Brilio.net - Laptop dengan kinerja yang baik adalah idaman semua orang. Namun laptop yang punya spek “dewa” umumnya dibanderol dengan harga selangit. Lantas bagi para pelajar dan mahasiswa yang punya budget terbatas, tentu saja laptop kelas premium terlalu sulit dijangkau.     

Ya, cukuplah laptop kelas standard dengan harga terjangkau namun punya kualitas yang mumpuni untuk membantu berbagai macam kegiatan seperti mengerjakan tugas, mencari materi untuk keperluan skripsi hingga mengisi waktu luang dengan bermain games.

Tenang, kamu bisa koq mencari laptop dengan spesifikasi melimpah yang harganya ramah di kantong. Apalagi saat ini semakin banyak laptop dari berbagai merk yang tersedia di pasaran dengan harga terjangkau.

Tapi, sebelum memilih laptop, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu beberapa fitur dasar yang penting untuk membantu berbagai kegiatan seperti mengerjakan tugas sekolah, menyelesaikan pekerjaan kantor dan lainnya.

Kamu bisa memilih laptop dengan kebutuhan masing-masing. Selain itu, sebelum membeli juga selalu cek budget agar tidak menguras kantong saat berbelanja laptop pilihan. Karena itu sebelum membeli laptop baru, ada baiknya kamu membaca ulasan perihal rekomendasi laptop terbaik untuk pelajar dan mahasiswa dari situs rekomendari produk Ceklist.id.  

1. Acer Chromebook 514

8 Laptop rekomendasi © 2021 brilio.net Acerid.com

Laptop yang memiliki desain menarik ini memenuhi segala persyaratan untuk menjadi Chromebook idaman. Pasalnya, harga yang ditawarkan cukup terjangkau yakni hanya Rp 5 jutaan saja. Perangkat ini mampu bekerja optimal berkat sokongan performa dari prosesor Intel Celeron N3450 yang dipadukan dengan RAM 4GB LPDDR4 dan penyimpanan eMMC 64GB.

Laptop ini juga dibekali layar touchscreen berteknologi IPS FHD berukuran 14 inci, sasis aluminium dan keyboard backlit yang membuat produk ini terlihat stylish dan nampak premium. Pabrikan Acer juga membekali fitur pendukung yang cukup lengkap meliputi dua port USB-C, Wi-Fi dual-band, Bluetooth 4.2 dan webcam HD. Acer Chromebook 514 juga dibekali baterai awet dengan daya tahan 12 jam.

2. HP 15-BA004AX

8 Laptop rekomendasi © 2021 brilio.net hp.com

Perangkat ini merupakan salah satu merk laptop terbaik untuk mahasiswa serta pelajar yang memiliki spesifikasi apik. Berbekal processor AMD APU Mobile generasi ke 10 AMD Quad Core A10-9600P, sisi kinerja menjadi salah satu daya tarik dari laptop yang satu ini. Laptop ini memiliki layar berteknologi panel HD SVA BrightView WLED-backlit berukuran besar 15.6 inches dengan resolusi 1366 x 768 piksel.

Sementara sektor dapur pacu disokong prosesor MD Quad Core A10-9600P, 8GB DDR4, 1TB HDD, DVDRW, VGA AMD Radeon R7 M440 2GB yang mampu menghasilkan kinerja yang apik dan stabil tentunya. Fitur lainnya yang dimiliki laptop HP satu ini antara lain WiFi, Bluetooth, NIC, 15.6 inci HD, Non OS, HDMI , USB2.0, USB3.0, Bluetooth, Card Reader, Camera, Speakers, Microphone serta baterai 4-cell, 41 Wh Li-ion. 

Saat ini, laptop ini di pasaran dibanderol dengan rentan harga terjangkau mulai Rp 6 jutaan saja. Spesifikasi yang cukup mumpuni dengan ukuran layar yang jumbo menjadi nilai plus untuk produk yang satu ini.

3. Acer Aspire 3 A315 Ryzen 3

8 Laptop rekomendasi © 2021 brilio.net Acerid.com

Salah satu opsi terbaik buat kamu yang hobi games, Acer Aspire 3 A315 Ryzen 3 bisa menjadi pilihan tepat karena laptop ini dibekali AMD Ryzen 3-3200U. Selain itu,  laptop ini mengusung layar sentuh 15,6 inci HD (1366 X 768) serta ditenagai AMD Ryzen 3-3200U, RAM, 8 GB DDR4, Storage memory 500 GB HDD serta kartu grafis AMD Radeon Vega 3 yang memanjakan kamu saat bermain game. Tak hanya itu, APU Ryzen Mobile juga telah mendukung fitur FreeSync 2.0 yang membuat kamu bisa menikmati game High Dynamic Range (HDR).

Laptop gaming Acer ini juga dilengkapi sisi konektivitas yang lengkap. Sebut saja Wi-Fi + Bluetooth, USB, HDMI, audio serta sistem operasi Windows 10 Home.

Untuk harganya, Acer Aspire 3 A315 Ryzen 3 ini memiliki harga sangat terjangkau karena dibanderol hanya Rp 6 jutaan saja untuk laptop gaming yang cukup mumpuni dikelasnya.

