Brilio.net - Proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tampaknya akan masih menjadi opsi yang dipilih dunia pendidikan di Indonesia. Makin melonjaknya kasus Covid-19 membuat belajar secara online tetap menjadi pilihan terbaik saat ini.

Meski sempat muncul wacana pembelajaran tatap muka terbatas bakal digelar kembali pada Juli mendatang dengan maksimal hanya 50 persen dari jumlah siswa kelas normal, namun melihat situasi persebaran Covid-19 di sejumlah daerah, tampaknya PJJ akan tetap menjadi prioritas.      

Selama ini, penerapan PJJ memunculkan sejumlah tantangan. Mulai dari kurangnya bimbingan guru, akses internet yang tidak lancar, kesulitan mengakses aplikasi belajar online, hingga ketiadaan perangkat yang memadai. 

Kondisi inilah yang direspons Samsung dengan meluncurkan tablet terjangkau Galaxy Tab A7 Lite. Perangkat yang memiliki layar besar 8,7 inci dengan baterai 5.100 mAh dan prosesor yang mumpuni ini cocok untuk mendukung kegiatan pembelajaran PJJ dari mana saja.

“Pelajar tak akan kesulitan mengikuti kelas melalui video conference, mengerjakan berbagai tugas sekolah, streaming bahan pembelajaran, hingga mengisi waktu jeda dengan hiburan yang menyegarkan,” ujar Elvira Dwi Anggraeni, IT & Mobile Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Nah seperti apa sih kenyamanan yang dapat diberikan Galaxy Tab A7 Lite saat PJJ? Berikut alasannya.

1. Belajar di mana saja jadi gampang

Samsung Galaxy Tab A7 Lite © 2021 brilio.net

Dalam konsep PJJ, kegiatan belajar bisa dilakukan di mana saja. Karena itu dibutuhkan perangkat yang praktis dan nyaman digunakan. Dibanding smartphone dan laptop, tablet dinilai lebih praktis. Dari sisi bobot tidak seberat laptop. Sementara dari segi tampilan layar jauh lebih besar dibanding smartphone sehingga membuat mata nyaman.  

Karena itu Galaxy Tab A7 Lite dinilai sangat cocok untuk PJJ. Sebab perangkat ini sangat handy dengan bobot hanya 371gram. Selain itu sangat portabel dan nyaman dibawa ke mana-mana. Tak usah khawatir dengan durabilitasnya, sebab Galaxy Tab A7 Lite didesain dengan metal cover yang tangguh dan stylish.

Di samping itu, kualitas sound speaker tablet ini pun mendukung kegiatan belajar di rumah. Dengan fitur Dolby Atmos, video tutorial materi sekolah dapat dinikmati dengan kualitas sound yang powerful. Nah biar lebih nyaman, gunakan book cover untuk menikmati konten dalam posisi layar landscape tanpa perlu memegangi tablet terus menerus.

2. Makin rajin membaca materi pelajaran

Samsung Galaxy Tab A7 Lite © 2021 brilio.net

 

Membaca materi pelajaran dalam waktu yang cukup lama di layar smartphone terkadang membuat mata letih. Karena itu dibutuhkan perangkat yang memiliki layar lebih besar.      

Samsung Galaxy Tab A7 Lite yang memiliki layar berukuran 8,7 inci atau 16 persen lebih luas daripada pendahulunya berkat bezel-nya yang tipis, membuat perangkat ini sangat nyaman digunakan. Apalagi perangkat ini mengusung layar WXGA beresolusi 1340 x 800px sehingga membaca e-book pelajaran maupun materi lainnya jadi lebih jelas dan nyaman di mata.

3. Mudah mengoperasikannya

Samsung Galaxy Tab A7 Lite © 2021 brilio.net

Satu lagi yang bisa memudahkan para siswa belajar karena perangkat kini bisa dioperasikan dengan mudah di satu tangan. Ini berkat One Hand Operation+, fitur sistem navigasi yang berbasis gestur. Pengguna bisa mengatur gestur-gestur yang disukai untuk mengaktifkan sampai 40 fitur, termasuk untuk menggeser halaman demi halaman e-book favorit.

