Brilio.net - Setelah merilis Android 11 pada 2020 lalu, sekarang pengguna Android akan dimanjakan dengan adanya Android 12 yang akan diluncurkan pada Oktober mendatang dengan Beta 5 terakhir yang baru saja mendarat pada Rabu (8/9). Kabarnya, Google sedang menyelesaikan perubahan untuk versi Android 12 ini agar pengguna bisa memanfaatkan semua fiturnya dengan maksimal.

Jika terselesaikan dengan cepat, melayang kabar bahwa fitur-fitur tersebut beserta pembaharuan-pembaharuan lain akan diluncurkan akhir September ini. Alasannya karena 2 versi Android terakhir juga diluncurkan setiap September, jadi kita lihat saja apakah tahun ini akan dirilis di bulan yang sama atau tidak. Lagipula, lebih cepat lebih baik, kan?

Beberapa model handphone yang bisa menikmati fitur-fitur di Android 12 antara lain, Samsung Galaxy S21 (beserta rangkaian tipe Samsung Galaxy), Asus (Zenfone 8), Google (Pixel 3 dan terbaru), OnePlus (OnePlus 9 dan 9 Pro), Oppo (Find X3 Pro), Realme (Realme GT 5G), Sharp, Tecno (Camon 17), TCL (TCL 20 Pro 5G), Vivo (iQOO 7 Legend), Xiaomi (Mi 11, Mi 11 Ultra, Mi 11I, Mi 11X Pro), dan ZTE (Axon 30 Ultra 5G).

Untuk mengetahui fitur-fitur terbarunya, yuk simak sembilan poin di bawah ini yang dirangkum oleh brilio.net dari situs resmi Android Developer serta berbagai sumber lain, Kamis (23/9).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. UI baru.

9 Fitur canggih terbaru Oktober 2021 berbagai sumber

foto: Android Developer

Pengguna Android 12 akan disuguhkan dengan sistem yang menarik dengan warna aksen dari wallpaper untuk tema ringan dan tampilan yang lebih terpadu. Dengan UI yang baru, pengguna juga bisa menikmati kebebasan untuk mengubah sendiri Material You, plus ada juga perubahan pada notifikasi dan Quick Settings.

Tidak hanya itu, Widget juga mendapatkan perubahan di Android 12 dan Google memastikan aplikasi ini terlihat besar, bulat, dan informatif.

2. Performa dan efisiensi daya yang lebih baik.

9 Fitur canggih terbaru Oktober 2021 berbagai sumber

foto: Android Developer

Untuk memberi kepuasan pada penggunanya, Google mengatakan bahwa segala sesuatunya harus lebih lancar di Android 12 ini. Secara khusus, Google mengklaim telah mengurangi waktu CPU yang dibutuhkan untuk layanan sistem inti hingga 22% dan penggunaan core besar oleh server sistem hingga 15%. Ini akan menghasilkan lebih banyak respons dalam penggunaan sehari-hari serta masa pakai baterai yang lebih lama.

Terlebih lagi, Android 12 beta secara khusus memiliki fitur yang dirancang untuk memastikan kesehatan baterai jangka panjang. Ponsel yang dicolokkan untuk waktu yang lama akan dibatasi hingga 80%. Ponsel yang terlalu panas juga akan memiliki kecepatan pengisian daya yang dibatasi untuk membantu menjaga suhu baterai tetap terkendali.

3. Screenshot bisa di-scroll.

Fitur ini merupakan salah satu fitur yang dinanti banyak pengguna Android. Di Android 12, pengguna sudah akan bisa menikmati fitur ini untuk menangkap gambar layar mereka secara memanjang. Tangkapan layar bergulir ini tersedia di Android 12 beta ketiga.

4. Bisa dijadikan remote.

Salah satu keunggulan dari Android 12 adalah kemampuan dalam menggunakannya sebagai alat pengontrol. Ponsel kamu akan bisa berfungsi ganda sebagai remote TV, yang setidaknya untuk perangkat OS Android TV termasuk yang mendukung Google TV, seperti Chromecast dengan Google TV.

5. Integrasi yang lebih baik dengan Chromebook.

Dalam rencananya, Google akan mengizinkan penggunanya masuk ke Chromebook dari ponsel yang menjalankan Android 12. Selain itu, pesan masuk juga dapat muncul di Chromebook dan pengguna bisa mengakses foto yang diambil dengan ponsel Android 12 dari Chromebook.

6. Peningkatan putar otomatis.

Tidak hanya meningkatkan rotasi otomatis menjadi lebih cepat dan lancar, Google juga telah menambahkan sistem berbasis wajah. Pada dasarnya, dengan menggunakan AI, ponsel pengguna akan mendeteksi apakah dia sedang berbaring atau tidak. Jika sedang dalam keadaan berbaring, maka ponselnya tidak akan berputar secara otomatis (dibandingkan jika pengguna berdiri tegak dan memutar ponsel). Sekilas terdengar aneh, tapi ini cukup menarik untuk dicoba.

7. Live space.

9 Fitur canggih terbaru Oktober 2021 berbagai sumber

foto: Android Developer

Di fitur ini Widget akan berkembang lebih dari sekadar informasi cuaca dan kalender. Google berencana menambahkan info toko dan pembayaran berdasarkan lokasi, rekomendasi media, dan info terkait saham, olahraga, dan sejenisnya.

8. Dasbor game.

9 Fitur canggih terbaru Oktober 2021 berbagai sumber

foto: Android Developer

Setelah sekian lama, Google akhirnya menganggap serius game Android. Dasbor baru ini menawarkan akses cepat ke perekaman layar, tangkapan layar, pengukur FPS, saklar DND, pintasan ke streaming YouTube, widget Play Game, dan menu pengoptimalan game.

9. Mode satu tangan vs gesekan untuk notifikasi.

Google menambahkan mode satu tangan ke Android 12 cukup awal, yang dapat pengguna picu dengan menggesek ke bawah di dekat bilah navigasi (seperti pada iPhone). Tetapi Google juga menambahkan pintasan untuk menurunkan bayangan pemberitahuan untuk ponsel yang tidak memiliki sensor sidik jari yang dipasang di belakang. Kedua pintasan ini saling bertentangan, jadi Google kini telah menggabungkan dua opsi ini ke dalam satu menu.

-

INFOGRAFIS FITUR ANDROID 12 © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS FITUR ANDROID 12-© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan

-

 

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR