Brilio.net - Kebanyakan pengguna PC atau komputer memanfaatkan tangkap layar menggunakan aplikasi screenshot bawaan dari Windows, yaitu Snipping Tool. Untuk Windows versi teranyar, aplikasi tersebut berubah nama menjadi Snip & Sketch.

Tentunya aplikasi screenshot ini sangat bermanfaat untuk menangkap pada layar komputer. Terlebih setelah melakukan screenshot, pengguna dapat memotong hingga mengedit hasil tangkapan layar tersebut setelah menggunakan Snip & Sketch.

Namun apabila pengguna hendak menangkap layar panjang, seperti ingin melakukan screenshot lebih dari satu halaman (scrolling screenshot) apakah bisa? Tenang saja, karena kini ada banyak aplikasi screenshot panjang yang dikhususkan untuk pengguna PC dan laptop.

Tanpa berlama-lama lagi dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (13/12), berikut sembilan aplikasi screenshot panjang untuk menangkap layar lebih dari dimensi yang ditampilkan layar komputer.

1. ShareX.

9 Aplikasi tangkap layar panjang PC © 2021 brilio.net

foto: ShareX

Bisa diunduh secara gratis, ShareX merupakan aplikasi Open Source yang sangat andal dimanfaatkan sebagai aplikasi scrolling screenshot. Aplikasi ini juga sangat terkenal di kalangan streaming gamer karena kemudahannya dalam merekam tampilan layar, membuat GIF, dan lain sebagainya.

Dengan memakan ruang memori yang nggak banyak, ShareX bisa kamu jadikan untuk aplikasi menangkap layar pada PC kamu.

2. PicPick.

9 Aplikasi tangkap layar panjang PC © 2021 brilio.net

foto: PicPick

Selanjutnya, ada aplikasi scrolling screenshot bernama PicPick. Aplikasi ini menanamkan fitur tangkap layar yang andal, seperti screenshot panjang hingga menangkap layar dari berbagai area yang dipilih pengguna.

3. Screenshot Captor.

9 Aplikasi tangkap layar panjang PC © 2021 brilio.net

foto: screenshot-captor.id.uptodown.com

Yang ketiga, Screen Captor juga bisa dijadikan opsi alternatif untuk kamu yang hendak menangkap layar panjang pada PC. Dengan ukuran hanya 8 MB saja, kamu dapat melakukan long screenshot dengan beberapa fitur tambahan seperti banyak tools yang disediakan: frame, blur, watermark, border, dan lain sebagainya.

4. Apowersoft Screen Capture Pro.

9 Aplikasi tangkap layar panjang PC © 2021 brilio.net

foto: Apowersoft Screen Capture Pro

Screenshot panjang yang sangat ampuh selanjutnya adalah Apowersoft Screen Capture Pro. Selain untuk menangkap layar, aplikasi ini bisa digunakan untuk merekam tampilan layar kamu, lho. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk screenshot gambar dalam bentuk kotak, layar penuh, dan tentu saja long screenshot.

5. Snagit.

9 Aplikasi tangkap layar panjang PC © 2021 brilio.net

foto: techsmith.com

Selanjutnya, Snagit juga dapat dijadikan pilihan pas untuk menangkap layar panjang. Tak hanya itu, kamu juga bisa membuat tangkapan layar tersebut untuk dijadikan video, lho.

Sayangnya, pengguna harus mengeluarkan dana untuk dapat menikmati aplikasi screenshot panjang ini sebesar $ 49.99 atau Rp 720 ribu. Namun, kamu bisa menikmati aplikasi ini dengan versi percobaan atau trial-nya.

6. Greenshot.

9 Aplikasi tangkap layar panjang PC © 2021 brilio.net

foto: cnet

Greenshot merupakan aplikasi screenshot panjang yang bisa kamu manfaatkan bila memakai Internet Explorer. Dengan ukuran yang sangat ringan 1,7 MB, kamu bisa dengan mudah melakukan tangkapan layar panjang.

7. Tweakshot.

9 Aplikasi tangkap layar panjang PC © 2021 brilio.net

foto: tweaking.in

Diciptakan oleh Tweaking Technologies India, Tweakshot merupakan aplikasi Screen Capture komputer yang menyediakan hingga enam fitur inti. Fitur-fitur tersebut di antaranya adalah menangkap layar, merekam, hingga menangkap warna pada layar komputer.

8. iFun Screenshot.

9 Aplikasi tangkap layar panjang PC © 2021 brilio.net

foto ilustrasi: downzen.com

Aplikasi scrolling screenshot yang dapat diunduh secara gratis, iFun Screenshot merupakan aplikasi yang sederhana untuk dioperasikan. Sama seperti aplikasi screenshot sebelumnya, iFun Screenshot mengusung fitur canggih seperti dapat melakukan tangkapan layar, mengatur dan mengedit frame, membuat garis, hingga menampilkan tulisan.

9. Firefox Quantum.

9 Aplikasi tangkap layar panjang PC © 2021 brilio.net

foto: mozilla.org

Sesuai dengan namanya, Firefox Quantum merupakan aplikasi screenshot panjang besutan browser Mozilla Firefox. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menelusuri website-website sambil melakukan screenshot panjang tanpa aplikasi extension. Cara aksesnya cukup mudah, tinggal klik tiga garis mendatar > More Tools > Customize Toolbar > Screenshot.

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/tin)