Brilio.net - Menemukan pilihan makanan halal jauh lebih mudah sekarang, dibandingkan dengan dulu. Saat ini banyak negara non-Muslim menyediakan makanan halal di supermarket atau restoran. Di hotspot wisata juga makanan halal sudah tak terbatas lagi jumlahnya. Banyak terdapat toko kebab halal misalnya. Tidak ada keraguan lagi, kamu bisa leluasa memilih makanan halal apa yang diinginkan.

Dilansir dari mysalaam, internet punya peranan penting dalam hal ini. Di dalamnya terdapat puluhan atau bahkan hingga ratusan blog orang tersedia. Di mana di dalamnya konsumen Muslim bisa menemukan makanan halal dengan mudah. Itu belum semuanya, ada juga aplikasi yang menyediakan jasa pelayanan makanan halal. Menariknya lagi, aplikasi ini bisa digunakan di mana saja.

Apalagi ketika kamu sedang berada di luar negeri. Mulai dari negara Jepang, Eropa, Inggris, Amerika Serikat, dan negara lainnya. Seiring berjalannya waktu, berbagai aplikasi penyedia makanan halal pun mulai berkembang. Contohnya ialah aplikasi HalalEat, portal makanan take away pertama dan terkemuka di Inggris. Dengan aplikasi ini, kamu nggak perlu repot-repot keluar. Cukup pesan dari aplikasi, lalu makanan akan diantar. Saat ini tercatat HalalEat sudah melayani lebih dari 1,1 juta orang.

Nah, aplikasi apa saja aplikasi makanan halal itu? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (10/1).

1. Halal Advisor.

Loading...

Aplikasi pencarian makanan halal freepik.com

foto: play.google

Pendiri aplikasi ini, Aladdin Moukhallalati didorong untuk menciptakan 'Halal Advisor' pada 2016. Setelah diadakan sensus di Australia, yang menyatakan penduduk Muslim mulai berkembang dan meningkat secara signifikan.

"Saya seorang Muslim dan [saya] selalu berusaha mencari makanan halal untuk dimakan ketika saya sedang bekerja atau dengan teman-teman, bersosialisasi," katanya dilansir brilio.net dari The Daily Telegraph.

Nggak hanya penghuni asli saja yang bisa menikmati aplikasi ini, melainkan para wisatawan yang sedang berada di luar negeri, terutama di Australia.

"Memiliki aplikasi ini berarti saya tidak perlu menelepon atau berjalan ke restoran untuk bertanya apakah ada sesuatu di menu yang bisa saya makan," lanjutnya.

Dengan aplikasi yang saat ini mendaftar lebih dari 2.000 restoran halal, Halal Advisor telah menjadi aplikasi makanan Halal nomor satu di Australia, menampilkan pilihan takeaway, santapan, dan pengiriman.

2. Zabihah.

Aplikasi pencarian makanan halal freepik.com

foto: play.google

Panduan aplikasi ini bisa kamu gunakan saat berada di negara Amerika Serikat. Dengan aplikasi ini, seolah membuatmu membawa database restoran halal dan toko bahan makanan terlengkap ke perangkat genggamanmu. Aplikasi ini didirikan oleh Shahed Amanullah pada 1998. Aplikasi ini nggak hanya berguna untuk mencari makanan halal saja, tapi bisa juga dipakai untuk mencari masjid, pasar, dan bahkan toko kelontong.

Aplikasi ini juga menawarkan opsi untuk meninggalkan ulasan. Untuk mencari tahu lebih lanjut tentang keaslian halal atau sertifikasi penawaran tertentu, serta mengetahui jam kerja, harga, dan peringkat atau penilaian dari tempat tersebut.

