Brilio.net - Apple merupakan produsen gadget raksasa asal Amerika Serikat. Mereka selalu menghadirkan produk-produk premium untuk kebutuhan penggunanya. Seri iPhone 13 Pro Max saat ini menjadi ponsel paling canggih di dunia.

Ada banyak orang mengidam-idamkan smartphone iPhone 13 Pro Max. Penyebabnya tak lain adalah kecanggihan teknologi yang disematkan oleh Apple pada ponsel ini. Memang ada banyak perangkat dengan harga serupa. Namun, iPhone juga dapat menjadi trend fashion tersendiri.

Brand iPhone memiliki identitas yang kuat untuk smartphone premium. Bahkan, belum ada teknologi chipset yang dapat menandingi A15 Bionic. Berikut ulasan keunggulan dan kelemahan iPhone 13 Pro Max, dikutip dari berbagai sumber, Jumat (25/3).

Keunggulan iPhone 13 Pro Max.

1. Chipset unggul.

iPhone pro max © berbagai sumber

foto: apple.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa chipset A15 Bionic milik Apple menjadi yang terbaik saat ini. Chipset ini mempunyai fabrikasi cukup efisien yaitu 5 nm. Tidak hanya itu, GPU yang digunakan oleh Apple pada iPhone 13 Pro Max tiada tanding. Bahkan, sekelas chipset dari MediaTek Dimensity 9000 belum mampu mengungguli A15 Bionic miliki Apple.

2. Baterai cukup awet.

iPhone pro max © berbagai sumber

foto: gsmarena.com

Daya baterai dari sebuah perangkat iPhone merupakan salah satu PR terbesar bagi Apple. Namun, pada edisi iPhone 13 Pro Max, Apple dapat menjawab keluhan mengenai baterai iPhone yang boros. Hal ini disebabkan karena teknologi Apple dapat mengelola pemakaian layar dengan baik.

3. Ukuran layar cukup besar.

iPhone pro max © berbagai sumber

foto: gsmarena.com

Ukuran screen dari iPhone 13 Pro Max cukup besar. Dengan tipe XDR OLED dan bersertifikasi HDR10 membuat kualitas grafis cukup baik dan responsif. Selain itu, layar yang besar membuat kelegaan tersendiri bagi penggunanya. Bahkan, ukuran layar hingga 6,7 inci membantu para gamer untuk bermain game dengan nyaman.

4. Kualitas speaker jernih.

iPhone pro max © berbagai sumber

foto: gsmarena.com

Keunggulan lain dari iPhone 13 Pro Max ada pada suara yang jernih. Apple memberikan kualitas speaker dengan kelantangan -24.0 LUFS. Kemudian suara low atau bass yang ditimbulkan cukup terdengar.

5. Unggul di kamera.

iPhone pro max © berbagai sumber

foto: gsmarena.com

iPhone mempunyai kamera cukup baik dan jempolan. Pada edisi iPhone 13 Pro Max terdapat kamera utama dengan resolusi 12 MP. Lensa ini mempunyai teknologi OIS dan PDAF untuk kestabilan. Kemudian terdapat 12 MP telefoto dengan optical zoom 3x. Untuk kamera sudut luas juga terdapat lensa 12 MP. Kecanggihan lain dari perangkat ini adalah sensor Time Of Flight LiDar. Dengan teknologi LiDar ini membuat pengguna dapat melakukan dekorasi virtual 3D. Bahkan iPhone 13 Pro Max memiliki kemampuan perekam video bak pembuat film profesional.

6. Terdapat sensor Ultra Wideband.

iPhone pro max © berbagai sumber

foto: gsmarena.com

Ultra Wideband atau yang disingkat UWB merupakan teknologi radio hemat energi yang menunjang komunikasi antar dua perangkat pada jarak cukup sempit dengan bandwith yang lega. Pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk mengetahui letak sebuah barang. Bahkan, teknologi ini dapat dijadikan untuk smart Car Key.

7. Charging yang lengkap.

iPhone pro max © berbagai sumber

foto: apple.com

Pada iPhone 13 Pro Max terdapat berbagai fitur pengisian daya. Salah satu kecanggihan yang terpasang adalah wired fast charging dengan daya 27 Watt. Ponsel pintar ini juga dapat mengisi daya dengan protokol Qi Magnetis fast wireless charging 7.5 Watt.

8. Jagoan para pro-player gaming.

iPhone pro max © berbagai sumber

foto: apple.com

Para pro-player gaming kerap menggunakan iPhone 13 Pro Max untuk berkompetisi. Hal ini disebabkan karena layar yang sangat halus dan detail. Bahkan, saat bermain game akan diberikan layar yang responsif dan performa perangkat yang lancar. Tidak hanya itu, karena bentuk lengkungnya ponsel ini dapat digenggam dengan nyaman.

Kekurangan iPhone 13 Pro Max

Setelah mengetahui beberapa keunggulan dari iPhone 13 Pro Max tentu tidak adil rasanya untuk tidak membahas kelemahan perangkat ini. Berikut ini adalah kekurangan dari iPhone 13 Pro Max.

1. Pengisian daya cukup lama.

Apple masih memiliki pekerjaan rumah cukup berat untuk menyelesaikan keluhan ini. Karena iPhone Pro Max masih kalah cepat untuk hal pengisian daya dengan seri flagship merek lain. Pengguna perlu memakan waktu lebih dari 1,5 jam agar baterai perangkat ini penuh.

2. Perangkat terlalu berat.

iPhone 13 Pro Max mempunyai dimensi bodi cukup besar. Oleh karena itu perangkat ini juga mempunyai bobot 240 gram. Cukup berat untuk seri flagship dari sebuah perangkat smartphone. Dengan begitu kerap kali perangkat ini membuat pegal pergelangan tangan penggunanya.

3. Desain kurang inovatif.

Apple belum memiliki formulasi desain yang lebih menarik. Bahkan desain dari iPhone kerap membuat para penggemarnya cukup bosan. Berbeda dengan perangkat Android yang kerap berganti desain dan warna. Namun hal ini tentu memberi identitas tersendiri bagi smartphone iPhone.

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/pep)