Brilio.net - iPhone merupakan sebuah smartphone premium dari Apple. Salah satu seri terbaik yang dimiliki oleh Apple adalah iPhone 13 Pro Max. Namun disisi lain, terdapat seri iPhone yang kini sudah mengalami penurunan harga. Salah satunya adalah iPhone XR.

Sama seperti smartphone lain, awal perilisan iPhone XR banyak konsumen yang melirik. iPhone ini pun laris manis dan banjir peminat. Tapi seiring berjalannya waktu, sebuah smartphone pasti akan mengalami penurunan harga. Saat ini iPhone XR memiliki harga cukup terjangkau.

Dijual dengan harga semakin ramah di kantong, konsumen pun ingin memiliki handphone iPhone ini. Selain untuk mengikuti trend, ternyata ada beberapa nilai lebih dari iPhone XR. Pada kesempatan ini brilio.net merangkum keunggulan serta kelemahan dari iPhone XR, Selasa (29/3).

Kelebihan iPhone XR.

1. Desain retro stylish.

Keunggulan iPhone XR © apple.com

foto: apple.com

Apple memberikan 6 varian warna untuk iPhone XR. Perangkat ini miliki bentuk klasik khas dari iPhone. Namun dengan desain tersebut membuat style dari pengguna makin meningkat. Handphone ini juga mempunyai fitur multitouch, anti gores, dan lapisan perlindungan layar oleophobic. Untuk material Apple menggunakan kaca, dan bingkai aluminium seri 7000. Artinya perangkat ini juga cukup nyaman untuk dipegang.

2. Prosesor performa kencang.

Keunggulan iPhone XR © apple.com

foto: apple.com

Apple memberikan chipset bentukan cukup populer yaitu A12 Bionic. Chip ini memiliki kemampuan untuk digunakan melibas berbagai game mobile dengan beban aplikasi berat. GPU yang dipakai cukup mumpuni untuk melibas permainan 3D. Kemudian SoC ini hanya memiliki fabrikasi 7nm. Artinya ponsel ini mempunyai ketahanan baterai cukup awet. Bahkan performa iPhone XR melebihi iPhone XS Max yang dalam hal kapasitas penyimpanan lebih besar.

3. Kamera berkualitas.

Keunggulan iPhone XR © apple.com

foto: apple.com

Walaupun hanya berbekal lensa utama 12 MP, namun foto yang dihasilkan oleh iPhone XR cukup bagus. Hal ini berkat teknologi OIS dan PDAF yang diterapkan pada perangkat ini. Kemudian Apple juga memberikan fitur Quad LED dual tone flash dan HDR untuk membuat hasil warna foto lebih muncul.

4. Fitur keamanan perangkat lengkap.

Keunggulan iPhone XR © apple.com

foto: apple.com

Apple memberikan fitur keamanan Face ID yang cukup andal. Fitur tersebut disematkan karena Apple sudah melangkah dari Touch ID ke Face ID. Dengan sensor inframerah, iPhone XR dapat mengenali wajah pemilik dengan mudah. Bahkan saat pengguna tertidur, ponsel ini tetap tidak dapat membuka kunci. Selain itu terdapat pula fitur keamanan standar iPhone yang diterapkan.

5. Penyimpanan lega.

Keunggulan iPhone XR © apple.com

foto: apple.com

Apple memberikan opsi memori internal sebesar 64 GB, 128 GB, dan 256 untuk iPhone XR. Walaupun RAM hanya 3GB, namun pengguna dapat menyimpan banyak file foto, video, dan dokumen penting yang dibutuhkan. Kemudian untuk membuka berbagai aplikasi dalam satu waktu, iPhone XR masih dapat dengan mudah melakukannya.

6. Tahan debu dan air.

Keunggulan iPhone XR © apple.com

foto: apple.com

Air dan debu menjadi tantangan tersendiri dari sebuah smartphone, termasuk iPhone XR. Nah, Apple memberikan perlindungan perangkat dengan sertifikasi IP67. Ponsel ini dapat bertahan dalam air dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit. Dengan ketahanan tersebut, handphone ini dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

7. Daya baterai awet.

Keunggulan iPhone XR © apple.com

foto: apple.com

iPhone XR dapat bertahan hingga lebih dari 16 jam penggunaan. Hal ini tentu membuat iPhone XR punya ketahanan baterai cukup awet. Pihak developer memang sudah meracik teknologi battery life. Apple juga memberikan fitur wireless charging untuk handphone ini.

Kekurangan iPhone XR.

Setelah mengetahui beberapa keunggulan dari iPhone XR, tidak lengkap rasanya kalau tak membahas mengenai kekurangannya. Hal yang kurang dari iPhone XR tentu masih dalam batas kewajaran. Berikut ini adalah kekurangan dari iPhone XR.

1. Tidak ada cas bawaan.

Keunggulan iPhone XR apple.com

foto: apple.com

Apple tidak memberikan charger original untuk iPhone XR. Oleh karena itu pengguna perlu membeli cas handphone ini secara terpisah. Untuk port dari perangkat ini sudah menggunakan USB Type-C.

2. Menggunakan teknologi panel LCD.

Keunggulan iPhone XR © apple.com

foto: apple.com

iPhone XR masih menggunakan panel LCD di kala smartphone lain sudah menerapkan teknologi LED. Tentu hal ini sangat disayangkan oleh penggemar iPhone. Bahkan dampak dari penggunaan layar tersebut, bezel semakin tebal dan pengguna tidak merasakan kelegaan saat menatap layar perangkat iPhone XR.

3. Tidak dapat melakukan ekspansi penyimpanan.

Keunggulan iPhone XR © apple.com

foto: apple.com

Desainer iPhone XR tidak memberikan slot tambahan agar penyimpanan perangkat bertambah. Selain slot MMC yang tidak disediakan, iPhone XR juga tidak ada lubang audio jack 3,5 mm. Artinya pengguna perlu menggunakan headset nirkabel untuk keperluan audio.

4. Tidak diberikan lensa kamera ultrawide.

Keunggulan iPhone XR © apple.com

foto: apple.com

Pada iPhone XR kamera yang ditanam adalah 12 MP wide. Tidak adanya kamera sudut luas ini menimbulkan perangkat tidak dapat mengambil foto dengan angel lebih dari 120 derajat. Tentu hal ini membuat nilai dari iPhone XR berkurang, karena smartphone lain sudah ada yang memakai lensa ultrawide dengan range harga yang sama.