3. Scan Halal.

Aplikasi pencarian makanan halal freepik.com

foto: play.google

Scan Halal memberikan kemudahan yang menjanjikan untuk para pengguna. Dengan aplikasi ini, kamu nggak akan berakhir hanya makan sayuran dan ikan sepanjang liburan. Scan Halal punya cara lain dan unik untukmu. Ketika kamu sedang belanja di supermarket luar negeri, aplikasi ini bisa digunakan untuk memindai kode batang barang yang dikemas. Selanjutnya Scan Halal akan menunjukkan hasil kode warna yang cepat dan sederhana (halal, mashbooh, atau non-halal)

Jika produk yang dipindai mengandung bahan-bahan haram, pengguna diberi pilihan untuk melihat produk-produk alternatif berdasarkan pengaturan makanan mereka. Di dalam aplikasi ini sudah ada lebih dari 750.000 produk terdaftar di databasenya.

4. Crave Halal Subs.

Aplikasi pencarian makanan halal freepik.com

foto: cravesubs.com

Kamu bisa menemukan lebih dari 13.000 restoran halal lokal yang lezat di Amerika Serikat, Kanada, dan Korea Selatan hanya dengan sekali klik. Tim pihak Crave Halal Subs bersama dengan aplikasi iOS dan situs web elektronik secara pribadi memanggil setiap restoran untuk memverifikasi status halal mereka. Dengan versi Android yang sedang berjalan, basis data Crave Halal diperkirakan akan cepat tumbuh dan menyebar.

5. Halal Spot.

Aplikasi pencarian makanan halal freepik.com

foto: play.google

Penawaran aplikasi lainnya ialah Halal Spot. Aplikasi ini memudahkan pencarian restoran halal, kafe, dan lounge. Nggak hanya itu saja, aplikasi ini juga memungkinkanmu untuk berbagi pengalaman dan menjadi bagian dari komunitas Halal Spot.

6. Halal Trip.

Aplikasi pencarian makanan halal freepik.com

foto: play.google

Bak toko serba ada untuk segala halal. Halal Trip memiliki semuanya, baik kamu yang ingin mencari restoran halal terdekat, merencanakan liburan ramah halal, mencari kiblat atau bahkan mencari doa tertentu. Tersedia dalam lima bahasa untuk pengguna iOS dan Android, aplikasi yang berbasis di Singapura ini akan membuat perencanaan pilihan makanmu selama liburan menjadi lebih mudah.

7. Meembar.

Aplikasi pencarian makanan halal freepik.com

foto: play.google

Meembar berfokus dan mengedepankan pada pengalaman perjalanan halal. Kamu bisa dengan mudah mencari dan datang ke restoran, hotel, dan masjid. Perusahaan ini kemudian akan mengumpulkan data dari lembaga Sertifikasi Halal global dan melalui rekomendasi yang dibuat pengguna. Meembar juga memungkinkanmu untuk menyarankan, memberi peringkat, check-in, dan menulis ulasan tentang restoran agar bermanfaat bagi orang lain.

8. Irhal.

Aplikasi pencarian makanan halal freepik.com

foto: play.google

Aplikasi ini tersedia dalam bahasa Arab dan Inggris. Irhal memiliki fokus pada hal-hal yang berbau halal dekat dengan destinasi tertentu. Mulai dari makanan halal, masjid, dan pilihan hotel halal yang nyaman. Namun tidak menutup kemudahan untukmu mencari tempat terdekat untuk makan, tinggal, atau berdoa.

9. Hal’Rezo.

Aplikasi pencarian makanan halal freepik.com

foto: play.google

Setelah seharian berkeliaran dan menjelajah, kadang-kadang kamu ingin makanan segera dikirim langsung ke penginapan. Tanpa harus khawatir apakah burger atau makanan lainnya halal atau tidak. Hal’Rezo akan membantu kamu mencari restoran halal di dekat penginapan, sekaligus langsung diantar ke depan pintu. Menariknya lagi, aplikasi ini tersedia dalam banyak bahasa, yaitu bahasa Arab, Inggris, Prancis, Belanda, dan Spanyol.

RECOMMENDED BY EDITOR