Brilio.net - Saat di depan komputer, laptop, atau smartphone, seringkali kamu merasa bosan ketika berselancar atau main games yang ada. Nah untungnya nih Google bisa mengatasi kebosanan tersebut dengan beberapa permainan yang sebenarnya bisa kamu mainkan tanpa harus memerlukan konsol game khusus.

Aplikasi Google memiliki mini game rahasia di hampir semua produknya, mulai dari Chrome, Google Search, hingga Google Earth. Berikut 7 game tersembunyi di Google yang bisa kamu mainkan secara gratis.

1. Simulator Penerbangan (Google Earth)

7 Game tersembunyi Google © 2021 brilio.net

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Permainan simulator penerbangan bisa menambah pengalaman kamu serasa memasuki kokpit dan menerbangkan pesawat sendiri. Untuk memainkan permainan ini kamu hanya memerlukan Google Earth Pro. Kamu tinggal membuka aplikasi Google Earth Pro kemudian tekan Ctrl + Alt + A untuk membuka jendela simulasi penerbangan. Kamu bisa memilih pesawat dan memulai lokasi, serta memungkinkan kamu mengontrol simulator menggunakan joystick.

2. Game Dinosaurus Google (Google Chrome)

7 Game tersembunyi Google © 2021 brilio.net

Saat kamu kehilangan koneksi, mungkin banyak dari kamu bertanya-tanya, koq ada dinosaurus di Google Chrome. Nah sebenarnya itu adalah sebuah permainan sambil menunggu koneksi tersambung kembali.

Saat ada gambar dinosaurus tersebut, kamu tinggal menekan tombol spasi pada keyboard untuk memulainya. Si dinosaurus akan terus bergerak, ketika menghadapi rintangan berupa kaktus, kamu tinggal menekan tombol spasi pada saat yang tepat untuk melompat.

3. Solitaire (Penelusuran Google)

7 Game tersembunyi Google © 2021 brilio.net

Game tersembunyi Google Search lainnya adalah Solitaire klasik. Untuk memainkannya, ketik solitaire di Google Penelusuran lalu tekan tombol Putar. Kamu dapat memilih untuk memainkan mode kesulitan mudah atau sulit dengan menekan salah satu opsi. Setelah game berjalan, cukup seret dan urutkan kartu sesuai aturan.

4. Game Awan (Android)

7 Game tersembunyi Google © 2021 brilio.net

Jika kamu mencari game Google Android yang tersembunyi, cobalah Clouds. Game kasual ini hanya akan muncul ketika kamu mencoba melakukan pencarian Google di aplikasi Google Android saat perangkat offline. Kamu akan melihat ikon animasi di sebelah peringatan tidak ada sinyal. Tekan, maka akan meluncurkan game Clouds pada layar penuh. 

Clouds adalah game Flappy Birds. Untuk memainkannya, ketuk layar sentuh untuk memulai game. Pertahankan ikon awan yang tampak di udara. Kamu harus menghindari rintangan (burung). Jadi pastikan untuk merencanakan ke depan begitu kamu menemukannya.

5. Pac-Man (Penelusuran Google)

7 Game tersembunyi Google © 2021 brilio.net

Rasanya hampir semua oranmg sudah mengetahui permainan legendaris Pac-Man.  Jenis permainan klasik, sederhana, mudah dan tentu saja menyenangkan. Untuk memainkannya, kamu hanya perlu mencari pacman atau pac-man di pencarian Google. Alih-alih cuplikan atau video pencarian biasa, Google malah akan memberi kamu versi HTML5 dari game Pac-Man klasik yang dapat dimainkan di bagian atas hasil pencarian. Cukup tekan tombol Putar untuk memulai, lalu gunakan tombol panah keyboard untuk bergerak.

6. Game Doodle Google (Penelusuran Google)

7 Game tersembunyi Google © 2021 brilio.net

Selama bertahun-tahun, Google telah mengganti logonya dengan seni dan hiburan baru dalam bentuk Google Doodle. Awalnya, ini hanya gambar, tetapi karena teknologi web telah meningkat, Google Doodle akhirnya berkembang menjadi pengalaman interaktif yang lengkap.

Beberapa Google Doodles kini berupa mini-game kecil yang menyenangkan, yang masih dapat dimainkan di arsip Google Doodles. Ada banyak permainan yang bisa dicoba, mulai dari adu bola salju hingga kubus rubik, serta permainan bola basket untuk merayakan Olimpiade 2012. Kamu bisa buka arsip Google Doodles untuk mencoba game Google tersembunyi yang ada ini untuk menghabiskan waktu.

7. Petualangan Teks (Google Chrome dan Penelusuran)

7 Game tersembunyi Google © 2021 brilio.net

Buat yang ingin mencari petualangan berbasis teks, kamu bisa mencoba game petualangan rahasia yang disertakan dalam Google Penelusuran. Untuk memainkan game ini kamu harus menggunakan konsol Google Chrome tersembunyi. Pertama, cari petualangan teks di Google Search, lalu klik kanan jendela browser dan tekan Ctrl+Shift+J untuk membuka konsol browser. Di terminal konsol, ketik ya dan tekan enter untuk mulai memainkan game.

Seperti petualangan berbasis teks klasik tahun 1980-an dan 1990-an, kamu harus mengikuti petunjuk pada layar untuk bermain, memajukan permainan dengan menggunakan perintah yang ditampilkan di konsol.

(brl/red)

RECOMMENDED BY EDITOR