Brilio.net - Smartphone saat ini telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Kehadiran smartphone kini telah membantu dan mempermudah berbagai macam kegiatan manusia.

Terdapat berbagai aplikasi yang dapat digunakan sebagai alat untuk menunjang berbagai kegiatan, mulai dari hobi hingga pekerjaan. Aplikasi-aplikasi tersebut banyak tersedia secara gratis, sehingga pengguna dapat menghemat biaya dalam melakukan kegiatan tertentu. Pada perkembangannya, salah satu aplikasi yang penting untuk dimiliki seseorang adalah perekam suara.

Aplikasi perekam suara dapat membantu penggunanya dalam berbagai hal. Baik hanya digunakan untuk sekadar merekam suara mereka menyanyi, atau digunakan untuk merekam wawancara dalam konteks pekerjaan.

Sejatinya setiap smartphone memiliki aplikasi perekam suara bawaan. Namun, terkadang masih terdapat keterbatasan fitur yang dimilikinya. Oleh karena itu, penting untuk memiliki aplikasi perekam yang lebih canggih dengan fiturnya yang lebih beragam.

Berikut brilio.net telah merangkum 9 aplikasi perekam suara yang dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (19/1). Penasaran apa saja? berikut rangkumannya.

 

1. Samsung Voice Recorder

Perekam Suara © 2022 brilio.net

foto: Play Store/Samsung Voice Recorder

Samsung Voice Recorder merupakan aplikasi yang dirancang untuk memberikan pengalaman merekam yang mudah dan luar biasa dengan suara berkualitas tinggi. Samsung Voice Recorder juga menawarkan kemampuan pemutaran dan pengeditan. Saat merekam suara, terkadang ada panggilan yang masuk. Namun, dengan aplikasi ini, kamu dapat menolak panggilan suara yang masuk, sehingga tidak mengganggu proses rekaman.

2. Voice Recorder

Perekam Suara © 2022 brilio.net

foto: Play Store/Voice Recorder

Aplikasi yang selanjutnya ini merupakan salah satu aplikasi perekam suara terbaik dengan kualitas suara yang jernih. Voice Recorder memiliki user interface yang sederhana, sehingga mudah untuk digunakan. Hasil dari rekaman tersedia dalam format Mp3 dan ogg.

3. Easy Voice Recorder

Perekam Suara © 2022 brilio.net

foto: Play Store/Easy Voice Recorder

Easy Voice Recorder adalah aplikasi yang dapat membantumu untuk merekam rapat, membuat catatan pribadi, kelas, lagu, dan dan sebagainya. Kamu dapat merekam ke PCM dan MP4 dengan kualitas tinggi. Atau dapat pula menggunakan AMR untuk menghemat ruang. Kamu pun dapat menentukan tema aplikasi, baik cerah maupun gelap sesuai dengan keinginanmu.

4. Smart Recorder – High-quality voice recorder

Perekam Suara © 2022 brilio.net

foto: Play Store/Smart Recorder – High-quality voice recorder

Smart Recorder adalah aplikasi perekam audio gratis dan mudah digunakan untuk Android. Aplikasi ini telah dirancang khusus untuk perekaman berkualitas tinggi dan lama dengan. Selain itu, aplikasi ini memiliki antarmuka pengguna yang bersih dan sederhana, sehingga memudahkan untuk menggunakannya.

5. Dolby On: Record Audio & Music

Perekam Suara © 2022 brilio.net

foto: Play Store/Dolby On: Record Audio & Music

Dolby On menawarkan fitur yang mampu mengubah ponselmu menjadi alat perekam yang hebat hanya dengan satu ketukan. Kamu dapat merekam lagu, suara, instrumen, podcast, latihan, memo suara, ide, lirik, ketukan, dan sebagainya melalui aplikasi ini. Dolby On adalah aplikasi perekaman gratis dengan teknologi audio Dolby yang canggih, sehingga menghasilkan rekaman dengan kualitas tinggi.

6. Audio Recorder and Editor

Perekam Suara © 2022 brilio.net

foto: Play Store/Audio Recorder and Editor

Audio Recorder and Editor adalah aplikasi selanjutnya yang layak dicoba. Aplikasi ini mampu merekam dan mengedit file audio berkualitas tinggi. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk memundurkan saat merekam. Selain itu, ini juga memungkinkanmu untuk menggabungkan, memangkas, dan mengonversi file audio, mencampur dua file audio, meningkatkan atau mengurangi volume rekaman, menambahkan gema, menyesuaikan nada dan kecepatan.

7. Audio Recorder

Perekam Suara © 2022 brilio.net

foto: Play Store/Audio Recorder

Audio Recorder adalah aplikasi open source yang memudahkan merekam audio. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur menarik seperti pemutaran rekaman, format perekaman yang didukung M4A, WAV dan 3GP, dan dapat mengatur laju sampel dan laju bit rekaman. Ini juga memiliki tema yang berwarna sehingga dapat membuatmu lebih nyaman saat memakainya.

8. Voice Recorder & Voice Memos - Voice Recording App

Perekam Suara © 2022 brilio.net

foto: Play Store/Voice Recorder & Voice Memos - Voice Recording App

Voice Recorder & Voice Memos adalah aplikasi perekam audio dan suara yang mudah digunakan dan gratis yang membantu merekam audio catatan rapat, wawancara, pidato, pelajaran, dan sebagainya. Kamu juga dapat menggunakannya untuk membuat voice over. Aplikasi ini cocok untuk staf, anak sekolah, musisi, dan sebagainya.

9. Voice Recorder Pro

Perekam Suara © 2022 brilio.net

foto: Play Store/Voice Recorder Pro

Voice Recorder Pro adalah perekam suara gratis, memiliki fitur lengkap, dirancang dengan indah, dan mudah digunakan. Aplikasi ini menyediakan rekaman berkualitas tinggi tanpa batas waktu (hanya dibatasi oleh ukuran memori).

Kamu dapat menggunakannya untuk berbagai kesempatan mulai dari merekam catatan suara dan memo, rapat bisnis, wawancara, kuliah, pidato, konser, hingga obrolan sambil tidur. Kamu juga dapat menyimpannya dalam berbagai format audio.

Reporter: Ferdian Ahya Al Putra