Brilio.net - Berdasarkan data Statista, Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara dengan pengguna TikTok terbanyak di dunia pada 2020. Menurut portal data dan statistika asal Jerman itu, tercatat ada sekitar 22,2 juta pengguna aktif bulanan (monthly active users/MUA) TikTok di Indonesia.

Melihat data tersebut, TikTok bisa menjadi peluang emas bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan. Memiliki jutaan pengguna dan hadir dalam format video pendek, TikTok jadi platform sempurna untuk mempromosikan berbagai usaha.

Namun untuk mendapat hasil promosi yang lebih maksimal, tidak boleh asal bikin konten. Diperlukan ide konten menarik agar bisa menjangkau dan mengedukasi konsumen mengenai produk atau layanan.

Nah, berikut ini sejumlah ide konten TikTok untuk promosi agar bisnis jadi makin laris manis yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (21/12).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Konten product launching.

ide konten promosi tiktok © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Memperkenalkan produk atau layanan jadi hal wajib dilakukan untuk memulai promosi lewat TikTok. Produk sebisa mungkin harus menjadi barang familiar agar audiens bisa percaya.

Cara memperkenalkan produk bisa dilakukan melalui ide konten product launching. Selain perkenalan terhadap produk, kamu juga bisa menambahkan kelebihan dan alasan kenapa kamu membuatnya.

Buat audiens penasaran dengan membuat konten video pendek yang menampilkan spoiler produk. Atau tampilkan performa terbaik dari produk yang dikemas dalam video menarik.

2. Konten catalog produk.

ide konten promosi tiktok © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Ide konten ini sangat cocok digunakan bagi pebisnis fashion. Lewat TikTok kini kamu bisa membuat katalog fashion tampak lebih hidup sambil memperlihatkan detailnya.

Jangan takut bereksperimen dengan transisi untuk menampilkan perubahan beberapa baju yang dikenakan. Semakin menarik transisi yang digunakan, semakin banyak orang akan melihat produkmu.

3. Konten Behind the Scene.

ide konten promosi tiktok © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Konten Behind The Scene yang menampilkan proses pembuatan produk atau layanan kini makin digemari. Banyak juga yang makin percaya dengan sebuah produk setelah melihat ide konten video TikTok ini.

Untuk itu, ajak audiens melihat 'dapur' produk dan tunjukkan berbagai bahan berkualitas serta proses terbaik yang digunakan. Ide konten behind the scene akan lebih tepat diterapkan untuk bisnis suvenir, makanan, minuman, dan fotografi.

4. Konten workspace tour.

ide konten promosi tiktok © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Selain proses pembuatan produk, konten workspace tour juga bisa jadi cara membangun kepercayaan. Melalui konten ini kamu bisa mengenalkan produk dari sisi lain yang jarang dilihat publik.

Kamu bisa membagikan aktivitasmu dan tim saat bekerja seharian. Bisa juga mengajak audiens berkeliling melihat suasana ruang kerja atau kantor. Usahakan video yang diambil tidak goyang agar nyaman ditonton.

Untuk itu, pastikan ponsel yang digunakan sudah dilengkapi fitur Steady Video seperti Oppo A95. Fitur yang didukung Electronic Image Stabilization (EIS) ini bisa memastikan hasil video lebih stabil dengan menghilangkan gerakan yang tidak diinginkan saat merekam video berkualitas tinggi.

ide konten promosi tiktok © 2021 berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Fitur stabilisasi gambar (Image Stabilization) pada perangkat Oppo A95 menggunakan teknologi perangkat lunak untuk meredam getaran ketika memotret atau merekam video. Selain itu, fitur EIS dapat membantu menemukan titik kontras tinggi sekaligus menjaganya agar hasil gambar tetap selaras dan tidak berlebihan.

Fitur Steady Video ini juga didukung kamera belakang Oppo A95 mampu merekam video resolusi 1080p atau 720p pada kecepatan 30 fps (frame per second). Selain bisa merekam video dengan resolusi tinggi, Oppo A95 juga menawarkan perekaman video SLO-MO 720p pada 120 fps melalui kamera belakang.

ide konten promosi tiktok © 2021 berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Perekaman video juga bisa dilakukan melalui kamera selfie 16MP. Kamera depan Oppo A95 mampu membuat hasil video terlihat lebih jelas dan hidup berkat artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di dalamnya.

Menariknya lagi, Oppo A95 sudah dibekali aplikasi editor video bawaan SoLoop untuk memberi kemudahan mengolah video dalam berbagai pilihan gaya dan filter. SoLoop dapat mengubah video rekaman dan foto menjadi klip berkualitas film yang dapat dibagikan untuk diunggah ke platform media sosial video pendek.

ide konten promosi tiktok © 2021 berbagai sumber

foto: play.google.com

Hadir dalam dua warna Glowing Rainbow Silver dan Glowing Starry Black, kini Oppo A95 sudah bisa kamu dapatkan. Perangkat terbaru dari Oppo ini bisa dipesan lewat aplikasi Oppo Store dan Oppo Official Store di Shopee serta Lazada.

Klik di sini untuk dapat informasi lebih lengkap tentang Oppo A95.

5. Konten tutorial.

ide konten promosi tiktok © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Promosi di TikTok bisa dibuat dengan konsep video edukasi yang ringan lewat konten tutorial. Konten jenis ini bisa mempengaruhi audiens untuk membeli produk karena mengetahui cara pemakaian dan manfaat produk.

Untuk itu, bagikan tips, life hack, atau tutorial lain yang bisa mengedukasi sekaligus membuat audiens tertarik. Kamu juga bisa mengajak influencer untuk berkolaborasi dalam pembuatan konten video ini.

6. Gunakan konten hashtag challenge.

ide konten promosi tiktok © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Konten berupa tantangan khusus ini biasanya selalu viral dan jadi pembicaraan banyak orang. Dengan begitu, jenis konten ini bisa meningkatkan jangkauan dan jumlah penonton.

Sesuaikan hashtag challenge dengan produk yang kamu miliki agar hasilnya lebih maksimal. Selain itu, pilih hashtag yang relevan, gampang diingat, dan sedang populer.

7. Konten packaging dan shipping.

ide konten promosi tiktok © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Jenis konten ini bisa memberi kepuasaan tersendiri bagi audiens terutama mereka yang sudah membeli produkmu. Memperlihatkan proses packaging dan pengiriman pesanan juga akan memperkuat rasa percaya konsumen. Hal ini karena konsumen bisa melihat bagaimana pesanan mereka diperlakukan hingga akhirnya sampai di tangan.

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR