Brilio.net - Smartphone menjadi barang wajib yang dimiliki orang sekarang. Bukan hal mengherankan bila hampir setiap orang menggunakan smartphone, terlebih smartphone Android.

Jumlah pengguna smartphone Android terbilang banyak. Mereka menggunakan untuk berkomunikasi, mencari informasi, hingga berselancar di media sosial. Jika menggunakan smartphone Android, pengguna harus memiliki akun Google atau surat elektronik (surel) dari Gmail.

Smartphone Android dikenal sebagai perangkat yang memiliki batas kemampuan, apalagi jika pengguna mengunduh banyak aplikasi. Smartphone Android akan semakin mudah melambat. Untuk mempercepat kinerja smartphone yang melambat, kita bisa menginstal aplikasi dari PlayStore untuk membersihkan sampah yang ada di smartphone.

Dikutip brilio.net dari Trend Micro, ternyata virus Malware bisa bersembunyi di smartphone Android melalui aplikasi yang diunduh di PlayStore. Jika Malware menjangkiti smartphone Android, maka akun media sosial yang dibuka lewat smartphone akan rawan terkena hack.

Pengguna smartphone Android harus bisa memahami aplikasi apa saja yang masuk dalam aplikasi palsu dan menyimpan Malware di dalamnya.

Loading...

Brilio.net menghimpun aplikasi-aplikasi palsu berisi Malware yang ada di Google PlayStore dari berbagai sumber, Selasa (11/2).

1. Speed Clean-Phone Booster, Junk Cleaner & App Manager.

9 Aplikasi berbahaya © 2020 brilio.net

foto: Google Play

Aplikasi ini dikenal sebagai aplikasi yang bekerja untuk membersihkan sampah di smartphone Android. Fungsinya untuk meningkatkan performa smartphone Android terbaiknya. Namun perlu diwaspadai jika mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut karena sering disisipi Malware.

2. H5 GameBox.

9 Aplikasi berbahaya © 2020 brilio.net

foto: Google Play

H5 GameBox adalah aplikasi yang berisi bebrbagai game, yang memungkinkan penggunannya memainkan banyak game hanya dalam satu aplikasi, tujuan aplikasi ini adalah agar pengguna bisa memainkan game tanpa harus menginstal banyak game dan menghabiskan ruang penyimpanan yang ada di smartphone android mereka.

3. LinkWorldVPN.

9 Aplikasi berbahaya © 2020 brilio.net

foto: Google Play

LinkWorldVPN, aplikasi yang berguna bagi pengguna Android yang suka menggunakan aplikasi yang tidak hadir di Google Play Indonesia, atau website luar yang tidak bisa dibuka dengan jaringan di Indonesia, dengan kata lain, aplikasi ini berguna untuk kamu melakukan perpindahan jaringan ke negara lain.

4. Quick Games-H5 Game Center.

9 Aplikasi berbahaya © 2020 brilio.net

foto: Google Play

Quick Gmaes-H5 Game Center, aplikasi yang menyediakan puluhan bahkan ratusan game hanya dalam satu aplikasi. Dengan alasan itu, mungkin banyak yang menyembunyikan virus Malware di dalamnya. karena aplikasi sejenis ini sangat mungkin untuk mendapatkan pengguna yang banyak.

5. Rocket Cleaner.

9 Aplikasi berbahaya © 2020 brilio.net

foto: Google Play

Rocket Cleaner salah satu dari banyak aplikasi yang berguna untuk membersihkan sampah di Android. Rocket Celaner juga masih mempunyai kegunaan lain seperti melakukan backup dan menata aplikasi dengan kegunaan yang banyak. Rocket Cleaner memiliki potensi menarik banyak pengguna Android untuk memakainya, dan wajar jika banyak yang menyisipkan Malware di dalamnya.

6. Rocket Cleaner Lite.

9 Aplikasi berbahaya © 2020 brilio.net

foto: Google Play

Rocket Cleaner Lite adalah aplikasi yang berguna mengoptimalkan smartphone dengan membersihkan sampah pada smartphone. Namun  demikian aplikasi ini memiliki keuggulan di sisi ukuran file yang sangat kecil.

7. Super Clean-Phone Booster, Junk Cleaner & CPU Cooler.

9 Aplikasi berbahaya © 2020 brilio.net

foto: Google Play

Super Clean-Phone Booster adalah aplikasi yang memiliki kegunaan untuk membuat smartphone bersih dari sampah. Selain itu, aplikasi juga memiliki fungsi untuk mendinginkan smartphone. Jika smartphone dalam keadaan dingin maka smartphone akan memiliki performa yang maksimal.

8. Shoot Clean-Junk Cleaner, Phone Booster, CPU Cooler.

9 Aplikasi berbahaya © 2020 brilio.net

foto: Google Play

Shoot Clean-Junk Cleaner, Phone Booster, CPU Cooler memliki banyak fungsi seperti membersihkan sampah pada smartphone, mendinginkan smartphone, menghemat pemakaian baterai, dan bahkan bisa menjadi WiFi booster.

Aplikasi ini punya keunggulan bisa mempercepat dan mempermudah smartphone dalam pencarian jaringan WiFi yang ada. Nggak heran jika tidak sedikit pengguna Android yang ingin menggunakannya dan aplikasi ini jadi tempat bersembunyi virus semacam Malware.

9. Super Clean Lite- Booster, Clean&CPU Cooler.

9 Aplikasi berbahaya © 2020 brilio.net

foto: Google Play

Super Clean Lite- Booster, Clean&CPU Cooler memiliki fungsi utama sebagai pendingin smartphone. Fungsi aplikasi tersebut untuk memaksimalkan kinerja smartphone. Pasalnya smartphone Android sering mengalami kenaikan suhu hingga panas. Aplikasi ini bisa mendinginkan gawai.

Aplikasi ini memiliki keunggulan dengan ukuran aplikasi yang termasuk kecil, sehingga pengguna tidak akan khawatir ruang penyimpanannya habis. Hal inilah yang akan menggoda pengguna Android untuk menggunakannya.

Di samping aplikasi yang kecil tersimpan bahaya mengintai. Sangat memungkinkan untuk para hacker menyisipkan virus Malware yang dapat meretas akun media sosial di smartphone Android yang kita gunakan.

Nah aplikasi-aplikasi yang rawan menyimpan virus Malware ini perlu diwaspadai. Pasalnya, data pribadi hingga media sosial bisa rawan diretas oleh para hacker yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, kamu harus bijak dalam memilih aplikasi yang akan diinstal pada Android.

RECOMMENDED BY EDITOR