4. Xiaomi Mi Notebook Air

8 Laptop rekomendasi © 2021 brilio.net mi.com 

Pabrikan Xiaomi juga memiliki andalan di sektor laptop melalui seri Mi Notebook Air. Ini adalah laptop keren yang didesain tipis dan ringan dengan tebal hanya 14,8 mm dan beratnya 1,28 kg. Perangkat ini memiliki layar sentuh berteknologi full-HD dengan ukuran 12,5 inci serta beresolusi sebesar (1,920×1,080-pixels).

Laptop ini sudah tersedia di pasaran dan dijual dengan kisaran harga Rp 7-9 jutaan. Kinerja yang ditawarkan juga sangat menarik dengan dibekali prosesor Intel Core M3, kapasitas RAM sebesar 4GB serta dukungan penyimpanan hardisk sebesar 128GB SSD SATA.

Laptop berdesain stylish ini juga dilengkapi dukungan fitur konektivitas yang lengkap meliputi Type-C USB for charging, 2x USB 3.0, 1x HDMI, 3.5mm audio port.

5. ASUS TUF Gaming FX505

8 Laptop rekomendasi © 2021 brilio.net asus.com 

Laptop ini merupakan salah satu produk andalan Asus.  Ini merupakan laptop pertama yang mengadopsi prosesor AMD Ryzen Mobile generasi kedua (seri 3000H). Layarnya memiliki ukuran seluas 15,6 inci mengusung resolusi Full HD (1920 x 1080 pixel) berteknologi IPS NanoEdge Display dengan ukuran bezel super tipis hanya 6,5 milimeter.

Spesifikasi yang diusung laptop ini sangat baik dengan kombinasi AMD Ryzen 5 3550 H Processor 2.1GHz, grafis dari AMD Radeon RX 560X 4GB membuat sisi kinerja semakin optimal. Selain itu, laptop gaming Asus ini juga dilengkapi spesifikasi lain di antaranya OS Windows 10, 720p HD Camera, 2x2W speakers with Smart AMP technology, konektivitas Wi-Fi, Bluetooth 4.2. Sedangkan untuk harga, laptop ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 13 jutaan. Harga yang sepadan dengan produk yang akan kamu dapatkan.

6. Dell XPS 13

8 Laptop rekomendasi © 2021 brilio.net dell.com

Sedang mencari laptop dengan kemampuan kinerja super mumpuni? Coba lirik produk laptop yang satu ini. Dell XPS 13 merupakan salah satu produk andalan di sektor laptop produsen asal Texas, Amerika ini. Salah satu keistimewaan yang ditawarkan perangkat ini adalah kemampuan kinerja yang maksimal berkat sokongan prosesor generasi kesepuluh Intel Core i7-1065G7 (8MB Cache, up to 3.9 GHz) yang optimal.

Selain itu, untuk mendukung kinerja semakin stabil, Dell menyematkan dukungan RAM 16GB, SSD 1 TB serta pengolah grafis dari Intel Iris Plus Graphics dengan ketahanan baterai sampai dengan 9 jam agar pengguna semakin nyaman saat melakukan aktivitas.

Laptop ini memiliki ukuran layar 13,4 inci Ultra Sharp 4K Ultra HD+ (3840x2400), InfinityEdge Touch Display yang mampu menghasilkan kualitas tampilan layar yang jernih, padat serta tajam.

Namun untuk meminangnya, kamu wajib mengeluarkan budget lebih karena saat ini Dell XPS 13 dijual di pasaran dengan kisaran harga di atas Rp 30 jutaan. Namun tetap worth it dengan kualitas yang dimilikinya.

7. Lenovo ThinkPad X280

8 Laptop rekomendasi © 2021 brilio.net lenovo.com

Perangkat yang satu ini juga bisa jadi rekomendasi. Lenovo ThinkPad X280 bekerja dengan sangat ringan berkat dukungan dari Core i7-8550U, 8GB RAM, storage 256GB SSD yang  pas untuk menemani segala aktivitas mobile kamu.

Perangkat ini memiliki layar sentuh 12,5 Inch FHD beresolusi 1920 x 1080 panel IPS (non glare). Sementara untuk sisi keamanan juga disematkan dukungan Fingerprint sensor.

Sistem operasi yang diusung adalah Windows 10 Professional 64 bit yang mampu bekerja optimal secara cepat dan stabil karena dukungan pengolah grafis dari Intel HD Graphics, RAM 8GB yang mampu melahap berbagai pekerjaan dengan baik.

8. Toshiba Portege X20W

8 Laptop rekomendasi © 2021 brilio.net asia.toshiba.com

Nama Toshiba Portege X20W masuk sebagai salah satu laptop andalan pabrikan Toshiba yang mendapatkan atensi bagus dari para penggemarnya. Ini dalah laptop 2-in-1 paling ringan dan paling tipis dikelasnya, berbobot 1,1 kg dengan ketebalan hanya 15,4 mm. Untuk sektor dapur pacu, laptop ini sangat baik karena didukung prosesor Intel Core i7-7500U berkecepatan hingga 3,5 GHz, RAM 8GB, dan penyimpanan SSD 256GB.

Laptop ini mengusung layar sentuh beresolusi Full HD 1920 x 1080 piksel dalam bentang 12,5 inci lengkap dengan anti-glare, dan dilindungi Corning Gorilla Glass 4. Selain itu, laptop berdesain mewah ini juga dilengkapi fitur pendukung yang lengkap seperti speaker Harman kardon, USB Type-CTM Thuderbolt 3 dan USB 3.0 serta baterai yang mampu bertahan hingga 16 jam.