Brilio.net - Comeback dari Microsoft Explorer yang dikenal warganet super lelet, Microsoft Edge kini telah menemani penggunanya untuk mengakses internet lebih cepat, bersaing dengan browser web lainnya. Fitur-fitur yang diusung pun juga tak kalah menarik, dari segi kecanggihan hingga mempermudah pengguna dalam mengakses internet kencang.

Daripada mengandalkan mesin web sendirian, Microsoft Edge kini juga bekerja sama dengan kode yang didasari Chromium dan mesin web Blink, dimana keduanya didukung oleh Chrome. Dengan ini, Microsoft Edge akan memberikan performa browser yang lebih baik.

Dihimpun brilio.net pada Senin (8/11) dari berbagai sumber, berikut 7 fitur terbaru yang tak kalah canggih dengan browser web lainnya dari Microsoft Edge:

1. Mengimpor data

Pada saat pengguna mengakses atau membuka aplikasi ini, Microsoft Edge akan menawarkan fitur untuk mengimpor data dari browser web lain seperti Chrome, Firefox, hingga Safari untuk mentransfer data ke Microsoft Edge. Data-data ini meliputi bookmarks, password, history, dan pengaturan atau settingan. Tentu saja hal ini memudahkan pengguna agar mereka tak kerepotan memulai dari awal.

Untuk aksesnya cukup mudah. Berikut langkahnya:

1. Buka menu pada Edge
2. Pilih Settings
3. Klik Profiles
4. Dan pilih Import browser data

2. Pengguna dapat mengontrol privasi

Privasi sangatlah penting di dunia internet. Pasalnya, sudah banyak hacker atau peretas yang canggih. Untuk itu, Microsoft telah mempelajari proses untuk penggunanya dapat memilih pengaturan privasi yang lebih mudah diakses dari sebelumnya. Untuk mengakses fitur privasi, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka menu pada Edge
2. Pilih Settings
3. Pilih Privacy and Services
4. Pengguna dapat memilih tingkat level privasi yang disediakan Microsoft, yakni Basic, Balanced, hingga Strict.

3. Bisa aktifkan mode imersif untuk membaca

Jika kamu hendak membaca suatu artikel, namun ada kendala seperti gambar dari bacaan tersebut kurang jelas, fitur Immersive Reader dapat menyederhanakan tulisan tersebut agar bisa dibaca. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengganti warna pada halaman dan ubah font teks baik diperbesar ataupun diperkecil. Untuk aksesnya, cukup cari Text Preference.

4. Dapat kostumisasi layout halaman

7 Fitur baru Microsoft Edge © 2021 brilio.net

foto: How to Geek

Ketika dibuka, Edge akan menawarkan kostumisasi layout halaman kepada pengguna. Namun, jika pengguna kelewatan tawaran ini, mereka bisa akses secara manual dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Pergi ke pengaturan atau settings
2. Pilih New Tab page pada menu Edge
3. Disini, pengguna akan diberikan opsi yakni Focused, Inspirational, Informational, dan Custom.

5. Bisa sinkronisasi ke perangkat lain

Kebanyakan orang mengakses browser lebih dari satu perangkat, seperti HP, laptop, maupun komputer. Edge juga menawarkan fitur untuk dapat sinkronisasi ke seluruh perangkat melalui akun pengguna. Untuk menggunakan fitur ini, ikuti step-step berikut:

1. Sign in dengan akun Microsoft ke perangkat yang hendak disinkronisasi
2. Pergi ke Settings dan Profiles. Setelah masuk. Pengguna dapat memilih data yang hendak disinkronisasi.
3. Selanjutnya, buka menu Edge
4. Pilih Settings
5. Dan pilih Sync.

6. Aktifkan mode gelap untuk kesehatan mata

7 Fitur baru Microsoft Edge © 2021 brilio.net

foto: How to Geek

Semua perangkat maupun aplikasi kini tersedia fitur mode gelap. Kini Microsoft Edge juga demikian. Pengguna dapat mengubah tampilan putih terang ke tampilan gelap, agar mata tak capek melihat layar saat browsing. Langkah berikut akan menjelaskan bagaimana mengaksesnya:

1. Pergi ke pengaturan
2. Pilih Appearance dari menu
3. Disebelah Theme, tinggal pilih mode gelap atau Dark.

7. Gunakan fitur tambahan dengan Extensions

7 Fitur baru Microsoft Edge © 2021 brilio.net

foto: How to Geek

Dengan didukung platform Chromium, Edge mendapatkan browser extensions yang ada di Google Chrome. Akses dapat melalui langkah berikut:

1. Pilih Microsoft Edge Add-ons di laman Microsoft Edge
2. Pilih Get untuk menginstal salah satu file tambahan
3. Perlu diingat bahwa instal dari developer terpercaya saja sehingga tingkat perizinan lebih aman