Brilio.net - Apakah kamu sering kesulitan dalam mengerjakan soal matematika? Atau kamu sering ragu dengan hasil perhitungan soal? Tenang saat ini ada aplikasi yang membantu kamu mengerjakan soal matematika secara cepat dan tepa. Aplikasi tersebut bernama Qanda.

Platform Qanda merupakan media pembelajaran berbasis AI yang dikembangkan oleh Mathpresso Inc asal Korea Selatan. Aplikasi ini berfungsi untuk membantu siswa dalam menjawab soal matematika yang sulit untuk dikerjakan. Cukup dengan memfoto soal, maka jawaban dari soal tersebut akan muncul beserta cara pengerjaannya.

Nama Qanda ternyata diambil dari kata 'Q and A' loh. Aplikasi ini juga sudah di download oleh lebih dari 5 juta siswa yang berasal berbagai negara. Ada tujuh fitur dan keunggulan dari aplikasi Qanda yang dirangkum oleh brilio.net pada Kamis (10/3) dari berbagai sumber. Yuk, mari simak ulasan lengkapnya.

1. Miliki tiga opsi pilihan kelas.

Sebelum memasuki aplikasi Qanda, pengguna akan diberikan opsi pilihan kelas yang harus dipilih. Terdapat pilihan tingkat SD, SMP, dan SMA. Pilihan opsi tersebut akan berpengaruh seberapa banyak soal yang bisa dikerjakan oleh aplikasi.

2. Dijawab oleh Guru Qanda.

Soal sulit yang ditanyakan siswa melalui aplikasi Qanda akan dijawab secara langsung oleh Guru Qanda. Guru tersebut merupakan orang asli yang siap menjawab, dan memberi cara mengerjakan soal tersebut dengan singkat dan tepat. Artinya jawaban dari guru tersebut dapat dipertanggung jawabkan.

3. Dapat bertanya secara privat.

Siswa pengguna aplikasi Qanda dapat melakukan les privat bersama guru yang disediakan. Layanan tersebut membuat siswa dapat lebih paham saat mengerjakan soal. Cukup dengan klik ikon 'Bertanya pada Guru Qanda' maka pengguna akan dibawa ke menu untuk berdiskusi.

4. Terdapat fitur kalkulator lengkap.

Aplikasi Qanda juga memiliki fitur kalkulator lengkap. Siswa dapat memasukan berbagai rumus dengan simbol-simbol matematika. Bahkan pengguna juga dapat memasukan soal melalui fitur kalkulator.

5. Mempunyai timer.

Keunikan dari aplikasi Qanda ada pada fitur timer yang disediakan. Timer berfungsi untuk mengetahui berapa lama pengguna belajar, dan waktu belajar teman lain. Hal ini tentu akan memotivasi siswa agar tetap rajin mengerjakan soal matematika.

6. Dapat menerjemahkan bahasa Inggris.

Tidak hanya soal matematika saja yang bisa dikerjakan oleh Aplikasi Qanda. Terdapat fitur menerjemahkan bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia, atau bahasa yang dipilih. Qanda hadir untuk berbagai bahasa seperti Korea, Thailand, dan Spanyol.

7. Dapat mengetahui profil guru.

Developer Qanda memberikan fitur untuk pengguna dapat mengetahui review dari Guru Qanda. Selain itu pada fitur jelajah memberikan informasi mengenai berapa soal yang dikerjakan oleh guru tersebut, dan nilai kepuasan siswa. Siswa juga dapat secara langsung bertanya kepada guru tersebut.

Wow, cukup lengkap bukan fitur yang dihadirkan oleh aplikasi Qanda. Tentunya fitur tersebut akan membantu para siswa siswi dalam memecahkan berbagai macam soal matematika. Kemudian ada juga loh berbagai keunggulan Qanda daripada platform pemecah soal lain.

1. Belajar dengan teman.

Agar tidak mudah bosan, Qanda menyediakan layanan untuk pengguna belajar dengan teman kelasnya. Hal ini tentu akan lebih seru, dan membuat mood belajar para siswa naik. Terlebih hal ini akan menambah kebersamaan teman semakin rekat dikala pandemi.

2. Dapatkan koin tanpa harus bayar.

Untuk mendapatkan layanan penuh dari Qanda, pengguna harus menyetorkan koin yang dimiliki. Koin tersebut bisa didapatkan melalui berlangganan tiap bulannya. Akan tetapi pengguna tetap bisa mendapatkan koin tanpa harus membayar. Cara cukup dengan mengundang teman sebanyaknya, dan mengikuti events yang diselenggarakan oleh Qanda.

3. Menyediakan kelas live.

Aplikasi Qanda menyediakan kelas online bagi siswa secara gratis. Terdapat notifikasi jika kelas akan dibuka. Kelas tersebut akan membahas banyak hal, seperti strategi masuk perguruan tinggi, hingga pembahasan jitu memecahkan sebuah soal dengan cepat.