Brilio.net - Menghabiskan waktu untuk diri sendiri atau akrab dikenal dengan istilah me time mulai jadi tren di kalangan anak muda beberapa waktu belakangan. Kegiatan menyendiri ini mulai sering dilakukan banyak orang karena memiliki manfaat bagi kesehatan, khususnya kesehatan mental. 

Ada banyak bentuk me time yang bisa dilakukan. Ada yang paling sederhana seperti memanjakan diri ke salon, hingga berlibur sendirian alias solo traveling. Cara liburan yang masih dianggap hal baru ini ternyata makin digemari. Selain me time, momen ini juga sering jadi ajang untuk menantang diri sendiri.

Namun begitu, tidak sedikit juga yang masih takut untuk melakukan solo traveling. Biasanya hal ini disebabkan beberapa faktor, seperti khawatir tersesat, takut bosan, dan tidak bisa bersenang-senang.

Liburan sendirian bisa jadi perjalanan yang berkesan, aman, dan mudah, asal tahu triknya. Apa saja itu? Yuk, simak tujuh travel hack berlibur sendirian berikut ini yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (23/12).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Pilih penginapan di lokasi yang strategis.

Travel hack berlibur sendirian © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Lokasi strategis yang dimaksud adalah penginapan yang dekat dengan minimarket, rumah makan, dan ATM. Dengan begitu, kamu tidak perlu berjalan sendirian terlalu jauh untuk membeli kebutuhan sehari-hari saat solo traveling. 

Demi keamanan dan kenyamanan, pertimbangkan dengan matang lokasi penginapan. Hal ini karena saat berlibur sendirian, kamu hanya bisa mengandalkan diri sendiri. Selain lokasi strategis, sebaiknya juga pilih penginapan yang terletak di pusat kota.

2. Bergaya layaknya penduduk lokal.

Travel hack berlibur sendirian © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Sebelum mulai solo traveling, penting untuk mencari tahu semua informasi seputar tempat wisata yang dikunjungi. Ketahui moda transportasi umum dan rute jalannya. 

Selain itu, usahakan juga untuk menyesuaikan pakaianmu dengan gaya keseharian penduduk lokal. Hindari menggunakan barang yang menunjukkan kamu adalah seorang turis seperti menggantung kamera di leher. Travel hack ini bisa membantu mengurangi risiko ditipu orang saat berwisata sendiri.

3. Catat nomor keamanan atau hotel.

Travel hack berlibur sendirian © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Keamanan jadi nomor satu saat melakukan solo traveling. Jadi ada baiknya mencatat  nomor telepon tempat penginapan dan pihak keamanan di tempat tersebut. 

Mencatat beberapa nomor penting akan jadi cara efektif yang bisa menolongmu saat sedang tersesat atau mengalami hal buruk. Tindakan pencegahan ini juga akan membuat momen liburan sendirian terasa lebih aman.

4. Pastikan baterai ponsel selalu penuh.

Travel hack berlibur sendirian © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Jika sudah mencatat nomor penting, travel hack selanjutnya adalah memastikan baterai ponsel selalu penuh. Saat menjadi wisatawan yang datang sendirian, ponsel merupakan satu-satunya alat yang bisa diandalkan dalam kondisi darurat. 

Bukan hanya saat kondisi darurat, ponsel juga memegang peranan penting yang bisa memberi informasi dan memenuhi kebutuhan saat berlibur sendirian. Untuk itu kamu butuh ponsel dengan daya baterai kapasitas besar seperti Oppo A95.

Hadir dengan baterai sebesar 5000 mAh, Oppo A95 akan mencukupi kebutuhanmu selama seharian penuh. Baterai berkapasitas besar ini juga dibekali fitur pengisian daya cepat 33W Flash Charge.

Teknologi pengisian daya cepat ini memungkinkan ponsel dapat terisi sebanyak 30 persen hanya dalam waktu 15 menit. Sedangkan untuk terisi penuh hanya membutuhkan waktu 72 menit.

