Brilio.net - Fotografi saat ini sudah menjadi gaya hidup anak muda. Dulu dunia yang satu ini didominasi para fotografer profesional. Namun dengan perkembangan teknologi digital, siapapun sekarang bisa mengabadikan momen yang diinginkan.

Apalagi saat ini banyak perangkat gadget seperti smartphone yang dapat digunakan untuk merekam setiap momen. Tapi tentu saja jika bicara kualitas, fitur fotografi pada sebuah smartphone tak sebrilian pada kamera digital, baik mirrorless maupun DSLR.

Karena itu nggak heran jika banyak anak muda yang serius menggeluti fotografi lebih memilih menggunakan kamera digital, terutama jenis mirrorless untuk membuat konten-konten menarik.

Nah untuk memenuhi tren tersebut, PT Alta Nikindo, distributor resmi kamera Nikon di Indonesia baru-baru ini memperkenalkan kamera terbaru dari deretan kamera mirrorless Z series, Nikon Z fc. Kamera compact mirrorless dengan sensor DX-format yang elegan dan ringkas ini menggabungkan desain ikonik, warisan desain kamera analog Nikon FM2 yang memiliki tampilan klasik dengan teknologi terbaru.

Nikon Z fc © 2021 brilio.net

“Kami ingin memberi penghormatan kepada sejarah kamera ikonik kami yang berharga dan untuk memperluas line-up kami dengan inovasi digital terbaru saat ini,” ujar Horie Masahiro, Managing Director Nikon Singapore Pte. Ltd

Mengusung aksesori sederhana dan intuitif, kamera Nikon Z fc adalah langkah maju untuk mendukung pecinta fotografi, baik para pengusaha muda, fotografer pemula atau penggemar media sosial.

“Kamera ini juga untuk para pengguna yang ingin menampilkan gaya kepribadian mereka, yang membuat hidup mereka lebih berwarna-warni dengan desain kamera kontemporer yang cocok dengan kepribadian dan gaya hidup mereka,” lanjut Horie.

Lantas apa sih yang membuat kamera ini disebut-sebut cocok untuk anak muda yang ingin mengekspresikan diri mereka melalui fotografi dan audio visual? Berikut faktanya.

1. Pas buat anak muda urban yang kreatif  

Nikon Z fc © 2021 brilio.net

Kamera ini digadang-gadang sebagai perangkat tepat untuk kaum urban muda yang sering berhadapan dengan kondisi lapangan menarik berikut dengan momen-momen yang dapat memicu gairah dalam mengekspresikan kepribadian mereka. Kamera baru ini adalah sahabat terbaik bagi para anak muda yang percaya diri, go-getters dan trendsetter yang dapat memvisualisaikan keunikan dan juga menampilkan karakter serta ciri khas di setiap sudut perjalanan hidup mereka.

“Fotografi zaman sekarang tidak hanya didominasi para fotografer professional, tapi sudah berubah  menjadi suatu kebutuhan dan gaya hidup bagi anak-anak muda pencinta fotografi. Tidak hanya tampilan yang klasik dan unik tapi juga dilengkapi dengan teknologi dan kualitas kamera yang sangat canggih. Hal ini menjadi suatu kabar gembira bagi para pencinta fotografi di Indonesia, dengan harga yang bersahabat, kamera Nikon Z fc menjadi sahabat terbaik yang dapat diandalkan,” kata Larry Handra, Direktur PT Alta Nikindo.  

2. Sentuhan klasik dengan fitur modern

Nikon Z fc © 2021 brilio.net

Kamera ini mengambil inspirasi dari Nikon FM2 SLR klasik, yang menggabungkan nuansa vintage tahun 1980-an dengan mekanisme modern yang sangat andal dan tahan banting. Menonjolkan kecanggihan dalam keahlian, dapat dirasakan dari keseluruhan kamera ini, yang bahan kulit bertekstur hitamnya yang mewah dan badan kamera silver-matte. Menampilkan keindahan abadi dari beberapa elemen desain yang diwarisi, dari ukiran Nikon, dial kontrol klasik dan tombol rana (shutter) dan eyepiece melingkar. Kamera yang transformasi terbaru ini adalah perpaduan desain klasik dengan teknologi digital terbaru, sepenuhnya mewujudkan warisan yang kaya dari kamera ikonik Nikon yang legendaris.

3. Pilihan warna

Nikon Z fc © 2021 brilio.net

Pengguna yang ingin mengekspresikan diri dengan warna dapat melakukannya mlalui beberapa pilihan warna dan bahan tekstur kulit yang dapat disesuaikan untuk bodi kamera. Ada enam warna pilihan white, sand beige, amber brown, natural grey, coral pink dan mint green. Keenam warna ini  untuk mencerminkan gaya hidup dan individualitas para pengguna.

