Brilio.net - Kitab sebagai pedoman hidup umat Islam adalah Al Quran. Kini, membaca ayat-ayat suci tak perlu membawa Al Quran kemana-mana, karena ayat-ayat suci Al Quran bisa semudah dibaca melalui genggaman tangan.

Seiring berkembang pesatnya teknologi, banyak aktivitas-aktivitas manusia yang dipermudah. Terlebih bagi umat muslim, melakukan ibadah membaca ayat suci Al Quran bisa diakses melalui smartphone. Caranya, cukup mengunduh dan memasang aplikasi tersebut pada smartphone Android. Cukup simpel, kan?

Apalagi bila kamu hobi travelling. Kamu cukup menenangkan suasana hati kamu dan mendapat pahala dengan selalu membaca ayat-ayat Al Quran. Dengan ini kamu tak perlu membawa Al Quran, karena aplikasi Al Quran di smartphone bisa diakses kapan pun dan di mana pun.

Deretan aplikasi ini tak hanya menampilkan ayat suci yang terkandung dalam Al Quran. Tetapi juga terdapat banyak fitur menarik seperti untuk mengingatkan penggunanya untuk shalat lima waktu, alat untuk berdzikir, hingga pemberi tahu arah kiblat. Cukup banyak manfaatnya, bukan?

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Daripada semakin penasaran dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (8/1), berikut aplikasi Al Quran yang bisa kamu download melalui smartphone Android kamu:

1. Muslim Pro

Aplikasi Al Quran © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Aplikasi Al Quran yang satu ini memiliki pengguna banyak di Indonesia. Sebanyak pengunduh lebih dari 50 juta orang mempercayai aplikasi ini sebagai pengingat sholat dan adzan. Tak hanya itu, pengguna dapat membaca surah ataupun ayat suci Al Quran dengan mudah. Terlebih, ada terjemahan di setiap ayatnya untuk membantu pengguna memperoleh arti. Cukup serbaguna, kan?

2. Al Quran Indonesia

Aplikasi Al Quran © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Selanjutnya Al Quran Indonesia juga merupakan aplikasi Al Quran pilihan. Hasil ciptaan dari mahasiswa Indonesia, Al Quran Indonesia menampilkan 114 surah. Selebihnya, banyak fitur yang terkandung di aplikasi ini seperti kalender Islam, mode malam untuk memperjelas membaca ayat di malam hari, hingga dapat menjadwal kegiatan shalat maupun imsakiyah.

3. Aminin

Aplikasi Al Quran © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Aplikasi Al Quran selanjutnya yang berasal dari Tanah Air adalah Aminin. Aplikasi Al Quran ini sangat cocok sebagai pengingat ibadah umat Islam. Selain itu, pengguna dapat melihat terjemahan dan tafsir, ada fitur untuk mendandakan ayat, hingga audio pelafalan.

4. umma

Aplikasi Al Quran © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Aplikasi Al Quran berikutnya adalah aplikasi berjudul umma. Yup, aplikasi ini juga berasal dari Indonesia untuk mendamping umat Muslim beribadah tepat waktu. Selebihnya, umma dilengkapi dengan fitur pengingat shalat, penunjuk arah kiblat, hingga fitur untuk membaca ayat suci Al Quran.

5. Quran for Android

Aplikasi Al Quran © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Dengan pengguna lebih dari 10 juta orang, Quran for Android juga bisa jadi pilihan aplikasi Al Quran terbaik. Bagi kamu yang hobi jalan-jalan namun tetap ingin menenangkan hati dengan membaca Al Quran, kamu bisa menggunakan aplikasi ini karena di dalamnya terkandung surah suci Al Quran yang terbilang cukup lengkap. Terlebih, tampilan antarmukanya yang sangat sederhana, bisa mempermudah kamu dalam membaca ayat-ayat.

6. iQuran Lite

Aplikasi Al Quran © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Tersedia secara gratis di Play Store dan pengunduh lebih dari 10 juta, iQuran Lite juga bisa kamu andalkan sebagai aplikasi Al Quran selanjutnya. Bagi kamu yang hendak membaca ayat suci Al Quran beserta terjemahannya secara lengkap, aplikasi ini merupakan pilihan yang tepat untuk kamu.

7. Quran Best

Aplikasi Al Quran © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Yang ketujuh, kamu bisa menggunakan Quran Best sebagai aplikasi Al Quran pilihan berikutnya. Tetap merupakan hasil karya bangsa Indonesia, Quran Best merupakan aplikasi Al Quran dengan fitur yang banyak seperti adanya terjemahan surah suci beserta tafsirannya, dapat bookmarks ayat-ayat, serta terdapat fitur pencarian ayat.

8. MyQuran

Aplikasi Al Quran © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Ingin membaca Al Quran dengan terjemahan bahasa Indonesia? Download saja MyQuran. Aplikasi ini menampilkan ayat-ayat Al Quran secara lengkap beserta translatenya. Tak hanya itu, MyQuran juga dilengkapi dengan fitur tafsiran dan jadwal shalat agar penggunanya tetap ingat dalam menjalani ibadah.

9. Al'Quran Bahasa Indonesia

Aplikasi Al Quran © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Yang terakhir, kamu bisa menggunakan aplikasi Al Quran bernama Al'Quran Bahasa Indonesia. Dengan pengunduh lebih dari 10 juta, aplikasi Al Quran ini memiliki size yang nggak besar-besar amat lho, cukup 13 MB saja. Selebihnya, aplikasi ini dilengkapi dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia, audio pelafalan yang benar, ada fitur pencarian berdasarkan surah maupun juz, hingga kamu dapat mengatur jadwal shalah lima waktu.

(brl/guf)

RECOMMENDED BY EDITOR