Travel hack berlibur sendirian © 2021 berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Oppo A95 diklaim dapat melakukan panggilan suara selama 5,73 jam dan bahkan menonton YouTube selama 1,81 jam meski hanya diisi daya dalam waktu 5 menit.

Baterai Oppo A95 juga sudah dilengkapi fitur Charging Heat Control. Fitur ini akan membaca suhu perangkat saat baterai diisi dan menjaganya agar tetap dingin tanpa mengurangi kecepatan pengisian.

5. Bawa HP dengan kamera mumpuni.

Travel hack berlibur sendirian © 2021 berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Solo traveling bisa jadi momen tepat untuk dibuat menjadi konten menarik di media sosial. Biar nggak ribet dan makan banyak tempat, gunakan HP dengan kamera mumpuni seperti Oppo A95.

Smartphone ini sudah dilengkapi 48MP Triple Camera di bagian belakang dengan serangkaian fitur kecerdasan buatan untuk menangkap gambar berkualitas tinggi. Tiga kamera belakang ini terdiri dari 48MP kamera utama, 2MP kamera makro, dan 2MP kamera bokeh. Sementara, kamera depan beresolusi 16 MP yang bisa memaksimalkan pengalaman selfie.

Kamera belakang didukung fitur AI Scene Enhancement yang secara cerdas dapat mengenali berbagai skenario pemotretan seperti makanan, bunga, matahari terbenam, dan masih banyak lagi. Canggihnya, fitur ini juga dapat mengoptimalkan warna, saturasi, dan kecerahan. 

Pada kamera depan ada fitur AI Beautification dan Front Night Mode yang membuat kamu lebih mudah mengambil foto selfie lebih jelas di berbagai kondisi pencahayaan. Fitur Night Mode yang berguna mengambil foto lebih cerah dan jernih dengan penuh detail di malam hari  juga ada di kamera belakang.

Semakin lengkap, buat kamu yang suka mengabadikan video, Oppo A95 sudah dibekali sejumlah fitur canggih seperti Steady Video, SLO-MO dan SoLoop.

6. HP tahan cipratan air bikin liburan lebih asyik.

Travel hack berlibur sendirian © 2021 berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Saat solo traveling, semua foto dan video harus diambil sendiri tanpa bantuan orang lain. Maka dari itu, ponsel tahan cipratan air dan debu seperti Oppo A95 bakal bikin momen berlibur sendirian jadi lebih asyik. 

Oppo A95 bisa tahan cipratan air karena sudah mengantongi sertifikasi IPX4. Ini berarti Oppo A95 akan tetap aman saat terkena terpaan air hujan atau semprotan air. Teknologi ini juga membuat Oppo A95 jadi 'teman setia' untuk melewati musim hujan.

Daya tahan Oppo A95 juga telah diuji lewat serangkaian tes gosok terhadap berbagai bahan yang dirancang untuk menyimulasikan pemakaian sehari-hari.

7. Gunakan teknologi NFC untuk transaksi lebih mudah.

Travel hack berlibur sendirian © 2021 berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Near-field Communication (NFC) merupakan teknologi nirkabel yang memungkinkan perangkat berbagi informasi hanya dengan mendekatkan ponsel. Fitur yang sudah banyak ditemukan di smartphone terbaru seperti Oppo A95 ini akan mempermudah perjalanan solo traveling. 

NFC memungkinkan untuk mentransfer data dan transaksi secara digital dengan cepat melalui smartphone. Dengan fitur NFC di Oppo A95, kamu bisa mudah mengisi saldo e-money dan transaksi digital lain secara langsung dari ponsel. 

Oppo A95 hadir dalam dua warna, Glowing Rainbow Silver dan Glowing Starry Black. Kini Oppo A95 sudah bisa kamu dapatkan dan dipesan lewat aplikasi Oppo Store dan Oppo Official Store di Shopee serta Lazada.

Masih penasaran dengan smartphone teranyar dari Oppo ini ? Klik di sini untuk informasi lebih lengkap tentang Oppo A95.

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR