Brilio.net - Saat ini, nama Vivo sebagai produsen smartphone sudah cukup dikenal masyarakat Indonesia. Bahkan Vivo menjelma menjadi salah satu brand smartphone ternama dan terpopuler di Indonesia.

Produsen smartphone yang hadir sejak 2012 di pasar global serta masuk ke Indonesia sejak 2014 ini terus berambisi menjadi kekuatan raksasa dalam hal brand smartphone di dunia serta menguasai pasar di Tanah Air. Brand smartphone yang didirikan sejak 2009 di Dongguan, Guangdong ini kerap mengunggulkan kualitas kamera.

Sebagai informasi, merek Vivo sendiri mulai dikenal secara global pada 2012 lewat smartphone seri X1. Smartphone ini pun menyedot perhatian karena diklaim sebagai perangkat pertama di dunia dengan chipset audio Hi-Fi (High-Fidelity), dan mempunyai desain bodi setipis 6.55 mm.

Kemudian pada 2013, Vivo memperkenalkan smartphone dengan resolusi layar 2K pertama di dunia, Vivo XPlay3s. Dilengkapi kualitas resolusi 2560 x 1440 pixel berukuran 6 inci, Vivo XPlay3s menjadi smartphone superior di tengah tren layar konvensional dengan resolusi standar 1080p. 

Mulai memasuki pasar Asia Tenggara pada 2014, Vivo memboyong X5Pro secara resmi sebagai seri perdananya untuk pasar Indonesia. Memiliki keunggulan kamera dan audio premium serta teknologi 2.5D Glass Design yang membuat tampilan layar smartphone Vivo jadi semakin elegan.

Loading...

Sejalan dengan slogan Vivo yang sempat menggunakan tagline ‘Perfect Selfie’, selalu mengedepankan kamera yang ciamik, termasuk untuk smartphone kelas entry level seperti Vivo Y20s yang dirilis Oktober 2020.

Saat ini, Vivo dikenal sebagai brand smartphone yang memiliki aneka model untuk pasaran Indonesia, mulai dari yang entry-level hingga high-level. Salah satu produknya yang menjadi incaran para konsumen seusai dirilis adalah Vivo VY20s.

Dibanderol di kisaran harga sekitar Rp 2-3 jutaan saat ini, Vivo Y20s merupakan anggota terbaru dari keluarga Y-Series yang diklaim menawarkan kapasitas memori terbesar di kelasnya. Smartphone ini juga menawarkan kinerja mumpuni dalam bodi yang ramping dan stylish untuk mendukung aktivitas harian pengguna.

Senior Brand Director Vivo Indonesia Edy Kusuma mengatakan, Vivo menghadirkan Y20s untuk mendukung kegiatan produktif konsumen yang beragam.

“Vivo Y20s membawa salah satu opsi pilihan smartphone untuk konsumen yang menginginkan spesifikasi lengkap dan mumpuni untuk kegiatan harian, tetapi dengan beragam fitur yang kompetitif,” ujar Edy dalam keterangan tertulis baru-baru ini.

Berikut 6 keunggulan Vivo Y20s yang harus kamu ketahui

1. Layar besar berteknologi in-cell

Vivo Y20s © 2021 brilio.net

Dengan harga yang ditawarkan, cukup disayangkan Vivo hanya membenamkan panel IPS LCD seluas 6,51 inci pada smartphone Vivo Y20s ini. Apalagi, tampilan gambarnya hanya disajikan dengan resolusi HD+. Padahal untuk kelas harga yang sama, para pesaingnya sudah menanamkan layar dengan teknologi Full HD+.

Untungnya, desain yang digunakan adalah Ultra All Screen sehingga pengguna sudah disuguhi layar penuh yang luas ketika menggunakan smartphone Vivo Y20s. Peletakan kamera pada punch hole di bagian tengah smartphone ini juga membuat pengguna jadi lebih leluasa menikmati film dan berbagai konten media lainnya.

Tidak hanya tampilan layar yang besar, tetapi juga ada teknologi In-Cell terbaru di smartphone ini. Layar pun jadi terlihat lebih berwarna dan mengesankan. Selain itu, detail gambar jadi lebih terlihat jelas dan membuat pengalaman bermain game dan menonton video di smartphone ini jadi lebih menyenangkan.

