Brilio.net - Olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap sehat, terutama di tengah pandemi. Olahraga dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, termasuk olahraga di luar ruangan. Dengan olahraga di luar ruangan dapat membantumu menghilangkan kejenuhan misalnya setelah bekerja seharian.

Beberapa olahraga di luar ruangan yang dapat dilakukan misalnya adalah jogging, bersepeda, dan berenang. Kini, kemajuan teknologi dapat membantu dalam berolahraga. Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai aplikasi yang dapat merekam aktivitas olahraga di luar ruangan.

Misalnya tentang seberapa jauh jarak tempuh kita saat jogging, berapa lama waktu berolahraga, bahkan berapa kalori yang berhasil dibakar melalui aktivitas olahraga tersebut. Bahkan, melalui aplikasi yang ada, seseorang dapat mengabadikan momen saat berolahraga kemudian mengunggahnya ke media sosial.

Penasaran apa saja aplikasi yang cocok bagi yang suka olahraga outdoor? Mari simak rangkuman brilio.net tentang sembilan aplikasi olahraga outdoor yang dihimpun dari Play Store, Jumat (7/1).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Strava.

Aplikasi olahraga outdoor berbagai sumber

foto: Play Store/Strava

Aplikasi ini dapat mendukung aktivitas olahragamu seperti jogging, bersepeda, gerak jalan, berenang, hingga surfing. Strava dapat melatih kebugaran dengan 3 cara cerdas di antaranya:

- Rekam rute, lacak lari dan analisis: Aplikasi ini mampu melacak jarak, kecepatan berenang, kecepatan siklus, elevasi yang diperoleh dan kalori yang terbakar.

- Memetakan rute: Kamu dapat menghubungkan olahraga lari, berenang, atau bersepedamu dengan jaringan lintasan terbesar di dunia.

- Tantangan pelatihan: Aplikasi ini dapat mendorongmu dengan tantangan dan pencapaian latihan bulanan dan juga dapat bersaing atau membandingkannya dengan latihan yang dilakukan orang lain.

Selain ketiga fitur tersebut, kamu juga dapat mengabadikan momenmu yang nantinya akan dilengkapi dengan raihan olahragamu yang dapat diunggah di media sosial.

2. Relive.

Aplikasi olahraga outdoor berbagai sumber

foto: Play Store/Relive

Secara umum, Relive memiliki fitur yang mirip dengan aplikasi sejenis yaitu mampu melacak aktivitas olahraga dengan GPS seperti lari, berjalan, mendaki, maupun bersepeda.

Kamu juga dapat melihat statistik dan lokasi utama Anda secara real time. Yang tidak kalah penting ialah kamu dapat mengambil foto selama aktivitas olahragamu.

Salah satu yang unik dari aplikasi ini, kamu dapat mengabadikan aktivitas olahragamu dalam bentuk 3D Video Stories yang selanjutnya dapat diunggah ke media sosial.

3. Samsung Health.

Aplikasi olahraga outdoor berbagai sumber

foto: Play Store/Samsung Health

Bagi kamu pengguna Samsung, terdapat aplikasi bawaan yang dapat kamu gunakan untuk membantu aktivitas olahraga di luar ruangan. Samsung Health memungkinkan kamu merekam banyak aktivitas secara otomatis, menciptakan gaya hidup sehat menjadi lebih mudah dan sederhana. Samsung Health dapat merekam dan mengelola aktivitas kebugaranmu, seperti berlari, bersepeda, berenang, dan sebagainya.

4. Nike Run Club – Running Coach.

Aplikasi olahraga outdoor berbagai sumber

foto: Play Store/Nike Run Club – Running Coach

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, Nike Run Club ini secara khusus ditujukan untuk kamu yang suka berlari. Aplikasi ini dapat memandumu dalam melakukan olahraga lari. Misalnya kamu dapat membuat rencana latihan, melacak kecepatan, membuat log (catatan harian) lari, melacak jarak GPS, dan sebagainya.

Nike Run Club juga dapat mengukur kecepatan lari, jarak, rute GPS, ketinggian, detak jantung, dan jarak tempuh. Bahkan, kamu dapat memotivasi diri dengan tantangan lari mulai dari 5K hingga 10K atau jarak yang lebih jauh. Dari sini kamu dapat memperoleh lencana dan piala pencapaian atas pencapaian pribadi terbaik yang pernah kamu lakukan.

5. Adidas Running App Run Tracker.

Aplikasi olahraga outdoor berbagai sumber

foto: Play Store/adidas Running App Run Tracker

Meskipun namanya Running App, aplikasi ini dapat membantu kamu untuk merekam berbagai aktivitas olahraga mulai dari jarak 5k hingga maraton. Aplikasi ini dapat membantumu untuk melakukan pelacakan GPS, melacak durasi, jarak, kalori yang terbakar, dan memantau detak jantung.

Selain lari, aplikasi ini dapat dilakukan untuk olahraga terbaik lainnya seperti yoga, hiking, dan bersepeda. Bahkan, kamu juga dapat mengikuti Balapan Virtual untuk berlomba dengan atlet di seluruh dunia. Selain itu kamu juga dapat membuat catatan aktivitas saat kamu meraih capaian baru.

6. Bike Tracker.

Aplikasi olahraga outdoor berbagai sumber

foto: Play Store/Bike Tracker

Bike Tracker adalah aplikasi untuk semua orang, tidak hanya bagi mereka yang suka bersepeda tetapi juga aktivitas olahraga lainnya seperti lari, trekking, hiking, atau bersepeda.

Bike Tracker dapat membantumu untuk mengukur kecepatan sepedamu, jarak, ketinggian dan posisi GPS, merekam dan menandai rutemu yang ada di peta serta memberikan statistik lengkap dari aktivitas olahragamu.

Selanjutnya, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk latihan lintas alam, latihan sepeda enduro, lari, ski, skating, atau olahraga lainnya yang dilakukan di tempat terbuka.

Yang tidak kalah menarik ialah kamu dapat membandingkan hasil pelacak sepeda GPS-mu dengan teman dan mengatur kompetisi pada aktivitas olahraga apa pun.

7. Sportractive.

Aplikasi olahraga outdoor berbagai sumber

foto: Play Store/Sportractive

Sportractive dapat menjadi alternatif lain untuk mendukung semua aktivitas kebugaranmu seperti berjalan, berlari, jogging, hiking, bersepeda, bersepeda gunung, dan sebagainya. Aplikasi ini dapat melacak latihanmu, menganalisisnya, dan membuatmu tetap pada jalur yang benar untuk mencapai tujuan latihan yang kamu inginkan.

Jika menggunakan aplikasi ini, kamu tidak perlu khawatir atas iklan yang masuk dan kamu tidak perlu melakukan registrasi akun. Bahkan Sportractive menyediakan pilihan lebih dari 28 aktivitas olahraga yang bisa kamu lakukan tidak hanya di luar ruangan, tetapi juga di dalam ruangan.

8. Velographic for Strava.

Aplikasi olahraga outdoor berbagai sumber

foto: Play Store/Velographic for Strava

Agak berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, Velographic lebih dikhususkan bagi kamu yang ingin menggabungkan data GPS dan fotomu untuk membuat kenangan dari aktivitas bersepeda dan larimu dari Strava.

Velographic juga memberikan kesempatan kamu untuk berbagi pencapaianmu dengan teman dan keluargamu. Velographic dapat digunakan untuk mendukung semua aktivitas Stravamu termasuk bersepeda, berlari, dan mendaki.

9. Run Photo.

Aplikasi olahraga outdoor berbagai sumber

foto: Play Store/Run Photo

Dengan aplikasi ini, kamu dapat merancang dan menyesuaikan foto latihanmu dengan menambahkan statistik berjalan, overlay, dan grafik. Melalui Run Photo, kamu juga dapat menggunakan data aktivitas latihan kebugaran yang dihimpun dari Strava dan Garmin.

Yang juga menarik, kamu dapat menambahkan grafik latihan ke foto, peta, atau latar belakang lain melalui aplikasi ini. Kemudian, kamu dapat menyimpan dan membagikannya melalui Instagram, Facebook, maupun platform media sosial lain.

Reporter: Ferdian Ahya Al Putra

(brl/tin)

RECOMMENDED BY EDITOR