Brilio.net - Membuat karya video merupakan sebuah aktivitas yang cukup menyenangkan. Terlebih saat ini terdapat berbagai layanan penyedia tayangan video. Setiap orang bisa menampilkan karyanya dengan bebas, dan akan mendapatkan banyak apresiasi.

Demi mendapatkan hasil yang bagus, sebuah bahan video harus melalui proses editing. Mengedit video saat ini tentu sangat mudah dilakukan berkat kecanggihan teknologi. Bahkan dengan hanya berbekal sebuah smartphone, semua orang dapat membuat video layaknya profesional editor video.

Salah satu aplikasi penyedia layanan editing adalah Alight Motion. Platform ini cukup populer di kalangan pengguna smartphone, tablet, laptop, maupun PC. Ada berbagai keunggulan dan fitur yang dapat digunakan pada aplikasi ini. Berikut ulasan brilio.net mengenai aplikasi Alight Motion pada Rabu (16/3).

1. Tanpa watermark.

Aplikasi penyedia edit video sering menyematkan watermark terhadap hasil karya seseorang. Hal tersebut sedikit mengganggu dan membuat orisinalitas sebuah karya seakan berkurang. Namun pada aplikasi Alight Motion tidak memberikan watermark pada hasil video.

2. Dapat digunakan untuk berbagai format.

9 Keunggulan dan fitur aplikasi Alight Motion, punya interface simpel © berbagai sumber

foto: pixabay.com

Video bahan tentu memiliki banyak format file. Terlebih video yang direkam menggunakan kamera DSLR. Alight Motion dapat menampung berbagai format file video untuk diedit secara mudah.

3. Dapat mengedit beberapa video sekaligus.

Aplikasi Alight Motion dapat mengedit lebih dari video sekaligus. Dengan catatan perangkat yang digunakan memiliki RAM yang cukup. Pada aplikasi ini juga diberikan tabel untuk memilih video mana yang akan di edit terlebih dahulu.

4. Dapat mengekspor berbagai format file.

9 Keunggulan dan fitur aplikasi Alight Motion, punya interface simpel © berbagai sumber

foto: play.google.com

Selain dapat mengedit video dengan berbagai format, Alight Motion juga dapat digunakan untuk export hasil video dengan berbagai format. Seperti GIF, MP4 Video, Animation, PNG Squance, dan masih banyak lagi. Proses rendering video hasil edit juga tidak terlalu lama.

5. Dapat digunakan untuk membuat grafik vektor.

9 Keunggulan dan fitur aplikasi Alight Motion, punya interface simpel © berbagai sumber

foto: play.google.com

Alight Motion dapat difungsikan untuk membuat gambar bergerak grafik vektor. Pengguna dapat membuat sebuah karya dengan bentuk 2D dan 3D yang menarik. Bahkan hasilnya dapat dikostumisasi sesuai dengan selera.

6. Terdapat tutorial pengguna aplikasi.

Developer dari aplikasi Alight Motion memberikan kemudahan untuk pengguna dengan tutorial penggunaan yang diberikan. Terdapat langkah-langkah yang dijelaskan secara gamblang untuk para pemula. Selain itu aplikasi ini juga mempunyai sistem interface yang mudah simpel.

7. Bebas iklan.

Banyak aplikasi edit video gratis namun banyak iklan yang muncul. Namun berbeda dengan alight motion, aplikasi ini tidak memberikan iklan saat dalam penggunaannya. Dengan begitu pengguna akan merasa nyaman saat mengedit sebuah video.

8. Opsi efek berlimpah.

Keunggulan favorit yang ada pada aplikasi Alight Motion ada pada efek yang disediakan. Pengembang memberikan efek untuk diterapkan pada video secara update. Terdapat 1000 pilihan efek yang disediakan oleh pengembang. Dengan begitu pengguna tidak mudah bosan dengan efek yang itu-itu saja.

9. Audio yang lengkap.

Sebuah karya video tentu akan lebih menarik dengan penambahan audio. Pada aplikasi Alight Motion terdapat opsi audio yang cukup banyak dan lengkap. Pengguna dapat menambah berbagai audio, baik yang disediakan oleh developer, maupun audio unduhan pengguna.

Setelah mengetahui keunggulan dari Alight Motion, alangkah lebih baik juga perlu tahu tentang berbagai fitur yang disediakan. Berikut fitur-fitur yang ada pada aplikasi Alight Motion.

1. Keyframe animation.

9 Keunggulan dan fitur aplikasi Alight Motion, punya interface simpel © berbagai sumber

foto: play.google.com

Fitur ini dapat difungsikan untuk memberikan efek animasi yang keren. Kemudian fitur ini juga dapat digunakan untuk membantu pengguna membuat sebuah objek statis. Ditambah pengguna juga dapat mengelola pergerakan orbit dengan tampilan objek sesuai selera.

2. Blending modes.

9 Keunggulan dan fitur aplikasi Alight Motion, punya interface simpel © berbagai sumber

foto: play.google.com

Alight Motion mempunyai mode blending yang membantu pengguna untuk memberikan beberapa layer pada sebuah video. Bahkan opacity pada setiap layer dapat diubah sesuai selera. Ada berbagai preset yang disediakan oleh pengembang aplikasi ini.

3. Font yang berlimpah ruah.

Aplikasi Alight Motion mempunyai 2000 font yang siap diterapkan pada sebuah video yang diedit. Selain itu saat menuliskan sebuah teks, pengguna dapat memberikan ukuran, warna, dan letak yang dapat disesuaikan dengan mudah. Bahkan aplikasi ini juga mendukung penambahan font dari file eksternal.