Untuk membuat pengguna merasa semakin nyaman saat menatap layar, Vivo juga sudah membenamkan teknologi Eye Protection yang dapat menyaring cahaya biru. Dengan begitu, penglihatan jadi lebih terlindungi.

2. Desain yang terlihat mewah

Vivo Y20s © 2021 brilio.net

Vivo diketahui memang sering mengplikasikan desain mewah pada setiap smartphone yang dikeluarkan. Tidak terkecuali untuk smartphone Vivo Y20s ini. Meski hadir dengan bingkai dan cover bodi plastik, kesan murahan tidak tampak pada Vivo Y20s ini.

Dua pilihan warna yaitu Obsidian Black dan Purist Blue yang dijadikan sentuhan akhir pada cover bodi belakang Vivo Y20s juga membuat tampilannya semakin stylish. Kesan premium juga diperoleh berkat penggunaan AG Matte Design yang membuat bekas sidik jari tidak mudah menempel pada Vivo Y20s.

Tidak hanya stylish, Vivo Y20s ini juga nyaman saat digenggam. Hal ini berkat bodi yang didesain dengan lengkungan 2,5D sehingga membuat Vivo Y20s jadi lebih ergonomis dan nyaman dalam genggaman selain ukurannya yang tidak terlalu besar. Dimensi keseluruhan Vivo Y20s ini hanya 164,4 x 76,3 x 8,4 mm dengan berat 192,3 gram. Penggunaan dengan satu tangan pun bisa dilakukan dengan mudah.

Sebagai smartphone yang termasuk di kelas entry level, Vivo Y20s ini hadir dengan susunan port yang tidak jauh beda dengan smartphone pada umumnya. Slot untuk SIMCard masih berada pada sisi kiri dan bisa diisi dengan dua nano SIM sekaligus sebuah microSD.

Pada sisi kanan, ada tombol volume dan power yang diletakkan berdampingan. Selain untuk on/off, tombol power pada Vivo Y20s ini juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Sementara di bagian bawah masih dihuni port microUSB, speaker, dan audio jack 3,5 mm.

Beralih ke bagian belakang, ada tiga buah kamera yang diletakkan secara bersusun di bagian sudut kiri atas lengkap dengan lampu flash LED. Di bagian depan, Vivo menggunakan desain Ultra All Screen Display lengkap dengan kamera selfie pada sisi tengah atas.

3. Punya tiga buah kamera berkualitas

Vivo Y20s © 2021 brilio.net

Tiga buah kamera yang dibenamkan pada sisi belakang sudah mampu memberikan pengalaman memotret yang cukup memuaskan. Kamera utama 13MP dilengkapi dengan kamera super bokeh 2MP dan kamera makro 2MP.

Hasil jepretannya cukup halus dan akurat. Untuk kamera super bokeh, algoritma yang diperbarui membuat potret jadi terlihat lebih hidup. Sedangkan kamera makro bisa memotret dengan fokus 4 cm dan untuk selfie, ada kamera 8MP yang cukup untuk memanjakan para penggemar swafoto.

4. RAM dan memori internal yang besar

Vivo Y20s © 2021 brilio.net

Zaman serba canggih seperti sekarang, hampir semua aspek kehidupan ada aplikasinya. Mau makan, tinggal pesan lewati aplikasi. Begitu juga dengan berpergian, booking tiket, belanja daring, hingga belajar.

Nah, bagaimana kalau memori internalnya hanya sedikit? Terpaksa sedikit-sedikit harus hapus aplikasi lain supaya bisa instal yang baru. Ribet? Pastinya. Makanya, Vivo Y20s menghadirkan kapasitas memori internal yang oke banget, yakni 128 GB. Jika sudah sebesar itu, bisa-bisa ratusan aplikasi dan game pun bisa muat.

Kalau kebanyakan aplikasi, bukannya akan membuat smartphone lemot? Itu sih kalau RAM-nya kecil, berbeda dengan Vivo Y20s yang juga dibekali RAM yang besar pula, sebesar 8 GB pada tipe memori LPDDR4x. Dengan RAM dan memori internal yang super besar begini, super besar pula pengalaman pengguna yang ditingkatkan.