4. Kontrol canggih untuk bidikan sempurna

Nikon Z fc © 2021 brilio.net

Kamera ini dilengkapi kontrol intuitif dan taktil yang memungkinkan pengguna merasakan dan menangkap momen dengan sekejap. Dilengkapi tombol dial khusus untuk ISO, kecepatan rana dan kompensasi pencahayaan, pengguna memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan diri dengan pengaturan yang mereka inginkan. Pengguna akan dapat mencapai rendering yang jelas dan tajam dari gambar bertekstur yang diambil dan momen ikonik dimungkinkan dengan kemampuan sensitivitas ISO kamera hingga 51200. Pengguna juga dapat sepenuhnya mengoptimalkan Vibration Reduction (VR) optik bawaannya dengan NIKKOR Z DX 16-50mm f / 3.5-6.3 VR untuk kualitas gambar tinggi.

5. Kualitas video yang mumpuni

Nikon Z fc © 2021 brilio.net

Kamera ini juga menawarkan kemampuan video lebih dari sekadar pengambilan video sederhana sehari-hari. Dengan kemampuan UHD 4K-nya menggunakan lebar sensor gambar berbasis DX penuh dan pengaturan slow-motion film dengan berbagai dimensi gambar dan frame rate, membuat pendokumentasian momen dalam video menjadi jauh lebih mudah. 

Kamera berbobot sekitar 390 gram ini disematkan monitor layar LCD TFT vari-angle yang bersifat touch-operational, dan AF-F (Full-Time AF) yang melacak subjek bahkan ketika mengambil potret diri. Dalam transisi mulus beralih secara otomatis ke mode potret diri ketika monitor diputar ke depan, pengguna dapat menjelajahi sudut yang berbeda untuk mengekspresikan diri di kedua stills dan film. Selain itu, ketika dinyalakan, kamera mendukung pengiriman daya USB dan pengisian USB.

6. Ekspresi dalam bentuk yang paling murni

Nikon Z fc © 2021 brilio.net

Untuk pertama kalinya dalam kamera Nikon seri Z, Nikon Z fc mendukung kompensasi pencahayaan selama mode AUTO yang memungkinkan pengguna mencapai ekspresi yang mereka inginkan seperti dengan meningkatkan brightness saat memaksimalkan foto siluet.

Dengan lebih dari 20 efek Creative Picture Control, pengguna juga mendapatkan lebih banyak ruang untuk ekspresi tanpa batas untuk menciptakan gambar yang mencerminkan estetika atau suasana hati mereka, hanya dengan pratinjau cepat melalui jendela bidik tampilan dan pra-set favorit yang dapat dengan mudah diterapkan.

Menangkap emosi yang paling nyata dan real-time dalam sekejap dengan AF Deteksi Mata dan AF Deteksi Mata Hewan, mengunci subjek yang bergerak dan memberikan citra yang tepat dan berkualitas tinggi yang benar-benar membawa semua emosi saat yang indah itu untuk hidup. Tidak terbatas hanya pada stills, fitur ini juga berlaku selama perekaman film.

7. Tetap terhubung hanya dengan satu klik

Nikon Z fc © 2021 brilio.net

Semudah snapshot, Nikon Z fc ramah teknologi dan didukung software yang memungkinkan pengguna mentransfer gambar dan video dari kamera ke smart device dengan cepat dan mulus. Aksesibilitas membuat pengguna tetap terhubung dengan komunitas, teman, dan keluarga mereka, berbagi snapshot terbaru dari momen bermakna mereka dengan mudah. Kamera ini juga kompatibel dengan Webcam Utility bagi pengguna untuk sampai ke tingkat berikutnya saat live-streaming, menawarkan kejernihan gambar yang luar biasa dan kedalaman dimensi yang menakjubkan.

8. Pilihan lensa

Nikon Z fc © 2021 brilio.net

Pengguna akan dimanjakan dengan pilihan NIKKOR Z DX 16-50mm f/3.5-6.3 VR dalam varian silver baru, atau dengan NIKKOR Z 28mm f/2.8 (SE) edisi khusus, yang melengkapi pilihan lensa kit.

Kompak dan ringan untuk dibawa kemanapun, NIKKOR Z DX 16-50mm f/3.5-6.3 VR adalah lensa zoom standar yang memberikan resolusi tinggi di seluruh rentang lensa zoom, untuk digunakan dalam berbagai kegiatan sehari-hari, mulai dari foto pemandangan dan snapshot hingga potret produk dengan settingan studio.

Sementara NIKKOR Z 28mm f/2.8 (SE) adalah lensa prime yang menampilkan desain warisan yang terinspirasi lensa NIKKOR klasik, ideal untuk fotografi potrait dan still-life, terutama bagi pengguna yang menyukai bokeh natural dan halus yang merupakan keunikan lensa prime.

Produk yang tesedia saat ini  dalah kamera Nikon Z fc klasik dengan warna hitam silver dan akan segera tesedia 6 pilihan warna kamera Nikon Z fc di akhir tahun 2021. Kamera ini dibanderol Rp13,9 jutaan (body only) dan Rp15,9 jutaan (kit lensa 16-50 mm).