Brilio.net - Selain smartphone, barang berikutnya yang sangat penting adalah laptop. Mulai dari pelajar, mahasiswa hingga pekerja tentu menggantungkan hidup mereka dengan gadget satu ini. Bahkan hampir semua kerjaan saat ini sangat tergantung dengan penggunaan laptop. Tapi berani bertaruh deh seberapa sering kamu membaca petunjuk penggunaan laptop yang terdapat di kardusnya saat pertama kali membelinya? Hampir sebagian orang akan mengacuhkan aturan penggunaan laptop, padahal itu sangat penting.

Tanpa kamu sadari dalam kehidupan sehari-hari kamu sering lho melakukan kesalahan dalam penggunaan laptop yang akhirnya membuat laptopmu cepat rusak. Nggak percaya? Intip yuk, 7 kesalahan kecil berdampak besar terhadap laptop sebagaimana dihimpun brilio.net dari berbagai sumber berikut ini.

 

1. Memasang kabel charge terlebih dahulu ke laptop dari pada ke colokan listrik.

kesalahan laptop © 2016 brilio.net foto: id.wikihow.com

Hayo ngaku yang sering melakukan kesalahan ini? Harusnya kamu menyambung charge terlebih dahulu ke arus listrik baru kemudian menyambung ke laptopmu. Sebab loncatan daya pada charge saat pertama di colokan itu tidak stabil dan jika kamu masih melakukan hal ini maka siap-siap suatu hari motherboardmu akan mengalami kerusakan dengan cepat.

2. Tetap mencharge laptop meski baterai tidak habis.

kesalahan laptop © 2016 brilio.net

foto: targus.com

Kamu yang panikan dan sering paranoid pastinya biasa menggunakan charge laptop meski daya baterainya masih di atas 30 persen. Hal itu salah, karena justru akan membuat kemampuan bateraimu menyuplai daya semakin berkurang.

3. Meletakkan laptop di pangkuan.

kesalahan laptop © 2016 brilio.net

foto: lifestyle.analisadaily.com

Hal sepele dan paling sering dilakukan oleh para pemilik laptop adalah menggunakannya di pangkuan atau di atas paha. Bermaksud untuk memudahkan pekerjaan, hal itu justru membuat aliran udara di bawah laptop menjadi terhambat dan panasnya mengendap.

4. Menggunakan laptop di tempat panas.

kesalahan laptop © 2016 brilio.net

foto: dailymail.co.u

Sekali lagi, jika kamu membaca dengan saksama buku panduan penggunaan laptopmu maka kamu akan menemukan larangan menggunakan laptop di suhu lebih dari 34 derajat celcius. Yakin kamu memerhatikan suhu sebelum menggunakan laptopmu?

5. Segera menutup layar sebelum benar-benar off.

kesalahan laptop © 2016 brilio.net

foto: inovasee.com

Kalau kamu pernah bertanya mengapa di keyboard laptop terdapat bercak-bercak kotak? Itu karena kamu sering langsung menutup laptop tanpa menunggu layarnya dalam keadaan off.

6. Tidak memasang baterai laptop pada saat digunakan dan mengandalkan charge langsung ke colokan listrik.

kesalahan laptop © 2016 brilio.net

foto: deskcode.com

Mungkin kamu akan berpikir bahwa dengan melepas baterai laptop dan menggunakan laptop dengan langsung tersambung ke listrik akan membuat bateraimu makin tahan. Keliru, hal itu justru akan merusak mainboard laptop sebab akan terjadi loncatan daya yang tidak teratur dan sewaktu-waktu dapat menyebabkan korsleting.

7. Mengangkat laptop dengan memegang layarnya.

kesalahan laptop © 2016 brilio.net

foto: pcworld.com

Kamu yang menggunakan laptop dengan ukuran di bawah 13 inchi pasti pernah melakukan hal ini. Mungkin menurutmu itu hanya hal sepele dengan mengangkat laptop dengan memegangi layarnya tapi itu sangat berbahaya terhadap engsel LCDnya.