Brilio.net - Kamu pasti selalu bete saat menikmati streaming film kesukaanmu dan tiba-tiba harus buffering karena kecepatan internet yang lemot. Ya kan? Kalau sudah begini, kamu cuma bisa bersabar saja sampai koneksi internet bisa stabil lagi. Meski sudah menggunakan jaringan 4G LTE, kamu masih bisa saja mengalami momen menyebalkan seperti ini.

Terbaru, teknologi nirkabel kelima atau yang biasa disebut sebagai 5G ini bakal mengubah segalanya. Kamu bisa menghabiskan berjam-jam streaming film dengan resolusi 4K tanpa harus buffering. Perangkat yang mendukung koneksi 5G bisa mempunyai kecepatan internet hingga lebih dari 1 Gbps.

Tapi sayangnya, koneksi 5G membutuhkan infrastruktur dan perizinan yang kompleks. Indonesia sendiri belum terlalu merangkul teknologi masa depan ini dengan tangan terbuka. Hanya beberapa perusahaan telekomunikasi saja yang melakukan eksperimen koneksi 5G di Indonesia.

Smartphone yang bisa mengakses 5G juga tidak sembarangan. Butuh dukungan hardware dan software yang mumpuni saat menggunakan teknologi ini. Hingga saat ini, masih belum ada smartphone di pasaran yang bisa menggunakan teknologi 5G.

Diprediksi rilis pada tahun 2019, smartphone canggih ini mempunyai hardware kelas wahid untuk bisa menggunakan koneksi 5G secara maksimal. Penasaran apa saja? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (7/1), berikut 7 smartphone 5G tersebut.


1. Samsung

7 smartphone 5G di tahun 2019 © 2019 brilio.net

foto: mybroadband.co.za


Samsung terkenal dengan smartphone canggih. Tak ketinggalan, merek dari Korea Selatan ini akan merilis smartphone 5G pada tahun 2019. Rumornya, teknologi 5G akan disematkan pada jajaran smartphone tercanggihnya yaitu Galaxy S10.

Dilansir brilio.net dari Gizmodo, line-up seri Galaxy S10 akan mempunyai satu model yang bakal mendukung koneksi 5G. Tak hanya itu, seri tercanggih dari Samsung ini juga diramal akan mempunyai 4 kamera belakang.


2. Huawei

7 smartphone 5G di tahun 2019 © 2019 brilio.net

foto: shutterstock.com


Produsen smartphone dari China ini adalah salah satu merek yang merajai teknologi 5G. Calon smartphone terbaru mereka, Huawei P30 atau seri Mate 30 akan mempunyai kemampuan koneksi 5G. Dilansir brilio.net dari mybroadband, belum ada informasi pasti tentang harga smartphone canggih ini.


3. OnePlus

7 smartphone 5G di tahun 2019 © 2019 brilio.net

foto: shutterstock.com


OnePlus terkenal karena smartphonenya tergolong murah tapi memiliki berbagai fitur canggih bak smartphone kelas kakap. Dilansir brilio.net dari mybroadband, CEO Oneplus, Pete Lau akan merilis smartphone berkoneksi 5G pada tahun 2019. Dia juga menjanjikan harga smartphonenya di bawah USD 1.000 atau Rp 14 jutaan.


4. Xiaomi Mi Mix 3

7 smartphone 5G di tahun 2019 © 2019 brilio.net

foto: mybroadband.co.za


Anak muda Indonesia pasti nggak asing lagi dengan merek yang satu ini. Salah satu seri Xiaomi terbaru, Mi Mix 3, dijadwalkan akan mempunyai variasi yang mendukung koneksi 5G pada tahun 2019. Menggunakan seri chipset Qualcomm terbaru, Mi Mix 3 bakal jadi salah satu smartphone terbaru yang bisa menggunakan koneksi 5G.


5. Oppo

7 smartphone 5G di tahun 2019 © 2019 brilio.net

foto: mybroadband.co.za


Oppo sendiri sudah mengeluarkan salah satu smartphonenya yang mendukung koneksi 5G dengan chipset Qualcomm terbaru. Walaupun hanya sampel saja, smartphone ini bakal jadi prototype untuk versi produksi massalnya.


6. Motorola/Lenovo

7 smartphone 5G di tahun 2019 © 2019 brilio.net

foto: cnet.com


Lenovo melalui salah satu anak perusahaannya Motorola mengambil taktik yang berbeda dari produsen smartphone yang lainnya. Smartphone terbaru dari perusahaan ini, Motorola Moto X3 akan mempunyai tambahan perangkat atau Mod yang bisa digunakan untuk mengakses koneksi 5G. Bentuknya sendiri mirip seperti sebuah case smartphone.


7. LG

7 smartphone 5G di tahun 2019 © 2019 brilio.net

foto: shutterstock.com


Pada bulan Agustus 2018 kemarin, LG mengumumkan akan merilis smartphone 5G dengan bekerja sama dengan provider telekomunikasi Amerika Serikat, Sprint. Rencananya, smartphone canggih ini akan dirilis pada pertengahan awal 2019. Momen ini akan sama dengan peluncuran koneksi 5G oleh Sprint di negeri Paman Sam tersebut.