Brilio.net - Foto refleksi danau atau lautan tentu akan terlihat menakjubkan. Background pemandangan cantik semakin estetik dengan pantulan bak kaca yang magis. Sebelumnya, teknik fotografi ini sangat sulit. Profesional saja butuh waktu yang lama untuk menguasainya.

Beruntung, perkembangan teknologi jadi jawabannya. Kini, orang awam bisa menguasai teknik fotografi ini dalam waktu yang relatif singkat. Kuncinya adalah kreativitas, komitmen, dan tentunya hanya perlu smartphone. Tidak perlu lagi kamera profesional yang mahal seperti DSLR atau mirrorless.

Yuk, kita coba bersama. Latihan bisa dimulai dengan memotret objek yang ada di sekitar kita. Misalnya, aliran sungai, genangan air di jalan, atau lainnya bisa jadi objek foto refleksi yang menakjubkan. Kuncinya adalah menemukan pantulan air yang tenang. Pastikan pula kondisi angin yang tidak terlalu kencang agar tidak merusak hasil foto refleksi.

Nah, berikut ini rahasia foto refleksi yang memukau layaknya editan seperti brilio.net himpun dari berbagai sumber, Jumat (23/9).

1. Persiapkan konsep foto refleksi.

Rahasia foto refleksi © berbagai sumber

foto:  shutterstock.com

Sebelum melakukan eksekusi ke lapangan, kamu terlebih dulu harus mempersiapkan konsep foto refleksi seperti apa yang diinginkan. Adanya konsep yang telah dipersiapkan membuat proses memotret akan lebih cepat tanpa banyak membuang-buang waktu.

2. Hindari bayanganmu.

Rahasia foto refleksi © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Selanjutnya, pastikan bahwa objek utamamu bisa terefleksi detail dan penuh di permukaan air. Lalu, hindari bayanganmu sendiri. Tidak bisa dipungkiri, setiap benda yang ada di sekitar media refleksi pasti akan terekam di dalamnya, termasuk badanmu sebagai fotografernya.

Jangan pernah lupa untuk menghindari bayanganmu dari media refleksi, baik air atau benda reflektif lainnya kalau ingin mengisolasi keindahan objek foto saja. Beda lagi kalau kamu memang berniat membuat refleksi fotomu sendiri.

3. Perhatikan garis pemisah yang simetris agar terlihat menarik.

Rahasia foto refleksi © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Saat memotret refleksi menggunakan media air, usahakan memberi garis pemisah yang simetris agar menarik bila dilihat. Foto refleksi akan makin menarik untuk dilihat kalau kamu bisa kreatif memanfaatkan badan air atau genangan air yang ada.

Dengan memanfaatkan genangan air yang terpotong sehingga objek yang terefleksi bisa lebih bervariasi atau memanfaatkan pergerakan air yang dapat membuat foto berkesan abstrak misalnya.

Tidak perlu khawatir, semua foto refleksi ini bisa kamu lakukan dengan smartphone. OPPO Reno8 Pro 5G hadir dengan kemampuan potrait yang paling mumpuni. Hal ini lantaran OPPO Reno8 Pro 5G memiliki mode potrait dengan penyesuaian efek bokeh kelas pro. Mode Potret sekarang memiliki 22 pilihan apertures untuk menciptakan berbagai macam efek bokeh.

OPPO Reno8 Pro 5G hadir dengan tiga fitur unggulan, yaitu Ultra Night Video, Ultra HDR Video, dan Night Portrait. Ketiga fitur ini mendukung resolusi 4K untuk Reno8 Pro 5G. Algoritma turbo raw pada fitur Night Portrait di Reno8 Pro 5G ditingkatkan, di mana dapat melakukan pengurangan noise secara AI pada tiga saluran RGB (Red, Green, Blue) di domain raw. Jadi, yang disesuaikan adalah file mentahnya, bukan setelah foto yang sudah jadi.

