Brilio.net - Aplikasi merupakan komponen penting dalam smartphone. Aplikasi membantu menjalankan fungsi smartphone menjadi lebih bervariasi.

Dalam suatu smartphone, terdapat berbagai macam aplikasi dengan jenis dan fungsi yang beragam. Mulai dari aplikasi berbasis chat seperti Whatsapp dan Line, ataupun aplikasi berbasis jejaring sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

Terkadang, kita merasa bahwa aplikasi-aplikasi tersebut sifatnya sangat private. Oleh karena itu, menjadi penting untuk melindungi privasi kita agar tidak tersebar. Salah satu cara untuk menjaga privasi kita adalah dengan memanfaatkan aplikasi yang dapat mengunci aplikasi-aplikasi tertentu. Dengan mengunci aplikasi kita, data dan privasi kita akan menjadi lebih aman dari kebocoran.

Brilio.net telah merangkum tujuh pengunci aplikasi smartphone yang dilansir dari Play Store, Sabtu (22/1). Penasaran apa saja? Yuk, simak rangkumannya.

1. AppLock - Fingerprint (Sp Soft).

7 Pengunci aplikasi di Android, bikin ponsel makin aman berbagai sumber

foto: Play Store/AppLock - Fingerprint

AppLock merupakan aplikasi pertama yang wajib dicoba. Kamu dapat mengunci aplikasi menggunakan kata sandi, baik aplikasi messenger maupun aplikasi lain. Aplikasi ini juga memiliki fitur fingerprint, sehingga hanya kamu yang bisa membukanya.

Selain itu, ia memiliki fitur lain seperti Smart Lock, yang mengunci hanya pada waktu tertentu atau membuka kunci otomatis saat terhubung ke WiFi atau Bluetooth.

2. Smart AppLock (Privacy Protect).

7 Pengunci aplikasi di Android, bikin ponsel makin aman berbagai sumber

foto: Play Store/Smart AppLock (Privacy Protect)

Smart Lock memiliki beragam fitur penguncian. Aplikasi ini memiliki fitur pelindung privasi, seperti mampu mengunci galeri yang berisi foto dan video, SMS, hingga daftar panggilan. Ia juga memiliki fungsi untuk mengunci aplikasi, misalnya aplikasi seperti Facebook, Twitter, dan WhatsApp. Bahkan ia juga dapat mengunci pengaturan sistem dalam ponselmu.

3. AppLock Pro - App Lock & Privacy Guard for Apps.

7 Pengunci aplikasi di Android, bikin ponsel makin aman berbagai sumber

foto: AppLock Pro - App Lock & Privacy Guard for Apps

AppLock Pro adalah aplikasi ketiga yang wajib kamu coba. Ia dapat mengunci berbagai macam aplikasi menggunakan kata sandi, fingerprint, pola, hingga kode ketukan. Fitur lain yang juga menarik ialah Spy Camera, yang mana saat seseorang mencoba membuka aplikasi kamu yang terkunci, aplikasi ini akan mengambil foto selfie dari kamera depan dan menyimpannya. Wow, jadi kamu bisa langsung tahu siapa yang coba-coba membuka ponselmu.

4. AppLock (DoMobile Lab).

7 Pengunci aplikasi di Android, bikin ponsel makin aman berbagai sumber

foto: Play Store/AppLock

AppLock dapat mengunci aplikasi dengan menggunakan kata sandi, pola, dan fingerprint. Aplikasi ini juga didesain dengan menarik, sehingga nyaman untuk digunakan. Kemudian, ia memiliki fitur Time Lock. Jadi, ia dapat secara otomatis mengunci dan membuka kunci berdasarkan waktu yang telah diatur.

5. LOCKit - App Lock, Photos Vault, Fingerprint Lock.

7 Pengunci aplikasi di Android, bikin ponsel makin aman berbagai sumber

foto: Play Store/LOCKit - App Lock, Photos Vault, Fingerprint Lock

Aplikasi ini memiliki fitur yang hampir mirip yaitu mengunci aplikasi menggunakan pin, pola, dan fingerprint. Namun, aplikasi ini memiliki fitur notification lock, yaitu untuk menyembunyikan preview teks pesan pemberitahuan dari pengintai. Ia pun juga dapat mengunci pengaturan sistem di ponselmu. Aplikasi ini juga tersedia dalam berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

6. Ultra AppLock-Ultra AppLock protects your privacy.

7 Pengunci aplikasi di Android, bikin ponsel makin aman berbagai sumber

foto: Play Store/Ultra AppLock-Ultra AppLock protects your privacy

Pengunci aplikasi selanjutnya yang patut kamu coba adalah Ultra AppLock. Selain mampu mengunci aplikasi, ia memiliki fitur peringatan pembobolan.

Ia akan secara otomatis mengambil gambar orang yang memasukkan kata sandi yang salah. Bahkan, aplikasi ini juga dapat berfungsi sebagai battery saver, untuk menghemat penggunaan baterai ponsel.

7. AppLock - Lock apps & Password (SailingLab).

7 Pengunci aplikasi di Android, bikin ponsel makin aman berbagai sumber

foto: AppLock - Lock apps & Password

AppLock yang dikembangkan oleh SailingLab ini adalah alat pelindung aplikasi ringan untuk melindungi privasi di aplikasi ponsel. Ia dapat mengunci aplikasi jejaring sosial seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram serta aplikasi sistem seperti Galeri, SMS, dan Kontak. Aplikasi ini juga memiliki fitur pengunci layar, yang melindungi dari orang asing untuk membuka ponselmu tanpa izin. Tema yang disediakan dalam aplikasi ini juga bervariasi, sehingga kamu dapat memilih tema kesukaanmu.

Reporter: Ferdian Ahya Al Putra