Brilio.net - Pada zaman modern, tentu nggak aneh lagi kalau penggunaan komputer (PC)/laptop juga mulai meningkat. PC/laptop perlu perawatan agar nggak rusak dan mengganggu pekerjaan ya.

PC/laptop yang kurang diperhatikan akan lebih cepat atau rawan terkena hang, dan ini tentu sangat menjengkelkan karena bisa menganggu pekerjaan. Hang bisa terjadi karena beberapa faktor, mulai dari cara menggunakan yang asal pakai atau memang umur hardware yang sudah tua.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (8/6), ini adalah tujuh penyebab PC/laptop hang.

1. Overheat.

pc laptop hang2 Unsplash

foto: unsplash.com

Salah satu yang bisa menyebabkan PC/laptop adalah overheat atau panas yang berlebih.

Yang harus diperhatikan adalah fungsi fan atau kipas untuk prosesor pada PC. Pada laptop, selain karena kipas, overheat bisa karena penggunaan yang salah, contohnya menggunakan laptop ditaruh di atas permukaan seperti kain.

2. Aplikasi yang nggak sesuai dengan spesifikasi PC/laptop.

pc laptop hang2 Unsplash

foto: unsplash.com

PC/laptop adalah elektronik yang memiliki berbagai spesifikasi untuk digunakan, sehingga dalam memilih aplikasi sekalipun harus sesuai dengan spesifikasi PC/laptop yang kamu pakai. Hal ini berguna agar nggak mebuat PC/laptop menjadi berat dan panas, sehingga nggak akan terjadi hang.

3. Perhatikan kapasitas RAM.

pc laptop hang2 Unsplash

foto: unsplash.com

RAM (Random Access Memory) adalah perangkat PC/laptop yang bertanggung jawab atas performa PC/laptop, sehingga bisa membuka banyak aplikasi atau program sekaligus atau multytasking program.

Buka apikasi atau program sesuai kemampuan RAM yang PC/laptop kamu miliki.

4. Hardisk.

pc laptop hang2 Unsplash

foto: unsplash.com

Hardisk adalah komponen PC/laptop yang akan menyimpan setiap data, baik dalam bentuk program ataupun bentuk file. Hardisk sangat mungkin rusak kalau kamu menggunakan secara sembarangan, seperti memutus pemidahan data yang sedang berlangsung.

Selain itu, hardisk juga bisa rusak karena salah memasukan file yang mengandung virus.

5. RAM yang rusak.

pc laptop hang2 Unsplash

foto: unsplash.com

RAM adalah salah satu komponen PC/laptop yang mudah rusak karena beban kerja sangat berat. Tanda dari RAM yang rusak pada PC/laptop adalah munculnya hang yang akan diikuti PC/laptop tiba muncul warna biru di layar, atau biasa disebut blue screen.

6. Driver hardware nggak cocok.

pc laptop hang2 Unsplash

foto: unsplash.com

Hardware pada PC/laptop bisa berjalan karena sudah di-install-kan driver untuk masing-masing hardware yang ada. Tanpa adanya hardware driver, hardware pada PC/laptop nggak akan bisa berjalan, dan ini bisa membuat PC/laptop hang.

Hang juga bisa ditimbulkan oleh penginstalan driver yang nggak sesuai dengan hardware di PC/laptop.

7. Membuka banyak situs internet sekaligus.

pc laptop hang2 Unsplash

foto: unsplash.com

Hang dapat terjadi karena membuka situs yang terlalu banyak. Internet juga nggak jarang menghadirkan iklan yang nggak sengaja membuat kamu membuka tab baru, atau bahkan mendownload file yang bisa mengandung virus.