Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Gadget
Nur Luthfiana Hardian (brl/gib)

15 Juni 2019 05:01

9 Cara mengatasi agar HP tidak cepat panas

Dijamin bikin HP-mu awet dan tak cepat rusak.

9 Cara mengatasi agar HP tidak cepat panas

View Image



Brilio.net - Di era modern saat ini, siapa sih yang nggak suka mengutak atik bermain HP? Saking asyiknya berselancar menggunakan ponsel, kerap kali kamu sampai lupa waktu. Apalagi saar kerap digunakan HP-mu menjadi cepat panas. Pernah mengalami, kan?

Kasus panasnya HP ini terjadi karena temperatur baterai ponsel naik. Ponsel menjadi hangat bukan alasan untuk khawatir, perangkat HP memang dirancang untuk bekerja seperti itu. Tetapi jika rasa panas sudah mulai tinggi, tanganmu sudah bisa merasakan panas seperti terbakar, maka kamu harus waspada.

Semakin panas ponsel, maka kerja HP akan semakin berat dan berdampak buruk pada baterai HP itu sendiri. Kalau dibiarkan terus menerus, dampak buruknya akan cepat merusak perangkat secara permanen. Jika HP-mu sering mengalami panas berlebih, bisa jadi karena sejumlah alasan. Sebagian besar terkait dengan kelebihan perangkat keras.

Pada dasarnya produsen HP sudah merancang sedemikian rupa agar ponsel tidak mudah panas. Mereka mencoba mengantisipasinya dengan berbagai cara, misalnya dengan meningkatkan kualitas ponsel dan menghadirkan sistem pendingin. Namun ada cara tersendiri yang bisa kamu lakukan untuk bisa mencegah baterai HP cepat panas. Penasaran kan, gimana aja caranya?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (14/6), berikut beberapa tips mengatasi agar HP-mu tak cepat panas. Dengan demikian HP-mu juga akan awet dan tak cepat rusak.

Loading...

1. Hindari sinar matahari langsung ke ponselmu.

Cara mengatasi HP tidak cepat panas pixabay

foto: pixabay

Meski kamu ingin selalu mengakses ponsel di mana saja, namun itu buruk bagi HP. Ponsel dapat menangkap cahaya dan panas dari matahari dan mempertahankannya di dalam. Menghindari sinar matahari langsung dan panas adalah cara termudah untuk mencegah ponsel kepanasan.

2. Matikan aplikasi dasar yang tidak digunakan.

Cara mengatasi HP tidak cepat panas pixabay

foto: brilio.net

Membiarkan aplikasi yang tidak kamu gunakan tetap berjalan di latar belakang, dapat menguras baterai dan menambah panas pada ponsel. Contohnya pada iPhone, yang harus kamu lakukan hanyalah menekan tombol beranda dua kali dan menghapus aplikasi.

Cara ini tidak hanya menghemat baterai tetapi juga dapat mengurangi kerasnya mesin ponsel bekerja.

3. Jangan naikkan kecerahan HP.

Cara mengatasi HP tidak cepat panas pixabay

foto: brilio.net

Sama seperti menjalankan aplikasi latar belakang, menaikkan kecerahan ponsel akan memaksa baterai untuk bekerja lebih keras. Alih-alih menaikkan kecerahan, pada akhirnya layar HP-mu akan terlalu silau. Kamu bisa setting secukupnya agar matamu juga tak cepat lelah.

4. Matikan HP saat tidak dipakai.

Cara mengatasi HP tidak cepat panas pixabay

foto: unsplash

Saat kamu tidak sedang menggunakan ponsel, matikan ke mode pesawat atau matikan penuh mesin HP-mu. Dua opsi ini memudahkan dirimu untuk bisa menghemat baterai dan mencegahnya memanas.

Saat ponsel dalam keadaan mati, seluruh proses kegiatan ponsel akan mati. Cara ini paling cepat untuk menurunkan temperatur HP. Selain itu juga berfungsi mengembalikan kecepatan kerja aplikasi ketika HP dibuka.

5. Lepaskan casing HP.

Cara mengatasi HP tidak cepat panas pixabay

foto: Instagram/@tamiahstore

Jika ponsel milikmu panas, casing HP juga menahan panas. Melepaskan casing akan memungkinkan ventilasi panas telepon untuk melakukan pekerjaan mereka sepenuhnya tanpa harus dihalang-halangi oleh benda yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Ini akan membantu ponsel menjadi lebih cepat dingin.

6. Pisahkan ponsel dari gadget lainnya.

Cara mengatasi HP tidak cepat panas pixabay

foto: unsplash

Saat kamu tidak sedang memakai HP, jangan simpan ponsel dengan gadget lainnya. Menyimpan ponsel, tablet, dan komputer atau laptop dalam satu tempat (bahkan lebih buruk lagi, ditumpuk di dalam tas) memungkinkan baterai HP akan cepat panas. Pisahkan barang-barang itu agar kamu tetap tenang.

7. Kelola penyimpanan ponsel.

Cara mengatasi HP tidak cepat panas pixabay

foto: airmore

Terlalu banyak file dan aplikasi yang tersimpan di ponsel juga dapat menyebabkan masalah panas berlebih. Dalam hal ini, kamu perlu memeriksa jenis file apa yang terlalu banyak memakan penyimpanan ponsel. Kamu dapat pergi ke Setting/Pengaturan untuk melihat penyimpanan dan menghapus beberapa data yang tidak diperlukan lagi. Jangan lupa back up atau selamatkan data-data pentingmu untuk dipindahkan ke komputer/laptopmu.

8. Cabut charger saat ingin menggunakan HP.

Cara mengatasi HP tidak cepat panas pixabay

foto: pixabay

Saat kamu masih tetap ingin menggunakan HP, hindari bersamaan saat kamu sedang mengisi baterai. Panas yang dikeluarkan HP saat di-charge sangat berbahaya untuk mesin HP-mu sendiri. Ingat kasus ada HP meledak gara-gara masih dimainkan padahal sedang dalam keadaan di-charge?

9. Letakkan ponsel di tempat dingin.

Cara mengatasi HP tidak cepat panas pixabay

foto: Instagram/@eko_herowati

Jangan letakkan ponsel di sekitar tempat yang panas atau di samping perangkat lain yang sedang berjalan. Meletakkan ponsel di tempat yang dingin tidak berarti memasukkannya ke lemari es, karena itu juga akan menyebabkan kerusakan pada ponsel, terutama mesinnya.

Namun, kamu dapat mendinginkan ponsel dengan meletakkannya di depan kipas angin, ventilasi AC, atau di atas lantai yang dingin. Selamat mencoba!

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Gadget Smartphone Handphone Baterai
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE