Brilio.net - Sudah menjadi kebutuhan setiap orang memiliki smartphone. Smartphone sendiri memiliki spesifikasi yang beragam guna menunjang kegiatan sehari-hari.

Karena itu, spesifikasi smartphone menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Salah satu spesifikasi mendasar adalah baterai.

Beberapa smartphone telah dilengkapi baterai dengan kapasitas yang besar, namun banyak pula di antaranya yang masih cepat habis. Salah satu cara untuk mengatasi baterai cepat habisadalah dengan menggunakan aplikasi yang dapat menghemat baterai.

Penasaran apa saja aplikasi tersebut? Berikut ulasan brilio.net tentang aplikasi penghemat baterai yang dihimpun dari berbagai sumber, Selasa, (18/1).

1. AccuBattery

Aplikasi penghemat baterai istimewa

foto: Play Store/AccuBattery

AccuBattery mengukur penggunaan baterai yang sebenarnya, dengan menggunakan informasi dari pengontrol pengisian daya baterai. AccuBattery juga menggunakan alarm pengisian daya untuk memperpanjang umur baterai. Yang tak kalah menarik, aplikasi ini mampu memeriksa seberapa cepat perangkatmu mengisi daya saat layar hidup atau mati serta mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya ponsel hingga penuh.

2. DU Battery Saver - Battery Charger & Battery Life

Aplikasi penghemat baterai istimewa

foto: Play Store/DU Battery Saver - Battery Charger & Battery Life

DU Battery Saver dapat memperpanjang masa pakai baterai dan mengoptimalkan pengaturan perangkat Anda. DU Battery Saver memiliki fitur one tap power optimisation.

Ini tentu akan memudahkan kamu dalam menggunakannya, sehingga kamu tidak perlu membuka tutup aplikasi tersebut. Kemudian Fitur Battery Cooler secara akurat menemukan suhu ponsel, menonaktifkan aplikasi penyebab panas, kemudian mendinginkannya.

3. Kaspersky Battery Life: Saver & Booster

Aplikasi penghemat baterai istimewa

foto: Play Store/Kaspersky Battery Life: Saver & Booster

Kaspersky, tidak hanya mengeluarkan aplikasi antivirus, tetapi juga aplikasi yang didesain untuk menghemat baterai. Aplikasi ini gratis, dan mampu secara otomatis memantau setiap aplikasi yang berjalan di perangkat milikmu. Aplikasi ini juga dapat memberikan prediksi yang lebih akurat terhadap baterai.

4. Green Battery Saver, Super Cleaner, App Lock

Aplikasi penghemat baterai istimewa

foto: Play Store/Green Battery Saver, Super Cleaner, App Lock

Merupakan aplikasi yang multifungsi. Aplikasi ini memiliki fungsi utama membuat baterai smartphone menjadi lebih hemat. Selain itu, ini juga berfungsi untuk membersihkan sampah di smartphone, sehingga dapat meningkatkan performa. Bahkan, aplikasi ini dapat mempercepat proses mengisi daya.

5. Fancy Battery - Battery Saver, Booster, Cleaner

Aplikasi penghemat baterai istimewa

foto: Play Store/Fancy Battery - Battery Saver, Booster, Cleaner

Fancy Battery merupakan aplikasi selanjutnya yang multifungsi. Selain dapat berfungsi sebagai penghemat daya. Aplikasi ini pun dapat membersihkan ponselmu dari virus.

Aplikasi ini juga dapat membersihkan notifikasi yang mungkin mengganggu. Selain itu, kamu juga dapat melindungi ponselmu melalui fitur App Lock yang disediakan.

6. Battery Saver-Ram Cleaner, Booster, Monitoring

Aplikasi penghemat baterai istimewa

foto: Play Store/Battery Saver-Ram Cleaner, Booster, Monitoring

Aplikasi ini merupakan aplikasi keenam yang pantas untuk dijajal. Aplikasi ini memiliki fitur utama penghemat baterai yang menyediakan pilihan mode pengoptimalan baterai dan mengelola aplikasi yang menguras baterai.

Dengan begitu umur dari baterai ponsel menjadi lebih panjang. Aplikasi ini juga akan terus memantau kondisi baterai sekaligus mendinginkan suhu baterai yang naik.

7. 300 Battery Life - Battery Repair & Battery saver

Aplikasi penghemat baterai istimewa

foto: Play Store/300 Battery Life - Battery Repair & Battery saver

Aplikasi selanjutnya adalah 300 Battery Life. Aplikasi ini dapat menghemat masa pakai baterai dengan menghentikan aplikasi yang menguras daya.

Ia juga mampu memeriksa kesehatan baterai ponsel. Aplikasi ini ringan, dan cepat yang sekaligus dapat meningkatkan daya hidup baterai. Yang tidak kalah penting ialah ia akan memberikan peringatan ketika baterai akan habis, sehingga kamu dapat mengaktifkan mode penghematan baterai.

8. Battery Guru: Battery Health

Aplikasi penghemat baterai istimewa

foto: Play Store/Battery Guru: Battery Health

Battery Guru menampilkan informasi penggunaan baterai, mengukur kapasitas baterai listrik (mAh), menunjukkan perkiraan, dan membantu mengubah kebiasaan pengisian daya yang dapat menghemat baterai.

Battery Guru menawarkan sistem penghematan baterai yang lebih canggih. Ia selalu memberikan pemberitahuan mengenai statistik baterai secara real time. Kamu juga dapat memilih untuk menampilkan indikator seperti suhu dan tingkat baterai sesuai keinginanmu.

9. dfndr battery: manage your battery life

Aplikasi penghemat baterai istimewa

foto: Play Store/dfndr battery: manage your battery life

Aplikasi kesembilan yang layak untuk dicoba adalah dfndr battery. Aplikasi ini akan menutup aplikasi tidak aktif yang berjalan di latar belakang, yang sering menghabiskan masa pakai baterai sekaligus memungkinkan kamu memilih aplikasi yang tetap aktif.

Selain itu juga dapat menghemat daya dengan mengatur kecerahan layar ponsel. Aplikasi ini juga akan menampilkan laporan mengenai kesehatan baterai secara rutin.

Reporter: Ferdian Ahya Al Putra