Brilio.net - Perkembangan teknologi telah membantu berbagai macam kegiatan manusia menjadi lebih mudah. Saat ini, terdapat beragam aktivitas yang memanfaatkan teknologi. Termasuk salah satunya adalah mendokumentasikan suatu kegiatan.

Dengan kecanggihan HP/smartphone yang ada saat ini, banyak pengguna yang kemudian mendokumentasikan kegiatan mereka dalam bentuk video menggunakan HP mereka. Kemudian, hasil dari dokumentasi video tersebut diedit, sehingga menjadi video yang lebih menarik.

Dulunya banyak pengguna yang mengedit video menggunakan laptop dan PC. Namun, saat ini banyak tersedia aplikasi pembuat video yang dapat diunduh dan digunakan di Android. Terdapat berbagai macam aplikasi yang tersedia secara gratis maupun premium dengan fitur-fitur yang lebih beragam.

Penasaran apa saja sih aplikasi tersebut? Berikut ulasan brilio.net dikutip dari berbagai sumber, Senin (17/1).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Video Maker 2022

Aplikasi buat video istimewa

foto: Play Store/Video Maker 2022

Ini merupakan aplikasi pembuat video yang menyediakan beragam fitur-fitur gratis. Terdapat lebih dari 50 efek transisi dan lebih dari 60 efek visual yang dapat kamu manfaatkan. Selain itu, kamu juga dapat mengatur rasio video dan memberikan tambahan filter yang lebih cinematic.

2. Video Maker Music Video Editor

Aplikasi buat video istimewa

foto: Play Store/Video Maker Music Video Editor

Aplikasi ini menyediakan beragam editing tools profesional yang dapat membantu dalam membuat maupun mengedit video. Aplikasi ini juga menawarkan berbagai macam musik yang telah berlisensi, sehingga aman untuk digunakan. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan subtitle hingga berbagai macam stiker yang lucu.

3. Video Editor & Maker - InShot

Aplikasi buat video istimewa

foto: Play Store/Video Editor & Maker - InShot

Aplikasi yang ketiga yang patut kamu coba adalah InShot. InShot memberimu kesempatan untuk membuat video, termasuk dari video-video yang masih mentah.

Melalui aplikasi ini, kamu dapat menambahkan berbagai macam filter menarik. Selain itu, kamu juga dapat memberikan efek animasi pada teks dan stiker.

4. VivaVideo - Video Editor&Maker

Aplikasi buat video istimewa

foto: Play Store/VivaVideo - Video Editor&Maker

VivaVideo dapat membantu membuat video dengan lebih mudah. Kamu dapat memotong video, menggabungkan video, dan mengedit video dengan musik.

Kamu juga dapat mengedit video dengan efek transisi keren, menambahkan stiker ke video, menambahkan teks ke video, dan sebagainya. Bahkan, VivaVideo juga dapat menghasilkan output video hingga 4K.

5. YouCut - Video Editor & Maker

Aplikasi buat video istimewa

foto: Play Store/YouCut - Video Editor & Maker

YouCut-Video Editor & Maker merupakan aplikasi pembuat dan pengedit video yang gratis. Kamu dapat membuat video tanpa watermark melalui aplikasi ini Bahkan, selama mengedit video, kamu tidak akan terganggu oleh iklan yang masuk. Kamu pun juga dapat mengatur warna dari video yang sedang dibuat dan fitur-fitur menarik lainnya.

6. VN Video Editor Maker VlogNow

Aplikasi buat video istimewa

foto: Play Store/VN Video Editor Maker VlogNow

VN dapat membantu untuk membuat video yang sederhana, tetapi kuat sebagai editor desktop. VN cocok baik untuk pengguna pemula maupun untuk profesional. Aplikasi ini menyediakan beragam fitur, dari fitur dasar seperti memotong dan menggeser video hingga fitur yang lebih canggih seperti animasi dan edit green screen. Selain itu, kamu juga dapat membagikan secara langsung hasil videomu melalui sosial media seperti Twitter, Facebook, dan YouTube.

7. PowerDirector - Video Editor

Aplikasi buat video istimewa

foto: Play Store/PowerDirector - Video Editor

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang memenangkan penghargaan Editors' Choice pada tahun 2021. Kamu dapat menambahkan musik, transisi, judul gerakan, efek, emoji, latar belakang, filter, dan lain-lain.

Bahkan, aplikasi ini memiliki fitur untuk menstabilkan video yang goyang. Yang tidak kalah menarik ialah output dari aplikasi ini dapat menghasilkan video dengan kualitas 4K.

8. Film Maker Pro - Movie Maker

Aplikasi buat video istimewa

foto: Play Store/Film Maker Pro - Movie Maker

Aplikasi ini menawarkan fitur editing yang sangat bagus untuk pemula maupun profesional. Fitur-fitur seperti efek transisi dan filter pun turut disediakan oleh aplikasi ini. Kamu juga dapat memanfaatkan template yang tersedia untuk membuat intro videomu. Salah satu fitur lain yang juga menarik adalah kamu dapat mengompres ukuran video, sehingga mampu menghemat penyimpanan.

9. Vlog video editor maker: VlogU

Aplikasi buat video istimewa

foto: Play Store/Vlog video editor maker: VlogU

Bagi kamu yang suka nge-vlog, aplikasi ini cocok untuk jadi alat editing untuk video-video vlogmu. Ini adalah aplikasi terbaik bagi kamu vlogger pemula, membuat video dengan mudah dan menarik.

Kamu dapat memotong, menggabungkan video sekaligus menambahkan teks di dalamnya. Kamu juga dapat membalik dan mempercepat video sesuai keinginan.

Reporter: Ferdian Ahya Al Putra

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/pep)