Brilio.net - Usai serangkaian rumor dan bocornya berita tentang produknya, Google akhirnya meresmikan produk barunya Google Pixel 6 lewat sebuah acara virtual yang digelar Rabu (20/10) lalu. Besertaan dengan Pixel 6, Google juga menyuguhkan Pixel 6 Pro sebagai pendampingnya.

Dengan tampilan yang lebih segar, kedua smartphone Google tersebut hadir dengan modul kamera persegi panjang yang dikenal dengan Camera Bar berwarna hitam yang membentang secara horizontal dari ujung ke ujung. Dengan layar AMOLED 6,4 inci dan resolusi Full HD Plus serta refresh rate 90 Hz, Pixel 6 siap menjadi pendamping hidup pengguna di mana pun berada.

Adapun di bagian tengah atasnya, Pixel 6 dilengkapi dengan kamera selfie 8 MP (f/2.0) yang dimuat dalam modul punch hole. Sedangkan di bagian belakang, terdapat pula dua buah kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.9, OIS) dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2).

Tidak hanya itu, Google juga mengklaim bahwa kamera utama ponsel tersebut mampu menyerap 150 persen lebih banyak cahaya dan menghasilkan foto mode malam yang lebih terang dari kamera di generasi ponsel Pixel sebelumnya. Selain spesifikasi-spesifikasi ini, Pixel 6 juga hadir dengan fitur-fitur yang menyenangkan.

Dihimpun oleh brilio.net dari laman resminya serta berbagai sumber lainnya, Kamis (21/10), ini 7 fitur Pixel 6 yang bakal menarik perhatian.

1. Penghapus ajaib.

7 Fitur menakjubkan Pixel 6, dari Magic Eraser hingga Live Translate Google

foto: Google

Lewatlah sudah hari-hari di mana kamu harus menjalankan Photoshop untuk menghapus objek atau orang yang tidak diinginkan dari sebuah foto. Dengan Pixel 6, Google menawarkan cara termudah untuk melakukan fungsi ini. Fitur Magic Eraser ini memungkinkan pengguna menghilangkan gangguan hanya dengan beberapa ketukan lewat Google Foto.

Pengguna juga bisa memilih gangguan di foto itu sendiri hanya dengan menggulirkan jari di atas objek yang tidak diinginkan. Kelebihan lain dari Magic Eraser adalah mendeteksi gangguan pada foto, seperti orang di latar belakang, kabel listrik, atau tiang listrik.

Kemudian pengguna akan diberi saran apa yang mungkin ingin mereka hapus. Pengguna juga dapat memilih apakah akan menghapus semua objeknya sekaligus atau mengetuk untuk menghapusnya satu per satu.

2. Modus gerak.

7 Fitur menakjubkan Pixel 6, dari Magic Eraser hingga Live Translate Google

foto: Google

Pernah melihat foto atau video air terjun yang aliran airnya sangat lembut? Motion Mode hadir di seri Pixel 6 dan menawarkan fitur seperti Action Pan dan Long Exposure. Fitur ini membawa gerakan ke hasil foto pengguna dan mereka bisa menggunakan Action Pen untuk mengklik foto seseorang yang sedang bergerak dengan latar belakang buram tipis. Fitur baru ini juga memungkinkan pengguna membuat bidikan eksposur panjang di mana subjeknya bergerak, seperti air terjun atau pemandangan kota yang semarak.

3. Fitur kamera yang lebih 'adil'.

7 Fitur menakjubkan Pixel 6, dari Magic Eraser hingga Live Translate Google

foto: Google

Fitur ini dimaksudkan saat penangkapan foto terhadap pengguna dengan warna kulit gelap. Seperti diketahui, kamera secara historis dirancang untuk menangkap warna kulit terang. Saat seseorang berkulit gelap mengambil selfie, terkadang fitur white balance tidak sesuai dengan grafik atau warna kulit yang ditangkap.

Google memperhatikan bahwa cahaya yang menyimpang ini memiliki kecenderungan untuk secara tidak proporsional menghilangkan warna kulit yang gelap. Dari alasan inilah Google menghadirkan pemahaman ini lewat smartphone Pixel 6.

Model eksposur otomatis membantu menentukan kecerahan gambar, sementara model keseimbangan putih otomatis membantu menentukan warna dalam gambar.

4. Tawaran fitur Android 12.

7 Fitur menakjubkan Pixel 6, dari Magic Eraser hingga Live Translate Google

foto: Google

Android 12 menawarkan banyak fitur untuk penyesuaian dan personalisasi di Pixel 6. Sebagai contoh, ketika pengguna ingin mengubah wallpaper, seluruh pengalaman Android 12 berubah agar sesuai dengan warnanya. Material You juga menghadirkan widget yang didesain ulang yang lebih dinamis dan bisa disesuaikan dari sebelumnya. Fitur privasi baru memungkinkan pengguna melihat saat aplikasi menggunakan mikrofon atau kamera.

5. Panggilan telepon yang lebih baik.

7 Fitur menakjubkan Pixel 6, dari Magic Eraser hingga Live Translate Google

foto: Google

Fitur-fitur seperti Wait Times dan Direct My Call membuat panggilan lebih mudah. Ketika pengguna menelepon nomor bebas pulsa, mereka akan melihat waktu tunggu saat itu dan yang diproyeksikan untuk seminggu kedepan. Setelah panggilan selesai, Direct My Call membantu pengguna sampai ke tempat yang tepat dengan lebih mudah.

6. Lima tahun pembaruan.

7 Fitur menakjubkan Pixel 6, dari Magic Eraser hingga Live Translate Google

foto: Google

Pengguna Pixel 6 akan mendapatkan pembaruan selama lima tahun. Artinya, Google akan menawarkan patch keamanan, fitur penurunan Pixel, dan banyak lagi hingga 2026. Namun, pembaruan Android utama terbatas hingga 2024. Google juga mengatakan bahwa membuat chip sekarang memungkinkannya untuk menawarkan lebih banyak pembaruan dengan lebih sedikit kerumitan.

7. Terjemahan langsung.

7 Fitur menakjubkan Pixel 6, dari Magic Eraser hingga Live Translate Google

foto: Google

Fitur ini memungkinkan pengguna mengirim pesan kepada orang-orang dalam berbagai bahasa, termasuk Inggris, Prancis, Jerman, Italia, dan Jepang. Fitur ini akan mendeteksi jika pesan di aplikasi obrolan, seperti WhatsApp atau Snapchat, berbeda dari bahasa pengguna,. Jika berbeda, fitur ini akan secara otomatis menawarkan terjemahan.