Brilio.net - Di dunia digital seperti sekarang, internet sudah menjadi kebutuhan primer. Maklum, saat ini internet bukan lagi sekadar digunakan untuk berselancar di dunia maya, tapi juga menjadi sarana untuk bekerja dan menghasilkan pendapatan.

Dengan tidak bisa dilepaskannya kebutuhan internet di aktivitas sehari-hari, tak ayal banyak orang rela merogoh kocek begitu dalam untuk bisa mendapatkan paket internet bulanan. Harganya yang relatif mahal membuat pengeluaran untuk internet bisa mencapai ratusan ribu setiap bulan. 

Mengapa begitu mahal? Sebab paket internet memiliki kuota yang bisa habis jika terlalu sering digunakan. Alhasil, mau tidak mau, kamu harus membeli paket internet baru agar bisa mendapatkan kuota internet dan bisa kembali menjelajah dunia maya.

Bagi kamu yang mengalami hal tersebut, pasti bertanya-tanya, adakah cara agar kuota internet bisa menjadi lebih hemat? Jawabannya tentu ada! Berikut adalah 10 aplikasi di Android yang bisa kamu manfaatkan untuk menghemat kuota.

1. Aplikasi bawaan masing-masing provider

Loading...

9 Aplikasi penghemat kuota internet © 2020 brilio.netGoogleplay

Untuk menghemat kuota, kamu bisa menggunakan aplikasi bawaan masing-masing provider supaya bisa mengetahui sisa kuota yang dimiliki. Misalnya, untuk mengetahui sisa kuota paket internet Telkomsel bisa menggunakan aplikasi MyTelkomsel. Untuk XL bisa menggunakan MyXL dan seterusnya.

Mengetahui sisa kuota paket internet yang dimiliki bisa membuat kamu lebih hemat ketika memutuskan untuk menggunakannya. Kamu juga bisa mengetahui kuota untuk tiap-tiap aplikasi. Sehingga tidak perlu terlalu sering mengisi ulang paket internet jika kuota aplikasi tersebut masih tersedia seperti Youtube, Netflix, Spotify, dan lain sebagainya.

2. Internet Speed Meter Lite

9 Aplikasi penghemat kuota internet © 2020 brilio.netGoogleplay

Selanjutnya ada Internet Speed Meter Lite sebagai aplikasi yang berguna untuk menunjukkan penggunaan kuota internet pada setiap aplikasi. Kamu juga dapat mengatur aplikasi yang tidak begitu memerlukan kuota internet sehingga tidak mengurasnya dengan menggunakan aplikasi ini. Tidak hanya mampu menghemat kuota internet, aplikasi ini juga memiliki fitur hemat baterai yang tentunya berguna bagi kamu yang sering pergi keluar rumah.

3. Data Usage Monitor

9 Aplikasi penghemat kuota internet © 2020 brilio.netGoogleplay

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu manfaatkan untuk menghemat kuota adalah Data Usage Monitor. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu akan terbantu memonitor pemakaian internet pada setiap aplikasi yang terpasang di smartphone. Aplikasi ini juga mampu mengatur aplikasi mana yang memerlukan koneksi internet tinggi dan yang tidak sehingga membuat penggunaan kuota internet menjadi lebih optimal.

4. Samsung Max

9 Aplikasi penghemat kuota internet © 2020 brilio.netGoogleplay

Samsung Max merupakan aplikasi yang simpel dan ampuh dalam menghemat kuota internet. Samsung Max bekerja dengan mengkompres atau mengecilkan data internet pada seluruh aplikasi yang terpasang di gawai kamu.

Jadi, kuota internet yang tersedot ketika menggunakan sebuah aplikasi juga akan menjadi lebih kecil. Kamu juga dapat lebih berhemat dalam segi keuangan karena tidak terlalu sering membeli paket data dan meningkatkan pengeluaran.

5. My Data Manager

9 Aplikasi penghemat kuota internet © 2020 brilio.netGoogleplay

Aplikasi yang keempat adalah My Data Manage, sebuah aplikasi yang mampu menghemat kuota dengan melacak banyaknya kuota internet yang sudah digunakan. Hal ini tentu dapat memberitahu pengguna berapa banyak kuota yang sudah terpakai dan mencegah terjadinya pemborosan kuota.

Melalui aplikasi ini pula kamu bisa mendapatkan informasi tentang aplikasi yang boros menyedot kuota internet. Dengan begitu, kamu dapat mengurangi intensitas pemakaian aplikasi tersebut, atau mengubah pengaturannya agar tidak mendapatkan koneksi internet dari paket data. 

6. Data Usage

9 Aplikasi penghemat kuota internet © 2020 brilio.netGoogleplay

Besutan oBytes, Data Usage adalah aplikasi yang memudahkan kamu untuk mengontrol pemakaian internet. Terdapat berbagai fitur menarik yang ditawarkan aplikasi ini, seperti monitoring mobile data dan Wi-FI, mengatur pengingat pemakaian data internet, dan lain sebagainya. Jadi, kamu tidak akan lagi kalap memakai paket data hingga kuotanya habis tak bersisa.

7. 3G Watchdog

9 Aplikasi penghemat kuota internet © 2020 brilio.net

Kebanyakan dari kamu mungkin asing dengan aplikasi yang satu ini. Padahal, 3G Watchdog adalah aplikasi yang dapat memberi tanda berupa warna bahwa kamu sudah terlalu banyak menggunakan paket data. Singkatnya, saat aplikasi ini menunjukkan warna hijau, artinya pemakaian internet masih normal, sedangkan kuning berarti internet cukup banyak tersedot, dan merah mengindikasikan paket internet sudah hampir habis.

Yang utama, 3G Watchdog pun menawarkan fitur pembatasan internet harian, mingguan, atau bulanan. Dengan begitu, tidak ada lagi alasan kuota internet kamu habis saat belum waktunya membeli paket data baru.

8. MyAT&T

9 Aplikasi penghemat kuota internet © 2020 brilio.netaivanet.com

Mirip dengan beberapa aplikasi yang telah disebutkan di atas, MyAT&T adalah aplikasi yang mampu membantu mengontrol pemakaian internet, baik kuota maupun Wi-Fi. Aplikasi ini juga dapat menunjukkan detil pemakaian internet dari aplikasi lain yang kamu gunakan. Jadi, kamu dapat mengetahui aplikasi apa yang menguras kuota internet.

9. MyVerizon

9 Aplikasi penghemat kuota internet © 2020 brilio.netandroidpolice.com

My Verizon memudahkan kamu melihat serta mengontrol pemakaian internet agar bisa lebih hemat. Tidak hanya memiliki fitur Feed yang menunjukkan pemakaian internet, My Verizon juga menyuguhkan fitur Plan Management yang membolehkan kamu mengelola dan mengontrol penggunaan internet sesuka hati.