MariSilicon X pada perangkat juga dapat mempercepat pengolahan gambar, sehingga hasilnya dapat terlihat di pratinjau gambar 60% lebih cepat. Ini karena MariSilicon X mempunyai DDR bandwidth sendiri, dibanding sistem on chip yang membagi memori DDR untuk NPU, CPU, dan GPU.

Rahasia foto refleksi © berbagai sumber

foto: OPPO Indonesia

Tidak hanya itu saja, OPPO Reno 8 Pro 5G memiliki 3 kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50MP bersensor Sony IMX 766, kamera Ultra White 8MP, dan kamera Makro 2MP. Sedangkan untuk kamera depannya beresolusi 32MP untuk foto atau selfie.

Untuk perekaman video, kamera belakangnya sudah bisa support hingga resolusi forte 30fps. Sedangkan untuk kamera depannya hanya full HD alias 1080 30 fps. Kamera pada OPPO Reno8 Pro 5G ini juga telah 0 eyes sehingga hasil videonya akan minim goyangan.

OPPO Reno8 Pro 5G juga dilengkapi dengan pengisian daya kecepatan super. Tidak ada lagi momen menunggu dengan kecepatan pengisian yang super cepat. Cukup 11 menit pengisian maka dayanya sebesar 50% sedangkan 5 menit pengisian daya bisa digunakan untuk 2 jam bermain. Battery Health Engine milik OPPO memperpanjang masa pakai baterai 4500mAh10 dengan mengontrol arus dan tegangan pengisian daya secara cerdas. Penasaran dengan OPPO Reno8 Pro 5G? Untuk informasi lebih lanjut klik di sini.

4. Memotret objek yang direfleksikan dari kacamata.

Rahasia foto refleksi © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Refleksi dari bola mata yang seringkali ditangkap para fotografer handal itu tak sesulit yang kamu bayangkan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan lensa ini untuk memotret portrait seseorang di balik distorsi refleksi sendok. Ide menarik lainya yaitu memotret objek yang direfleksikan dari kacamata.

5. Gunakan teknik slow speed.

Rahasia foto refleksi © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Slow speed ialah menggunakan shutter speed lebih lambat dari biasanya, yaitu di atas dua detik yang berguna untuk memuluskan permukaan air. Pastikan kamu menggunakan tripod supaya hasil foto tetap tajam. Bahkan, kalau dibutuhkan, filter Graduated ND akan membantu menyeimbangkan cahaya di langit dan di permukaan airnya.

6. Memanfaatkan cermin untuk memberi kesan dimensi.

Rahasia foto refleksi © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Cermin yang selama ini dinilai sepele macam kaca spion atau cermin wastafel pun ternyata mampu memberi kesan dimensi yang lebih menarik kalau teknik fotomu benar. Untuk foto portrait, carilah permukaan dinding yang memiliki sifat memantul dan arahkan kamera sedemikian rupa supaya objek foto dan bayangannya jelas.

Foto makro atau close up juga bisa menjadi foto refleksi. Kamu bisa mencoba memotret pagi-pagi atau setelah hujan, di daun-daun biasanya akan menempel butiran air atau embun yang merefleksikan subjek di sekitarnya seperti bunga dan dedaunan.

7. Cari lokasi yang mendapat pencahayaan terang.

Rahasia foto refleksi © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Ketika hujan datang, refleksi di kubangan akan jadi hal menakjubkan. Seberkas warna pun akan mampu mendongkrak tampilan foto. Sebisa mungkin, carilah lokasi yang mendapat pencahayaan terang dan rekam sinar lampu-lampu jalan serta papan nama toko.

Peraturan perihal pencahayaan dalam foto refleksi, sama saja dengan teknik-teknik fotografi sebelumnya. Memotretlah saat cahaya sedang bagus-bagusnya, entah itu saat matahari baru saja terbit atau saat akan tenggelam. Polarizing filter akan sangat membantu untuk mengontrol cahaya yang terpantul dari permukaan air.

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/lak)