Brilio.net - Bermain game dari aplikasi yang ada di smartphone memang salah satu cara untuk mengisi waktu luang. Beberapa orang bahkan bermain game sampai lupa waktu.

Sangat disayangkan jika bermain game sampai lupa waktu, apalagi kita hanya mendapatkan kesenangan sesaat. Agar bermain game jadi memiliki nilai lebih, kamu bisa coba mengunduh game yang memiliki nilai edukasi.

Selain dapat mengusir rasa bosan, game edukasi juga dapat membuat pengetahuan kita jadi bertambah. Salah satu game edukasi yang patut dicoba adalah game yang bisa jadi sarana belajar bahasa asing.  Tak hanya bahasa Inggris, namun bahasa dari berbagai negara lain juga tersedia.

Penasaran, apa aja sih yang games yang bisa bikin belajar bahasa asing jadi menyenangkan cuma lewat handphone? Berikut brilio.net rangkum dari beberapa sumber pada Senin (30/3).

1. Memrise.

Loading...

GAME EDUKASI © 2020 brilio.net

foto: Google Play Store

Memrise merupakan game yang dirilis pada tahun 2013 dan bisa kamu download dari Google Play Store maupun App Store. Aplikasi ini merupakan permainan yang sekaligus bisa mempelajari bahasa asing seperti Inggris, Mandarin, Korea, Jepang, Jerman, Arab dan lainnya.

Aplikasi Memrise membuat pengguna dapat belajar sambil bermain game dengan menawarkan metode pengajaran berulang-ulang sehingga membantu pengguna agar dapat mengingat kosakata bahasa yang dipelajari.

2. Duolinggo.

GAME EDUKASI © 2020 brilio.net

foto: Google Play Store

Duolinggo membantu pengguna mengenal dan mempelajari kosakata bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Game ini dapat membantu belajar bicara, menulis, mendengarkan, dan membaca lebih dari 20 bahasa yang tersedia.

Serunya, pengguna dapat bermain dengan teman atau keluarga untuk membuat grup dan berkompetisi dengan mereka. Jangan lewatkan untuk mengunduh Duolinggo di smartphonemu.

3. Hangman.

GAME EDUKASI © 2020 brilio.net

foto: Google Play Store

Game tebak kata ini adalah game dengan menentukan tema yang akan dimainkan. Pengguna bisa belajar bahas asing sesuai dengan tema yang ada, seperti buah, hewan, warna, dan lainnya.

Games ini dapat memikat pengguna untuk mempelajari bahasa Inggris dengan baik dan benar, terutama jika dimainkan oleh anak-anak.

4. Jumbline 2.

GAME EDUKASI © 2020 brilio.net

foto: Google Play Store

Jumbline merupakan game pencarian kata dengan tampilan penuh warna. Pengguna akan mendapatkan satu set berisi tujuh huruf atau lebih. Pengguna harus menemukan berbagai kosakata dalam satu set huruf tersebut.

Dalam permainan Jumbline 2, pengguna dapat bermain sekaligus belajar bahasa asing dengan menyenangkan cukup dengan mengunduhnya melalui Google Play Store atau App Store.

5. Scrabble.

GAME EDUKASI © 2020 brilio.net

foto: Google Play Store

Permainan Scrabble berupa papan pencari kata yang membuat pemain mendapatkan poin dengan menciptakan kosakata menggunakan 4 sampai 12 huruf dalam teka-teki silang.

Selain dengan bahasa Indonesia, pemain juga dapat menggunakan berbagai macam bahasa dari negara lain. Sehingga dapat bermain sambil belajar bahasa asing. Ayo uji kemampuan bahasa asingmu dengan bermain Scrabble.

6. Lingo Arcade.

GAME EDUKASI © 2020 brilio.net

foto: apps.apple.com

Lingo Arcade merupakan permainan bahasa untuk pengguna handphone produksi Apple. Aplikasi ini memiliki versi bahasa Spanyol, Inggris, Prancis, dan Jerman. Pengguna dapat mempraktikkan penguasaan kosakata, memahami fras,a dan membentuk suatu kalimat.

7. Guess The Word.

GAME EDUKASI © 2020 brilio.net

foto: Google Play Store

Aplikasi game ini membuat pemain menebak dan menemukan kosakata sebanyak mungkin. Dalam mencocokkan kata, akan ada warna indikasi jika kata atau huruf yang ditebak benar. Ada 3 warna indikasi yaitu hijau dengan arti benar, oranye berarti salah, dan merah jika kata yang ditebak bukan kata dari bahasa Inggris.

RECOMMENDED BY EDITOR