ini, kamu bisa menduduki pekerjaan seperti insinyur Keandalan Cloud, insinyur Infrastruktur Cloud, arsitek Cloud dan arsitek Keamanan dan juga insinyur Cloud DevOps.

4. Komputasi Kuantum (Quantum Computing).

9 Tren teknologi 2021 ini wajib kamu ketahui berbagai sumber

foto: Pexels/@cottonbro

Tren teknologi keren berikutnya adalah komputasi kuantum. Ini merupakan bentuk komputasi yang memanfaatkan fenomena kuantum seperti superposisi dan belitan kuantum. Tren teknologi yang luar biasa ini juga terlibat dalam pencegahan penyebaran virus corona. Selain itu juga untuk mengembangkan vaksin potensial, berkat kemampuannya untuk dengan mudah menanyakan, memantau, menganalisis dan bertindak berdasarkan data, terlepas dari sumbernya.

Bidang lain di mana komputasi kuantum cocok diterapkan adalah dalam dunia perbankan dan keuangan. Tugasnya untuk mengelola risiko kredit, untuk perdagangan frekuensi tinggi dan deteksi penipuan.

Komputer kuantum sekarang jauh lebih cepat daripada komputer biasa dan merek besar seperti Splunk, Honeywell, Microsoft, AWS, Google dan masih banyak merek lainnya yang sekarang terlibat dalam membuat inovasi di bidang komputasi kuantum.

Pendapatan untuk pasar komputasi kuantum global sendiri diproyeksikan melampaui USD 2,5 miliar (lebih dari Rp 35 triliun ) pada 2029. Dan untuk membuat tanda dalam tren teknologi baru ini, kamu harus memiliki pengalaman dengan mekanika kuantum, aljabar linier, probabilitas, teori informasi, dan pembelajaran mesin.

5. Realitas Virtual dan Realitas Tertambah (Virtual Reality and Augmented Reality).

9 Tren teknologi 2021 ini wajib kamu ketahui berbagai sumber

foto: Pexels/@Andrea Piacquadio

Mungkin kamu sudah tahu tentang tren teknologi ini. Kepopulerannya yang sudah mendunia menjadikan VR tren teknologi luar biasa berikutnya yang harus kamu ketahui. Tren ini meliputi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR), dan juga Extended Reality (ER).

VR sendiri membenamkan pengguna dalam suatu lingkungan, sementara AR meningkatkan lingkungan mereka. Meskipun tren teknologi ini digunakan untuk bermain game, tren ini juga telah digunakan untuk pelatihan seperti halnya VirtualShip, perangkat lunak simulasi yang digunakan untuk melatih kapten kapal Angkatan Laut, Angkatan Darat, dan Penjaga Pantai AS.

Pada 2021 ini, kita dapat mengharapkan bentuk-bentuk teknologi ini semakin terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari. AR dan VR memiliki potensi besar dalam pelatihan, hiburan, pendidikan, pemasaran dan bahkan rehabilitasi setelah cedera. Teknologi ini juga bisa digunakan untuk melatih dokter melakukan operasi, menawarkan pengalaman yang lebih dalam kepada pengunjung museum, meningkatkan taman hiburan, atau bahkan meningkatkan pemasaran seperti halte bus Pepsi Max ini.

Kerennya lagi, 14 juta perangkat AR dan VR sudah terjual pada tahun 2019 sendiri. Pasar AR dan VR global diperkirakan akan tumbuh menjadi USD 209,2 miliar (nyaris Rp 3.000 triliun) pada tahun 2022, yang justru menciptakan lebih banyak peluang dalam teknologi yang sedang tren, dan menyambut lebih banyak profesional yang siap untuk bidang yang mengubah permainan ini.

6. Blockchain.

9 Tren teknologi 2021 ini wajib kamu ketahui berbagai sumber

foto: Pexels/@Karolina Grabowska

Meskipun kebanyakan orang berpikir tentang teknologi blockchain dalam kaitannya dengan cryptocurrency seperti Bitcoin, blockchain sendiri menawarkan keamanan yang berguna dalam banyak hal lainnya. Dengan kata lain, blockchain dapat digambarkan sebagai data yang hanya dapat kamu tambahkan, tidak dapat diambil atau diubah. Makanya istilah "chain" itu sendiri ada karena kamu membuat rantai data.

Selain itu, blockchain didorong oleh konsensus sehingga tidak ada satu entitas pun yang dapat mengendalikan data. Dengan blockchain, kamu tidak memerlukan pihak ketiga yang terpercaya untuk mengawasi atau memvalidasi transaksi.

Beberapa industri melibatkan dan mengimplementasikan blockchain. Seiring dengan meningkatnya penggunaan teknologi blockchain, demikian juga permintaan akan profesional yang terampil. Pengembang blockchain mengkhususkan diri dalam mengembangkan dan mengimplementasikan arsitektur dan solusi menggunakan teknologi blockchain. Gaji tahunan rata-rata pengembang blockchain adalah 469K rupee India atau INR 469 ribu  atau sekitar Rp 90 juta lebih.

Kalau kamu tertarik dengan blockchain dan aplikasinya serta ingin berkarier di teknologi yang sedang tren ini, inilah saat yang tepat untuk memulai. Untuk masuk ke blockchain, kamu harus memiliki pengalaman langsung tentang bahasa pemrograman, dasar-dasar OOPS, database datar dan relasional, struktur data, pengembangan aplikasi web dan jaringan.

Menguasai blockchain dapat membantumu meningkat di berbagai bidang dan industri seperti Analis Risiko, Arsitek Teknologi, Manajer Komunitas Crypto dan Insinyur Ujung Depan.

