Brilio.net - Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan masyarakat. Melalui Instagram, orang-orang dapat saling melihat dan membagikan foto, video, IGTV, hingga instastory.

Para pemilik usaha pun dapat mempromosikan produknya melalui Instagram. Bahkan, Instagram seringkali dijadikan media sosial rujukan bagi para pelanggan untuk melihat-lihat produk yang dijual.

Supaya dapat meningkatkan pendapatan, mempromosikan produk atau jasa usaha di Instagram dapat menjadi hal yang sangat penting. Alasannya adalah orang-orang jadi bisa memahami produk yang ditawarkan beserta informasi lengkap mengenai produk tersebut. Meskipun memiliki beragam manfaat, para pemilik usaha harus pintar-pintar mencari cara agar produknya dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (10/6), cara efektif untuk mengiklankan produk di Instagram.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Menggunakan hashtag.

Cara iklan produk di Instagram © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Hashtag atau tagar merupakan salah satu cara untuk mengiklankan produk di Instagram. Hashtag dapat memudahkan banyak orang untuk menemukan produk atau topik yang mereka minati.

Dengan menggunakan hashtag, harapannya ada banyak orang baru yang tertarik untuk melihat produk yang dimiliki. Memilih hashtag pun tidak bisa sembarangan, perhatikan kata kunci yang akan digunakan dalam hashtag. Usahakan kata kunci tersebut menggambarkan foto/video yang diposting, populer dan paling banyak dicari di Instagram, serta sesuai dengan bisnis yang akan dipromosikan.

2. Perhatikan waktu posting.

Cara iklan produk di Instagram © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Meskipun terbilang mudah, posting produk yang bisa menjangkau banyak orang ternyata tidak bisa dilakukan kapan saja. Mengutip Liputan6, waktu terbaik untuk posting konten produk, yakni 02.00 dini hari dan pukul 17.00 sore. Sedangkan waktu yang kurang baik untuk posting foto adalah pukul 09.00 pagi dan pukul 18.00.

Pada pukul 02.00 dan 17.00, banyak orang yang akan membuka Instagram, tetapi tidak mengupload foto. Sehingga, orang-orang akan melihat dan tertuju pada konten yang diupload pada jam tersebut.

Tak hanya jam upload saja, ternyata ada pula hari terbaik dan mendapatkan banyak perhatian dari pengguna Instagram, yakni Rabu. Meskipun demikian, tak menutup kemungkinan apabila masih banyak orang-orang yang bisa dijangkau dengan postingan di hari lain.

3. Lengkapi bio Instagram.

Cara iklan produk di Instagram © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Para pengguna sangat memperhatikan akun Instagram dari produk yang ia inginkan. Untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan, maka lengkapilah bio Instagram dengan informasi yang singkat, padat, jelas, serta dapat merepresentasikan usaha/produk yang ditawarkan.

4. Percantik tema Instagram.

Cara iklan produk di Instagram © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Untuk membuat pelanggan betah mengunjungi akun Instagram, maka buatlah desain dengan tema atau konsep yang rapi dan enak dipandang mata. Jangan sampai memposting foto atau video dengan tidak berurutan dan berantakan karena pelanggan dapat menilai bahwa akun Instagram tersebut kurang profesional dan tidak terpercaya.

Tema yang terkonsep ini tentu saja tidak hanya indah secara estetika saja, tetapi juga dapat menawarkan produk dengan menarik. Walaupun tujuan utamanya adalah mempromosikan produk, tapi jangan selalu memposting produk karena pelanggan atau followers dapat merasa jenuh. Supaya mereka tidak jenuh dan kontennya makin bervariasi, maka bisa diberikan konten edukasi atau tips-tips yang masih berkaitan dengan produk yang dipromosikan.

5. Tuliskan link produk.

Cara iklan produk di Instagram © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Apabila produk tak hanya dipromosikan di akun instagram dan dijual pula di e-commerce lain, maka bisa ditambahkan link produk di bio Instagram. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan, serta membantu pelanggan untuk makin mengenal produk.

6. Berikan testimoni pelanggan sebelumnya.

Cara iklan produk di Instagram © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Jika usaha mulai berjalan, jangan lupa minta testimoni dari pelanggan sebelumnya untuk diposting di akun instagram. Testimoni atau review produk dari pelanggan sebelumnya sangat berguna untuk membangun kepercayaan pada pelanggan berikutnya bahwa produk yang dipromosikan memiliki kualitas baik dan dilayani dengan ramah.

Testimoni dari pelanggan terkadang terlihat kurang estetik apabila diposting di feed Instagram. Oleh karena itu, dapat pula menambahkan testimoni di story dan buatlah highlight dengan konsep menarik.

7. Endorsement.

Cara iklan produk di Instagram © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Endorsement merupakan cara mempromosikan produk lewat akun influencer yang memiliki banyak followers. Dengan mengiklankan produk pada influencer, para followers dapat melihat barang yang digunakan sang influencer dan tertarik untuk membeli.

Untuk memilih influencer tentu saja tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Pilihlah influencer yang memiliki banyak followers, memiliki interaksi dan ketertarikan yang tinggi bagi para followersnya, serta dapat mengiklankan produk dengan efektif.

8. Menggunakan paid promote.

Cara iklan produk di Instagram © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Mirip dengan endorsement, paid promote juga mempromosikan produk dan akun instagram dari usaha yang dimiliki. Bedanya, paid promote tidak menampilkan seseorang yang akan mempromosikan produk. Paid promote akan mempromosikan produk melalui akun Instagram tertentu dengan jumlah followers yang besar.

Biasanya, akun yang melakukan paid promote akan menawarkan paket untuk melakukan promosi melalui story, feed, atau keduanya sesuai harga yang ditetapkan. Dengan melakukan paid promote, maka produk bisa lebih dikenal lebih luas dan menjangkau orang-orang yang baru.

9. Instagram ads.

Cara iklan produk di Instagram © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Untuk menggunakan fitur Instagram Ads, ubahlah status akun Instagram pribadi menjadi akun Instagram Bisnis. Berikut langkah-langkah melakukan promosi dengan instagram ads:

- Buka bagian profil.

- Ketuk postingan yang ingin dipromosikan.

- Klik tulisan "promosikan" di bawah gambar postingan.

- Lalu isi informasi dengan detail, misalnya tempat yang akan dijangkau, usia yang akan melihat promosi produk, anggaran untuk beriklan, dan durasi promosi.

- Ketuk "berikutnya", kemudian akan diminta untuk menautkan akun instagram dengan halaman facebook. Apabila ingin melewati proses tersebut bisa klik "lewati"

- Untuk menyelesaikan promosi, ketuk "Buat Promosi dalam Tinjauan".

- Promosi akan ditinjau kembali oleh instagram, kemudian baru akan ditayangkan setelah peninjauan selesai.

RECOMMENDED BY EDITOR