5. Dilengkapi baterai berkapasitas jumbo

Vivo Y20s © 2021 brilio.net

Vivo juga telah membekalkan baterai jumbo yang tahan lama pada Vivo Y20s. Selain karena kapasitas baterainya yang mencapai 5.000 mAh, ada dukungan teknologi artificial intelligence yang hemat daya.

Smartphone ini telah dibekali dua fitur berguna pada baterainya, yakni FlashCharge 18W dan juga kemampuan pengecasan terbalik untuk mengisi daya smartphone lainnya. Dengan baterai jumbo, Vivo Y20s bisa digunakan untuk streaming HD selama 16 jam. Selain itu, untuk memainkan game online yang butuh daya besar selama 11 jam.

Jika baterai habis pun tidak perlu bingung. Dalam situs resminya disebutkan jika hanya dalam waktu 69 menit, pengisian baterai sudah akan mencapai 70 persen. Tidak perlu repot membeli charger secara terpisah juga, karena adaptor 9V/2A sudah termasuk dalam boks pembelian supaya kamu bisa langsung merasakan betapa cepatnya pengisian daya 18 W ini. Selain itu, pengguna pun bisa menggunakan Vivo Y20s ini sebagai power bank karena adanya fitur reverse charging yang dibekalkan.

6. Performa yang andal

Vivo Y20s © 2021 brilio.net

Salah satu nilai jual yang diutamakan Vivo pada Vivo Y20s ini terletak pada segi performa. Meski masih mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 460 Octa-Core sebagai otaknya, tetapi RAM dan ROM yang dibekalkan pada Vivo Y20s ini jelas menggiurkan.

Pengguna tidak lagi perlu khawatir tidak bisa memasang aplikasi populer kekinian seperti TikTok, Instagram, hingga berbagai jenis game berkat RAM 8GB yang dibenamkan. Apalagi dengan dukungan memori internal sebesar 128GB.

Berbagai aktivitas harian pun bisa berjalan dengan lancar. Menonton video streaming hingga multitasking bisa dilakukan dengan lancar tanpa ada hambatan. Ponsel ini pun sudah dilengkapi dengan Multi-Turbo 3 yang akan membuat performa menjadi semakin lancar.

Bagi para penggemar game juga tidak perlu khawatir. Ada Ultra Game Mode yang siap mendukung pengalaman gaming lebih menarik. Soal antarmuka, Vivo Y20s ini mengandalkan Funtouch 10.5 berbasis Android 10.

7. Fitur fingerprint dan face unlock yang responsif

Vivo Y20s © 2021 brilio.net

Sudah bukannya lagi mengetikkan kata kunci pada layar atau menorehkan pattern yang berbelit-belit setiap kali mau buka layar. Ponsel zaman sekarang sudah dilengkapi dengan fitur lebih praktis yaitu fingerprint sensor.

Beda smartphone, beda-beda lagi lokasinya. Ada yang ditaruh di belakang dekat kamera, ada yang tertanam di layar, ada juga yang di samping. Nah, kalau Vivo Y20s sendiri pakai lokasi di mana? Well, perangkat ini mengusung sidik jari di samping yang menyatu dengan tombol Power. Atau, bahasa kerennya: Side-Mounted Fingerprint.

Apa keuntungannya lokasi di samping? Balik lagi ke preferensi pengguna sih, karena tidak semua suka sidik jari di samping. Tapi kalau pengguna beralih dari smartphone jadul ke Vivo Y20s, pasti langsung terbiasa menggunakan pemindai ini. Toh, siapa saja pasti selalu menekan tombol Power saat menyalakan atau menghidupkan, terlepas dari apapun jenis smartphone-nya.

Ditambah lagi, pengguna tidak perlu meraba-raba jari ke punggung bodi untuk mengetahui lokasi pemindainya. Dan, tampilan belakang juga jadi terlihat lebih minimalistik tanpa adanya penampakkan sensor fingerprint.

Selain unggul di bagian lokasinya, ternyata side-mounted fingerprint scanner ini punya tingkatan responsivitas yang cepat. Ya, sensor ini dicanangkan dapat membuka kunci layar dalam waktu 0,22 detik saja! Belum sempat mengedip, tahu-tahu layar sudah terbuka.

RECOMMENDED BY EDITOR