Brilio.net - Awal 2021 Google Meet mengumumkan sebuah fitur baru di mana tuan rumah (host) bisa membisukan semua peserta secara bersamaan di saat yang sama. Kini pihak Google telah mengadakan pembaruan pada fitur ini di mana penyelenggara rapat di Google Meet bisa menggunakan Audio and Video Lock untuk menonaktifkan mikrofon dan/atau kamera peserta dalam rapat.

Fitur ini berlaku di ruang utama maupun di ruang kerja kelompok. Adanya Audio and Video Lock baru bisa membuat fitur ini lebih berguna dengan mengaktifkan host untuk mencegah peserta membunyikan diri mereka sendiri setelah dibisukan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang fakta-fakta tentang fitur yang memberi keuntungan pada tuan rumah ini, berikut 7 faktanya seperti dirangkum brilio.net dari laman resmi Google Meet dan beberapa sumber lainnya, Selasa (26/10).

7 Fakta host Google Meet yang bisa matikan mikrofon dan kamera peserta berbagai sumber

foto: Google Meet

1. Fitur ini bisa menjadi cara yang berguna bagi tuan rumah untuk menjaga agar peserta yang ribut atau gaduh tidak terus-menerus mengganggu rapat, bahkan setelah mereka dimatikan.

2. Tidak ada pengaturan admin untuk fitur ini dan akan OFF secara default. Tuan rumah dapat mengaktifkannya selama rapat. Manajemen host harus diaktifkan untuk menggunakan fitur ini.

3. Tuan rumah harus mengaktifkannya selama rapat jika mereka ingin menggunakannya. Jika rapatnya memiliki ruang kerja kelompok, semua kunci audio dan/atau video yang dibuat di ruang kerja utama juga akan berlaku di ruang tersebut.

4. Kunci yang diterapkan di masing-masing ruang kerja kelompok tidak akan berlaku untuk ruang kerja kelompok lain atau ruang utama.

5. Jika pengguna menggunakan aplikasi versi lama di iOS dan Android yang tidak mendukung fitur tersebut, maka mereka akan dikeluarkan dari rapat jika tuan rumah mengaktifkan kunci.

6. Jika diaktifkan sebelum rapat dan pengguna menggunakan salah satu aplikasi lama tersebut, mereka tidak akan dapat bergabung ke rapat sama sekali. Menonaktifkan kunci audio atau video akan memungkinkan peserta untuk bergabung kembali ke rapat.

7. Jika mereka mencoba bergabung ke rapat yang salah satu kuncinya diaktifkan, mereka akan diminta untuk memperbarui aplikasi mereka atau menggunakan perangkat lain untuk bergabung ke rapat.