Selain itu perangkat ini memiliki memori internal 32 GB yang bisa ditingkatkan hingga 1TB dengan kartu MicroSD. Pengguna bisa menyimpan lebih banyak e-book maupun file-file penting lainnya. Transfer data juga menjadi lebih cepat melalui port USB Type-C.

4. Makin kreatif mengerjakan tugas

Samsung Galaxy Tab A7 Lite © 2021 brilio.net

Perangkat ini diklaim bisa membantu para siswa mengerjakan tugas dengan mudah dan kreatif. Caranya dengan menggunakan Samsung Notes untuk membuat catatan. Para siswa bisa mengetik, menulis, menambahkan gambar ke dalam catatan dan bisa disimpan dalam berbagai format, seperti Microsoft Word, Samsung Note file, PDF, gambar, atau teks, sehingga fleksibel dibagikan atau dibuka di perangkat lain.

Selain itu berkat ekosistem perangkat Galaxy, siswa bisa menikmati pengalaman multi-device saat belajar. Misalnya, info tugas atau hasil browsing di perangkat smartphone Galaxy bisa di-copy dan paste langsung ke Galaxy Tab A7 Lite untuk dikerjakan dengan nyaman di layar yang lebih luas.

5. Auto-connect

Samsung Galaxy Tab A7 Lite © 2021 brilio.net

Nah yang cukup menarik, perangkat ini memiliki fitur Auto Hotspot untuk menikmati konektivitas internet dari device lain tanpa perlu melakukan pengaturan secara manual. Cukup aktifkan Auto Hotspot di perangkat mobile Galaxy lain dan Galaxy Tab A7 Lite akan langsung terhubung ke jaringan itu. Mempercepat pengguna mengerjakan tugas yang membutuhkan bahan dari internet.  

6. Aman berkat Samsung Kids

Samsung Galaxy Tab A7 Lite © 2021 brilio.net

Satu lagi fitur yang cukup penting, perangkat ini menyediakan fitur perlindungan yang maksimal. Lewat Samsung Kids orang tua bisa memproteksi anak-anak dari ancaman di dunia digital. Fitur parental control dapat diaktifkan untuk mencegah anak terpapar konten yang tidak sesuai.

Fitur ini dapat menunjukkan status penggunaan aplikasi ataupun daily timer untuk membatasi penggunaan tablet. Samsung Kids juga menyediakan berbagai konten khusus anak-anak untuk belajar problem solving dan critical thinking.

7. Nikmati break time

Samsung Galaxy Tab A7 Lite © 2021 brilio.net

Tidak hanya untuk belajar, perangkat ini juga nyaman saat siswa istirahat. Sebab perangkat ini juga sangat pas untuk menikmati break time. Siswa bisa menikmati berbagai serial favorit melalui layanan streaming, mendengarkan playlist pilihan, browsing Internet dan media sosial, atau gaming.

Selain itu baterai besar 5.100mAh yang didukung fast charging 15W pada perangkat ini memperpanjang waktu pakai dan pengisian ulang yang lebih cepat, siap mendukung waktu rehat seusai sekolah.

8. Harganya cukup terjangkau

Samsung Galaxy Tab A7 Lite © 2021 brilio.net

Nah buat kamu yang ingin menggunakan Samsung Galaxy Tab A7 Lite, perangkat ini tersedia dalam pilihan warna Gray dan Silver. Harganya juga cukup terjangkau yakni Rp 2.499.000. Untuk pembelian di toko online Samsung.com hingga 12 Juli 2021, dapatkan bonus senilai hingga Rp610.000 berupa book cover, cashback hingga Rp150.000, dan bundling 2 simcard XL beserta harga spesial untuk Paket Akrab 63GB.