Brilio.net - Menstrusai merupakan proses biologis yang dialami oleh semua wanita. Meskipun siklus ini sudah dialami sejak masa remaja namun nggak semua wanita mengetahui apa yang sebenarnya terjadi selama siklus menstruasi. Banyak pula yang terkadang mengira-ngira atau memprediksi datangnya mesntruasi berdasarkan tanggal sebelumnya.

Terkadang ada juga mengalami ketidaklancaran siklus menstruasi, hingga gejala kram ataupun PMS yang sering berubah-ubah. Biasanya hal ini menjadikan agak sulit dan merepotkan. Lantaran saat ingin mengetahui jadwal menstruasi secara teratur, ataupun bagi pasangan baru menikah yang ingin merencanakan atau mencegah kehamilan bahkan mengetahui jika ada kelainan dalam tubuh, sedikit terhambat.

Cara mengetahui paling mudah yakni dengan mengetahui siklus ini secara manual, dengan menandai kalender. Namun mungkin banyak diantara kamu yang sering melewatkannya. Nah, saat ini kamu nggak perlu repot-repot mencatat dalam kalender, kemajuan teknologi menghadirkan salah satu aplikasi yang membantu para wanita untuk mengukur siklus menstruasi ini.

Dalam aplikasi ini juga terdapat berbagai fitur yang memudahkan kamu mengetahui siklus, gejala, ovulasi, kesuburan dan banyak lainnya. Serta kamu juga bisa mendapatkan informasi kesehatan wanita secara lengkap.

Lalu apa saja aplikasi (apps) melacak siklus menstrusai itu? Berikut 9 aplikasi (apps) Android melacak siklus menstruasi, terbaik dan gratis, brilio.net himpun dari berbagai sumber pada Selasa (14/1).

Loading...

1. Periode Tracker Flo.

foto: play.google.com

Aplikasi melacak siklus menstruasi yang pertama yang bisa kamu coba di Android yaitu Periode Tracker Flo. Aplikasi ini dapat membantumu sebagai alat kalkulator haid yang akurat dalam memprediksi waktu menstruasi, ovulasi hingga hingga hari subur kamu.

Bagi kamu yang memiliki siklus menstruasi nggak teratur, tentunya aplikasi ini cocok kamu gunakan. Kamu juga dapat menggunakan fitur kalender mentruasi dan kehamilan yang diberikan secara jelas untuk memprediksi bulan selanjutnya.

2. Period Tracker Period Calendar

foto: play.google.com

Aplikasi berikutnya ada Period Tracker, yang memungkinkan untuk melacak mengenai tanggal menstruasi, siklus, ovulasi, hingga kemungkinan pembuahan. Dalam aplikasi ini kamu juga dapat memanfaatkan fitur yang bisa mencatat berat badan, suhu, gejala, dan suasana hati atau mood kamu. Nah, bagi pasangan baru menikah yang sedang merencanakan memiliki momongan, aplikasi ini mengadirkan cara hitung siklus haid. Sehingga kamu bisa nih memaksimalkan program tersebut.

3. My Calendar.

foto: play.google.com

Aplikasi My Calender untuk melacak siklus menstruasi ini dapat disesuaikan oleh masing-masing pengguna. Baik kamu yang mengalami menstruasi secara teratur ataupun tak teratur dapat dilacak dengan aplikasi ini.

Aplikasi ini juga dilengkapi fitur untuk mengukur aliran darah, suhu, berat badan hingga suasana hati. Seperti aplikasi sebelumnya, My Calendar juga cocok untuk kamu yang sedang merencanakan program kehamilan yang lengkap dengan prediksi masa subur.

4. Clue.

-foto: play.google.com

Clue merupakan apliksi yang menggunakan sains untuk membantu penggunanya mengidentifikasi pola unik dalam siklus menstruasi. Nggak hanya di Android saja aplikasi ini dapat diunduh di platform iOS.

Bahkan Jurnal Obstetrics & Gynecology menobatkan aplikasi Clue sebagai aplikasi pelacak mestruasi terbaik. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan menu pelacak periode menstruasi, mood, kesehatan, dan juga olahraga.

5. Period Tracker.

foto: play.google.com

Aplikasi kelima ada Period Tracker yang akan membantumu untuk memantau siklus menstruasi dan memberitahu kamu kapan akan terjadi lagi. Yang dapat dideteksi dari aplikasi ini adalah durasi datang bulan, rasa sakit di perut bagian bawah, migrain, kelembutan dada, dan sebagainya. Secara umum aplikasi ini mencatat dan menghitung rata-rata siklus mentruasi kamu dalam 3 bulan terakhir.

6. Period Diary.

foto: play.google.com

Aplikasi yang diluncurkan oleh Bellabeat ini memberikan informasi lebih dari 30 gejala PMS dan 20 moood yang bisa kamu catat yang tersambung dalam aplikasi kalendermu. Secara umum aplikasi ini melacak haid, ovulasi, kesuburan, gejala, suasana hati, berat badan, dan lainnya sebagainya.

Aplikasi ini juga dapat mengetahui ovulasi dan kesuburan. Tenang, untuk menggunakan aplikasi ini kamu akan aman karena menggunakan kata sandi sehingga nggak perlu cemas orang lain bisa mengakses dan menggetahui apa yang kamu alami.

7. Glow.

foto: play.google.com

Selanjutnya ada Glow yang mencatat dan merekam gejala, mood, aktivitas seksual dan pengobatan pengguna. Aplikasi ini juga bisa memberikan informasi bagi penggunanya tentang kondisi kesehatan melalui data yang bisa ditambahakan. Bagi kamu pasangan yang ingin mengatur jarak kehamilan juga dapat menemukan waktu yang tepat untuk menghindari kehamilan, ataupun waktu yang tepat untuk program kehamilan.

8. Eve.

foto: play.google.com

Aplikasi ini juga salah satu alat melacar siklus mentruasi yang aman digunakan. Eve dapat mencatat ovulasi, gejala PMS, siklus, dan banyak lainnya. Lebih menariknya lagi tersapat informasi yang dikemas dengan format kuis, dan topik seputar kesehatan weanita setiap harinya. Nggak hanya itu kamu juga bisa bergabung dalam forum komunitas teman-teman perempuan secara luas untuk sharing topik kesehatan.

9. Femometer.

foto: play.google.com

Terakhir, ada aplikasi Femometer yang berfokus pada pelacakan masa kesuburan perempuan lewat pencatatan siklus menstruasi agar lebih memudahkan kalkulasi masa kesuburan. Menariknya Femometer ini juga mengeluarkan alat tes fisik yang disebut Ovutest Femometer.

Nah alat tersebut bisa disambungkan dengan ponsel kita melalui blluetooth. Kamu bisa mendeteksi kesuburan dengan memasukkan ujung stainless Femometer ke bawah lidah dan membiarkannya sekitar 10 detik langsung ketika bangun tidur. nantinya kamu dapat mengetahui informasi tersebut lewat aplikasi.

RECOMMENDED BY EDITOR