Brilio.net - Di era modern seperti sekarang ini banyak sekali teknologi canggih yang bermunculan. Tentunya dengan berkembangnya teknologi, manusia dimudahkan dalam berbagai aktivitasnya. Meski demikian, tak jarang pula teknologi canggih menjadi kekhawatiran tersendiri bagi banyak orang. Salah satu yang ditakutkan adalah penyalahgunaan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Salah satu yang kerap digunakan orang untuk berkomunikasi adalah menggunakan WhatsApp. Tak hanya bisa berkirim pesan, namun WhatsApp juga bisa digunakan untuk berkirim gambar dan video. Tentunya kamu sebagai pengguna tak ingin ada orang yang mengetahui apa yang sedang kamu lakukan bukan? Karena hampir semua orang ingin menjaga privasinya.

Untuk itu kamu bisa melakukan beberap trik agar aktivitasmu tak mudah diketahui orang. Berikut triknya yang dilansir brilio.net dari liputan6, Rabu (26/6).

1. Matikan pemberitahuan di WhatsApp.

WhatsApp dapat menampilkan jam terakhir kamu aktif di media sosial tersebut. jika kamu tidak ingin diketahui orang, apalagi kamu sedang tidak ingin membalas chat dari sesorang, kamu dapat melakukan hal berikut.

Loading...

Pertama, buka aplikasi WhatsApp di smartphone kamu. Untuk di Android, klik tombol menu tiga titik yang ada di kanan atas, lalu pilih Pengaturan. Untuk iOS, klik entri Pengaturan yang ada di bagian bawah.

Pilih Akun > Privasi dan kamu akan melihat opsi berlabel Last Seen. Klik dan ubah dari 'Semua orang' ke 'Kontak saya' atau 'Tidak seorang pun (Nobody)'. Pilihan tersebut bergantung pada preferensi kamu.

Setelah kamu mengubahnya, orang-orang tidak akan bisa melihat kapan terakhir kamu aktif di WhatsApp. Tetapi kamu juga tidak bisa melihat ketika orang lain sedang aktif.

2. Nonaktifkan tanda sudah dibaca.

Ketika kamu mengaktifkan tanda baca di WhatsApp, itu berarti kamu mengizinkan pengirim pesan mengetahui apakah pesan yang telah dikirimkan sudah dibaca atau belum.

Biasanya centang abu-abu akan berubah menjadi biru apabila pesan sudah dibaca. Nah cara menonaktifkannya sebagai berikut.

Kamu cukup kembali ke Pengaturan> Akun> Privasi dan hapus centang Baca tanda terima di bagian bawah. Ketika sudah diaktifkan, hal ini tidak terpengaruh terhadap obrolan di suatu grup.

3. Menyembunyikan foto profil.

Tak jarang terkadang orang tak ingin fotonya diketahui oleh orang yang tak dikenal. Kamu bisa menyembunyikan foto profilmu.

Untuk mengubah privasi foto profil kamu, cukup pergi ke Pengaturan> Akun> Privasi. Lalu, kamu pilih opsi Foto profil, dan pilih lagi dari Semua Orang, Kontak Saya, atau Tidak seorang pun.

Pilihan tersebut tergantung kepada kamu ingin memilih yang mana.

4. Pilih kontak untuk pembagian status.

WhatsApp tak hanya merupakan aplikasi berbagi pesan saja. Namun ada pula fitur untuk berbagi cerita melalui status yang diberi nama "pembaruan status".

Status hanya bisa dilihat oleh orang yang mempunyai kontak kamu saja. Tetapi, saat ini kamu bisa memilih sendiri siapa saja yang kamu perkenankan untuk melihat status kamu.

Caranya, pilih Pengaturan> Akun> Privasi dan pilih bagian status. Kamu memiliki beberapa pilihan, yaitu Kontak Saya yang ditujukan kepada semua orang yang memiliki nomer WhatsApp kamu. Pilih Hanya Bagikan, jika ingin membatasi orang yang melihat status kamu.

5. Sembunyikan pesan "Tentang" Anda.

Pesan "Tentang" di WhatsApp adalah bio singkat tentang diri kamu yang bisa dilihat oleh semua orang.

Untuk menyembunyikannya, kamu cukup pergi ke Pengaturan> Akun> Privasi. Klik "Tentang" dan pilih apakah kamu ingin menampilkan pesan Tentang kamu kepada Semua orang, Kontak saya, atau Tidak seorang pun.

6. Gunakan Mode Pesawat

Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa fungsi dai mode pesawat ini adalah untuk memutuskan semua jaringan komunikasi nirkabel, sehingga smartphone kamu tidak dapat terhubung ke internet, Bluetooth, dan hal yang serupa.

Hal ini bisa kamu lakukan ketika kamu membaca pesan dari temanmu tanpa memberitahu pengirim.

Caranya cukup mudah, alihkan pintasan mode pesawat dengan menyeret ke bawah menggunakan dua jari di Android untuk membuka Pengaturan Cepat, atau geser dari atas ke bawah untuk membuka Control Center di iOS.

Setelah mengaktifkan mode pesawat, kamu dapat membuka aplikasi WhatsApp dan mengecek pesan yang telah kamu terima. Di sini, kamu tidak dapat menerima pesan baru karena mode pesawat kamu masih diaktifkan.

7. Manfaatkan pemberitahuan popup.

Kamu bisa menggunakan notifikasi WhatsApp untuk melihat isi pesan tanpa harus membukanya. Pada Android, kamu perlu membuka Pengaturan lalu pergi ke Pemberitahuan. Pilih pemberitahuan popup dan ubah untuk selalu tampilkan popup.

Kamu juga dapat memilih pesan yang terlihat hanya saat layar menyala atau mati. Lakukan hal yang sama jika ingin menampilkan pemberitahuan pada grup kamu.

Di iOS, kamu harus mengubah gaya notifikasi terlebih dahulu. Caranya, buka Pengaturan> Pemberitahuan, lalu pilih Pemberitahuan Dalam Aplikasi. Di sini, kamu harus mengubah Alert Style ke Alerts.

Setelah selesai melakukan hal tersebut, pesan baru akan muncul pada layar smartphone kamu. Kamu dapat membaca pesan yang telah diterima tanpa perlu menandai pesan tersebut telah dibaca.

RECOMMENDED BY EDITOR