Brilio.net - Perkembangan teknologi membuat smartphone tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi. Ditambah lagi dengan munculnya media sosial, masyarakat melakukan banyak aktivitas hanya melalui smartphone.

Tak hanya sebagai alat komunikasi, smartphone juga banyak digunakan masyarakat untuk berbisnis bahkan berbelanja berbagai kebutuhan. Smartphone juga bisa menjadi media hiburan, salah satunya adalah memanfaatkan fitur video.

Menjamurnya platform video yang membuat masyarakat lebih kreatif dalam membuat sebuah konten yang bisa diunggah di media sosial. Beberapa aplikasi platform video pun hits di kalangan masyarakat.

Penasaran aplikasinya apa saja? Berikut ulasannya seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (30/12).

1. TikTok.

Loading...

Rekomendasi platform video yang digemari anak muda © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@tiktok

Saat ini, aplikasi TikTok tengah digandrungi oleh masyarakat. Aplikasi yang berasal dari China ini menawarkan cara asyik untuk membuat video menarik. Penggunanya bisa membuat konten video-video pendek dengan beragam musik dan filter, lalu membagikannya pada teman-teman atau publik.

2. Likee.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Likee App (@likee_official_global)

Likee merupakan platform global terkemuka berbasis di Singapura untuk menyaksikan dan membuat video pendek. Dilengkapi dengan tool pengeditan dan pembuatan video yang unggul menginspirasi kreativitas nyata dengan menyediakan lebih dari 2.000 efek video.

Likee menciptakan peluang bagi semua orang agar dapat bersinar, tidak hanya dilihat dan didengar saja. Fitur Likee juga untuk mendorong koneksi dan percakapan di antara pengguna melalui gamifikasi tampilan dan interaksi.

Platform video ini juga memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan pengalaman yang unik. Penggunanya dapat mengeksplorasi kreativitas, mengekspresikan diri, serta mendapatkan kesempatan untuk berkomunikasi dengan idolanya melalui berbagai challenge.

3. Snack Video.

Rekomendasi platform video yang digemari anak muda © 2020 brilio.net

foto: Snack Video

Snack Video menawarkan berbagai video dan fitur siaran langsung yang menarik, lucu, dan ajaib. Aplikasi ini dapat menghasilkan video pendek yang kreatif. Dilengkapi dengan efek, filter, musik, dan fitur lainnya yang akan membantu pengguna menjadi sekreatif yang mereka inginkan. Di ujung akhir tahun, aplikasi ini menggelar live streaming dengan beberapa selebriti bertajuk FantaSnack Show yang dipandu oleh Gritte Agatha dan Fadil Jaidi melalui aplikasi SnackVideo.

Live streaming ini dilaksanakan pada 22 - 23 Desember 2020 lalu dan mengajak Snack Friends bertemu dan bercengkrama secara daring dengan selebriti favorit mereka seperti Rizky Febian, Iqbaal Ramadhan, Ochi Rosdiana, Amanda Manopo, Billy Syahputra, juga Rey Mbayang dan Dinda Hauw.

Keseruan hari pertama menghadirkan Rey Mbayang dan Dinda Hauw yang sedang hamil muda. Selama live streaming pasangan tersebut pun memberikan tips dan trik percintaan dan juga cara menjalankan hubungan dan berkomunikasi di tengah pandemi. "Manfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan orang yang disayang, dan berkomunikasi karena kalau sudah kerja kan sudah sulit," ucap Rey.

4. Instagram Reels

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Instagram reels (@reels_instagrm)

Instagram salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk berbagi aktivitas sehari-hari. Tak heran bila Instagram selalu menghadirkan fitur-fitur terbaru yang menarik untuk para penggunanya. Salah satunya adalah fitur edit video baru bernama Reels.

Dengan fitur Reels, pengguna Instagram bisa merekam video selama 15 detik, selanjutnya bisa melakukan pengeditan seperti menyesuaikan kecepatannya, menambahkan musik, atau meminjam audio dari video orang lain, mirip dengan fitur yang ada di TikTok.

5. Byte.

Rekomendasi platform video yang digemari anak muda © 2020 brilio.net

foto: Liputan.com

Aplikasi ini biasanya digunakan oleh para kreator untuk membuat video menarik. Sayangnya, Byte hanya menyediakan durasi selama 6 detik untuk setiap video. Pengguna diperbolehkan mengupload video dari galeri mereka atau lewat aplikasi langsung.

Byte juga menyediakan tombol 'Explore' untuk menemukan video dari kreator lain yang disesuaikan berdasarkan algoritma aktivitas di aplikasi. Tak hanya sebagai hiburan semata saja, tapi aplikasi ini juga memiliki program kemitraan yang bisa menghasilkan pendapatan dari setiap konten yang disetor ke Byte.

6. Dubsmash

Rekomendasi platform video yang digemari anak muda © 2020 brilio.net

foto: apk4fun.com

Dubsmash salah satu platform video yang sempat hits do tahun 2015-an. Aplikasi ini digunakan untuk membuat video lipsync dari suara-suara yang khas, seperti dari potongan lagu, adegan film, atau iklan dan lainnya.

7. Facebook Lasso

Rekomendasi platform video yang digemari anak muda © 2020 brilio.net

foto: Liputan6.com

Tak mau kalah dengan media sosial lainnya yang sudah memiliki fitur video, Facebook pun meluncurkan sebuah aplikasi baru bernama Lasso. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat video pendek yang lucu dan menyenangkan.

8. Triller

Rekomendasi platform video yang digemari anak muda © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@triller.indonesia

Triller merupakan aplikasi video di mana pengguna bisa mengunggah video berdurasi 15 detik. Seperti aplikasi video lainnya, pengguna Triller bisa menambahkan filter, tulisan, emoji, hingga berkolaborasi dengan pengguna lainnya. Para pengguna pun bisa berkomentar ketika video tersebut sudah diunggah ke aplikasi.

Hingga saat ini, aplikasi ini telah diunduh 130 juta secara global, termasuk oleh tokoh dan seleb dunia seperti Trump, Chance the Rapper, Justin Bieber, Rae Sremmurd, Rita Ora, dan Kevin Hart.

RECOMMENDED BY EDITOR