7. Internet of Things (IoT).

9 Tren teknologi 2021 ini wajib kamu ketahui berbagai sumber

foto: Pexels/@Pixabay

Tren teknologi baru yang juga menjanjikan adalah IoT. Banyak "hal" sekarang sedang dibangun dengan konektivitas Wi-Fi yang artinya mereka dapat terhubung ke Internet satu sama lain. Makanya dinamakan dengan Internet of Things (IoT). Internet of Things adalah masa depan dan telah memungkinkan perangkat, peralatan rumah tangga, mobil dan banyak lagi untuk terhubung dan bertukar data melalui Internet.

Sebagai konsumen, orang-orang sudah menggunakan dan mendapatkan manfaat dari IoT. Hal-hal keseharian yang dapat dilakukan misalnya mengunci pintu dari jarak jauh dan memanaskan oven dalam perjalanan pulang kerja, sambil melacak fitness kamu. Namun, bisnis juga memiliki banyak keuntungan sekarang dan dalam waktu dekat.

IoT dapat memungkinkan keamanan, efisiensi dan pengambilan keputusan yang lebih baik untuk bisnis saat data dikumpulkan dan dianalisis. Ini dapat mengaktifkan pemeliharaan prediktif, mempercepat perawatan medis, meningkatkan layanan pelanggan hingga menawarkan manfaat yang bahkan belum pernah terbayangkan.

Kerennya lagi, ini masih di tahap awal. Perkiraan menunjukkan bahwa pada tahun 2030 sekitar 50 miliar perangkat IoT ini akan digunakan di seluruh dunia, menciptakan jaringan besar perangkat yang saling terhubung mencakup segala hal mulai dari smartphone hingga peralatan dapur.

Pengeluaran global untuk Internet of Things (IoT) ini diperkirakan mencapai USD 1,1 triliun (lebih dari Rp 15 ribu triliun) pada tahun 2022. Teknologi baru seperti 5G diperkirakan akan mendorong pertumbuhan pasar di tahun-tahun mendatang.

Kalau kamu ingin menginjakkan kaki dalam teknologi yang sedang tren ini, kamu harus belajar tentang Keamanan informasi, AI dan dasar-dasar pembelajaran mesin, jaringan, antarmuka perangkat keras, analitik data, otomatisasi, pemahaman tentang sistem yang disematkan dan harus memiliki pengetahuan perangkat dan desain.

8. 5G.

9 Tren teknologi 2021 ini wajib kamu ketahui berbagai sumber

foto: Pexels/@Greta Hoffman

Tren teknologi berikutnya yang mengikuti IoT adalah 5G. Ketika teknologi 3G dan 4G memungkinkan kita menjelajahi internet, menggunakan layanan berbasis data, meningkatkan bandwidth untuk streaming di Spotify atau YouTube, dan banyak lagi, layanan 5G sendiri diharapkan dapat merevolusi kehidupan kita dengan mengaktifkan layanan yang mengandalkan teknologi canggih seperti AR dan VR, di samping layanan game berbasis cloud seperti Google Stadia, NVidia GeForce Now dan banyak lagi. Ini diharapkan dapat digunakan di pabrik, kamera HD yang membantu meningkatkan keselamatan dan manajemen lalu lintas, kontrol jaringan pintar dan juga ritel pintar.

Hampir setiap perusahaan telekomunikasi seperti Verizon, Tmobile, Apple, Nokia Corp, QualComm, sekarang bekerja untuk membuat aplikasi 5G. Layanan 5G diperkirakan akan diluncurkan di seluruh dunia pada tahun 2021 dengan lebih dari 50 operator menawarkan layanan di sekitar 30 negara pada akhir tahun 2021, menjadikannya tren teknologi baru yang harus kamu awasi.

9. Keamanan cyber.

9 Tren teknologi 2021 ini wajib kamu ketahui berbagai sumber

foto: Pexels/@Tima Miroshnichenko

Keamanan cyber mungkin tidak begitu tampak seperti teknologi yang sedang tren, tetapi teknologi ini berkembang sama seperti teknologi lainnya. Itu sebagian karena ancaman selalu baru.

Peretas jahat yang mencoba mengakses data secara ilegal tidak akan menyerah dalam waktu dekat dan mereka akan terus mencari cara untuk melewati tindakan keamanan terberat sekalipun. Itu juga sebagian karena teknologi baru sedang diadaptasi untuk meningkatkan keamanan. Selama kita memiliki peretas, keamanan cyber akan tetap menjadi teknologi yang sedang tren karena akan terus berkembang untuk bertahan melawan peretas tersebut.

Sebagai bukti kebutuhan kuat akan profesional keamanan cyber, jumlah pekerjaan keamanan cyber tumbuh tiga kali lebih cepat daripada pekerjaan teknologi lainnya. Selain itu, kebutuhan akan keamanan cyber yang tepat sangat tinggi sehingga pada tahun 2021 ini USD 6 triliun (lebih dari Rp 85 ribu triliun) akan dihabiskan secara global untuk keamanan cyber.

Walaupun bidang ini menantang, perlu dicatat juga bahwa keamanan cyber menawarkan pendapatan enam digit yang menguntungkan dan peran dapat berkisar dari Peretas Etis, Analis Malware, Insinyur Keamanan, Kepala Petugas Keamanan menawarkan jalur karier yang menjanjikan bagi seseorang yang ingin masuk dan bertahan dengan teknologi tren yang selalu populer ini.

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR