Brilio.net - Sejak diluncurkan pada 2017, fitur live location menjadi bantuan yang berarti bagi pengguna WhatsApp. Fitur ini terus mengalami peningkatan di mana pengguna semakin dimungkinkan untuk berbagi lokasi secara realtime.

Dalam demonya saat itu, Zafir Khan sebagai Manajer Produk di WhatsApp berkata, "Live location adalah cara untuk membagikan lokasi Anda dalam obrolan dan peserta dalam obrolan itu kemudian dapat melihat lokasi realtime Anda saat diperbarui di peta."

Di zaman yang serba mobile ini, fitur-fitur seperti ini sangat diperlukan. Perpindahan dari suatu tempat ke tempat lain dapat terbantu dengan adanya fitur live location ini. Kegunaan dari fitur ini sendiri untuk menjaga keamanan keluarga dan kerabat saat berada dalam perjalanan ke lokasi yang dirasa asing, misalnya saat menggunakan kendaraan umum seperti taksi atau jasa antar online.

Untuk lebih jelasnya, berikut 7 langkah berbagi lokasi di WhatsApp secara realtime yang brilio.net himpun dari berbagai sumber pada Selasa (12/10).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

7 Langkah berbagi lokasi di WhatsApp secara realtime berbagai sumber

foto: Freepik/@studiogstock

1. Buka aplikasi WhatsApp seperti biasa.

2. Tentukan kepada siapa kamu akan mengirimkan informasi lokasi.

3. Pada kolom tulis pesan, klik ikon penjepit kertas.

4. Selanjutnya, pilih opsi Lokasi.

5. Tentukan apakah kamu ingin berbagi Lokasi Terkini atau Share Live Location. Dalam hal ini, pilihlah Live Location.

6. Pilih durasi waktu untuk berbagi lokasi. Pilihannya ada 5 menit, 1 jam (default), 8 jam, dan secara opsional (menambahkan komentar).

7. Akhiri dengan meng-klik Kirim untuk mulai berbagi lokasi.

Saat terkirim, lokasi akan ditampilkan dengan Google Maps. Jika lokasi dibagikan ke grup, maka semua anggota grup tersebut bisa melihat lokasi yang dibagikan.

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR